Kecantikan

Jaga kebersihan Spons dan Kuas Kosmetik agar Kulit Tetap Cantik

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 20 Januari 2023
Jaga kebersihan Spons dan Kuas Kosmetik agar Kulit Tetap Cantik
Beberapa barang kosmetik dan peralatannya. (Foto: Unsplash/Jessica Johnston)

PERALATAN kosmetik yang kamu gunakan butuh perawatan. Alat-alat seperti kuas, spons atau beauty blender memerlukan perawatan agar selalu bersih, sehingga dapat menghasilkan tata rias yang sempurna pada wajah.

Memastikan kebersihan alat kosmetik juga sama saja dengan menjaga kecantikan kamu. Sebab bukan hanya membuat tidak nyaman, spons dan kuas yang tidak higienis dapat merusak kulit karena dipakai secara berulang.

Baca Juga:

Para Perempuan Cantik Kumpulkan Limbah Kosmetik demi Bumi

Alat kosmetik yang bersih menjadikan wajah tampak sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kulit. Menurut Women’s Health, ada beberapa cara jitu untuk membersihkan spons dan kuas.

1. Spons

Beauty Blender berwarna pink bermerk Miss Swiss. (Foto: Unsplash/Ashley Piszek)

Berbeda dengan kuas, spons kosmetik menjadi peralatan yang paling sulit untuk dibersihkan. Bahkan, boleh dibilang spons mustahil bisa bebas dari noda secara menyeluruh. Namun, kamu tetap bisa mencoba untuk membersihkannya dengan cara merendamnya di dalam air panas. Biarkan spons terendam sampai air tersebut kembali menjadi suhu ruangan.

Baca Juga:

Yuk, Tukar Barang Bekas Kosmetik untuk Rawat Bumi

Merendam spons cukup membantu dalam menghilangkan noda. Tetapi penampilannya tidak akan seperti saat membeli baru karena masih ada noda tersisa. Maka dari itu, sebaiknya kamu membeli spons baru ketimbang membersihkannya.

2. Kuas

Kuas dapat dibersihakn dengan mudah. (Foto: Unsplash/Edz Norton)

Membersihkan kuas lebih mudah daripada spons. Kamu bisa mencuci kuas di wastafel dan menggunakan peralatan yang ada di rumah untuk menghilangkan sisa-sisa bekas zat kosmetik.

Menariknya, kini terdapat alat yang dapat digunakan untuk membersihkan kuas berbentuk seperti papan untuk mencuci baju. Namun, jangan gunakan sabun saat membersihkannya. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada bulu kuas. Kamu dapat menggunakan make-up removal sebagai pengganti sabun.

Kuas memang memiliki jangka yang lebih panjang penggunaanya. Maka dari itu, rajin membersihkan kuas sangat diperlukan supaya bulu pada kuas tetap lembut dan nyaman saat digunakan. Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk mengganti kuas daripada membersihkannya. (mro)

Baca Juga:

Rayakan Harbolnas, Jangan Lupa Ikut Rawat Lingkungan



#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan