berita-singlepost-banner-1
5 Hal Penting Dalam Cara Merawat Kendaraan Tips Merawat Kendaraan
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

Banyak yang beranggapan hanya mereka yang tahu tentang kendaraan saja yang tahu bagaimana cara merawat kendaraan. Bagi yang tidak tahu, paling mereka hanya melakukan perawatan seperlunya. Paling mentok, mereka hanya mencuci body kendaraan ketika sudah terlihat kotor. Itupun diserahkan pada tukang cuci mobil.

Memang harus keluar cukup banyak uang jika Anda ingin melakukan perawatan. Namun, ini jauh lebih penting daripada Anda harus melakukan perbaikan. Anda akan keluar uang lebih banyak lagi jika Anda tidak melakukan perawatan sehingga mobil Anda menjadi rusak.

Untuk biaya perawatan kecil, Anda bisa gunakan uang sendiri. Sementara itu, untuk proteksi seperti ketika terjadi kecelakaan, sebaiknya Anda ambil asuransi mobil murah. Biasanya ketika mobil mengalami kecelakaan, Anda butuh biaya yang tidak sedikit. Namun, Anda bisa tenang ketika mobil Anda asuransikan.

Mana Bagian Terpenting dari Kendaraan?

merawat mesin kendaraan
Ilustrasi

Sebenarnya, semuanya penting. Jika body mobil tidak dirawat dengan baik, maka mobil terlihat kusam dan jelek ketika dilihat. Bagian kaki-kaki mobil juga penting karena ini menunjang kenyamanan ketika berkendara.

Namun, bagian yang terpenting adalah mesin. Dan jika Anda tidak ingin keluar uang yang banyak, Anda harus merawat mesin. Pasalnya, inilah bagian yang bisa membuat Anda boros. Contoh sederhana saja. Ketika proses pembakaran tidak maksimal, otomatis BBM lebih boros. Belum lagi jika ternyata nanti harus turun mesin. Siap-siap saja Anda menguras isi tabungan Anda.

Baca juga: 10 Raja Mobil Terbaik di Dunia

Lalu, bagaimana cara merawat mobil khususnya bagian mesin? Jangan berpikir hanya orang yang tahu mesin saja yang bisa melakukan hal ini. Sebenarnya, ini sama saja dengan baju. Anda bukan seorang penjahit atau ahli di bidang konveksi. Tapi tentu saja ada hal yang bisa Anda pelajari agar baju selalu terlihat bagus dan rapih, bukan? Begitu pula jika Anda ingin tahu bagaimana cara merawat mesin mobil.

Hanya ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk perawatan ringan. Berbeda jika perawatan besat. Jelas hanya teknisi mesin mobil saja yang tahu bagaimana cara merawat kendaraan tersebut.

5 Cara Merawat Kendaraan Khusus Bagian Mesin

Merawat Mesin Mobil
Ilustrasi

Ada banyak sekali hal yang perlu dilakukan. Akan tetapi, 5 hal berikut ini seperti sudah cukup untuk Anda lakukan jika Anda ingin memastikan mesin mobil Anda selalu dalam kondisi yang bagus.

1. Rutin Ganti Oli
Mungkin Anda sudah melakukan perawatan mesin kendaraan yang satu ini. Akan tetapi, apakah cara yang Anda lakukan sudah tepat? Kapankah waktu yang tepat untuk mengganti oli?

Biasanya, teknisi akan menyarankan Anda untuk mengganti oli setiap 10 ribu kilometer. Ini memang cara merawat kendaraan yang sangat umum. Akan tetapi, ada kondisi di mana Anda sebaiknya mengganti oli mesin sebelum 10 ribu kilometer. Contohnya ketika Anda terlalu sering menggunakan mobil Anda. Atau bahkan Anda sering bermacet-macetan tiap hari. Biasanya, oli lebih cepat kotor sehingga sebelum 10 ribu kilometer, oli sebaiknya segera diganti.

Baca juga: Hati-Hati Saat Memilih Kendaraan di Bursa Mobil Bekas

Jangan sampai menunggu hingga oli terlalu kotor. Pasalnya, jika oli sangat kotor, maka ini akan mengganggu proses pembakaran. Bahkan, dikhawatirkan kotoran tersebut masuk ke bagian mesin sehingga membuat mesin mudah rusak.

2. Cek Air Radiator Berkala
Air radiator berfungsi agar mesin tidak terlalu kepanasan ketika digunakan. Sangat berbahaya jika air radiator habis karena secara tidak langsung ini juga berpengaruh terhadap performa mesin.

Kapan Anda harus menambahkan air radiator? Anda harus segera menambahkan air radiator ketika air radiator sudah mendekati posisi low atau min. isilah tapi jangan sampai terlalu penuh. Anda hanya perlu mengisi air radiator hingga hampir menyentuk tanda max atau full. Ini memang cara merawat kendaraan yang bisa dibilang sepele namun berimbas pada kerusakan mesin mobil yang parah jika Anda tidak perhatikan.

3. Aki Harus Dirawat
Jangan menganggap remeh aki. Ini bukan hanya sumber untuk sistem kelistrikan mobil tapi juga ada kaitannya dengan mesin. Bisa dibaratkan jika mobil itu tubuh, maka jantungnya adalah aki. Coba saja Anda hidupkan mobil ketika aki soak. Tidak bisa, kan?

Sayangnya, banyak pemilik mobil yang tidak memonitor bagian aki. Contoh paling sederhana, mereka membiarkan kerak pada bagian aki. Ini sangat berbahaya karena kerak bisa menyebabkan saluran listrik tidak lancar. Mesin pun bisa kena imbasnya.

Oleh sebab itu, ketika Anda mencuci mobil, coba cek aki mobil Anda. Bersihkan dengan lap basah jika ada kotoran.

4. Cek Kondisi Kopling
Pernah merasa perpindahan gigi berat? Ini sebagai tanda bahwa Anda tidak tahu betul bagaimana cara merawat kendaraan. Kopling harus dipastikan dalam kondisi baik. Jika Anda sudah merasa berat ketika perpindahan gigi, Anda bisa bawa ke bengkel untuk diganti kampas kopling mobil Anda.

5. Bersihkan Filter Udara
Tidak semua mobil tua itu performanya jelek. Sebaliknya, belum tentu mobil yang masih muda performanya bagus. Meskipun mobil masih terlihat sangat bagus, bisa saja performanya kurang bagus. Hal ini bisa disebabkan karena filter udara yang tidak dirawat dengan baik.

Apa itu filter udara? Ini merupakan bagian dari mesin yang berfungsi untuk menyaring debu serta kotoran. Inilah yang membendung adanya debu atau kotoran yang mau masuk ke ruang pembakaran.

Akan tetapi, bisa saja filter sudah terlalu kotor sehingga daya saringnya berkurang. Ini bisa membuat performa mesin menurun. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan perawatan bagian filter udara. Bersihkan secara berkala, setidaknya ketika Anda membawa mobil Anda ke bengkel. Minta teknisi untuk memastikan filter udara mobil Anda dibersihkan sebersih mungkin.

Mungkin Anda bertanya mengapa harus merawat mesin. Ini berkaitan dengan harga jual. Mungkin saat ini Anda tidak berniat untuk menjual mobil Anda. Namun, bukan tidak mungkin Anda butuh uang suatu saat nanti atau mau mengganti dengan mobil yang baru. Agar harga jual mobil Anda tetap bagus, kondisi mesin juga harus dalam kondisi yang baik. Untuk itu, Anda perlu terapka cara merawat kendaraan sederhana seperti yang sudah dijelaskan di atas.


berita-singlepost-mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Budi Hermawan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6