Kesehatan

Cara Merawat Lensa Kontak Agar Kesehatan Mata Tetap Terjaga

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 09 Mei 2022
Cara Merawat Lensa Kontak Agar Kesehatan Mata Tetap Terjaga
Jangan biarkan lensa kontak terkontaminasi dengan kotoran. (Foto: Unsplash/Amanda Dalbjörn)

SEBAGIAN orang mungkin lebih memilih menggunakan lensa kontak dibandingkan kacamata, yang juga membuat mata terlihat indah. Meski begitu, kamu harus menerapkan cara merawat lensa kontak yang benar agar kesehatan mata tetap terjaga.

Lensa kontak mungkin lebih simpel dibandingkan kacamata yang rentan untuk mengalami baret, pecah, patah, atau hilalng. Dengan alasan tidak mengganggu penampilan pula, banyak orang yang memilih untuk menggunakan lensa kontak dibandingkan kacamata. Kebersihan lensat kontak juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

Baca juga:

Jangan Pakai 'High Heels' dan Lensa Kontak di Pesawat

Cara Merawat Lensa Kontak Agar Kesehatan Mata Tetap Terjaga
Lensa kontak dapat mempercantik mata. (Foto: Unsplash/Vince Fleming)

Mengutip laman Alodokter, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Bagi yang suka berdandan, disarankan untuk mengenakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan riasan mata. Sesudahnya juga demikian, kamu perlu melepas kontak sebelum riasan makeup di hapus.

Kamu juga disarankan untuk melepas lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak tidak terkena air.

Saat kamu ingin tidur, sebaiknya segera lepasan lensa kontak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika tetap menggunakannya, jumlah oksigen yang masuk ke mata bisa menipis. Apabila hal ini terjadi, kamu berisiko tinggi untuk mengalami infeksi mata, peradangan, dan iritasi mata.

Jangan lupa juga menggunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak. Jangan gunakan air biasa atau cairan lainnya, karena air sumur atau air sulingan bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

Baca juga:

Penggerebekan Lensa Kontak Palsu di Pasar Baru

Cara Merawat Lensa Kontak Agar Kesehatan Mata Tetap Terjaga
Lepas lensa kontak sebelum tidur. (Foto: Unsplash/Kinga Cichewicz)

Bersihkan juga lensa kontak setiap selesai digunakan. Kemudian segera simpan di kotak penyimpanan yang sudah berisikan larutan pembersih berbasis hidrogen peroksida. Kotak penyimpanan lensa kontak perlu dibersihkan secara rutin dan diganti setiap tiga hari sekali agar tetap terjamin kebersihannya.

Jika kamu membiarkan dan tidak peduli dengan kebersihan lensa kontak, kamu bisa mengalami penyakit mata seperti iritasi, ulkus kornea, konjungtivitis, dan abrasi kornea. Ketika penggunaan lensa kontak justru membuat mata menjadi iritasi, merah, bengkak, dan perih, segera konsultasikan ke dokter. (and)

Baca juga:

Keren, Lensa Kontak Pintar Ini Bisa Merekam Video Seperti di Film Mata-Mata

#Kesehatan Mata #Kesehatan #Lensa Kontak
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan