Relasi

Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Senin, 12 September 2022
Cara Menyikapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan
Komunikasi yang tepat saat berbeda pendapat dapat menyelamatkan hubungan. (Foto: Pexels/Asad Photo Maldives)

PERNAHKAH kamu mengalami tiba-tiba pasanganmu marah karena hal remeh? Eits, jangan buru-buru sebal. Bisa jadi remeh tak penting bagimu, tapi penting baginya. Menyatukan pendapat berbeda dari dua isi kepala bisa memang gampang-gampang susah. Apalagi jika kamu punya cara pandang dan pendapat sendiri.

Keadaan bisa semakin runyam jika kamu keukeuh dengan pendapatmu dan pasangan juga bertahan dengan argumennya. Kalau sudah begitu, biasanya debat akan berakhir dengan amarah atau bahkan silent treatment. Cara berkomunikasi seperti ini bisa berisiko membuat hubunganmu berakhir. Kamu pasti tidak mau, kan, putus hanya karena masalah sepele?

Maka penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana caranya mengomunikasikan perbedaan pendapat dengan pasangan. Melansir Becoming Minimalist, ada empat cara berkomunikasi yang bisa kamu coba untuk membuat hubunganmu lebih awet.

Baca juga:

Tanda-Tanda Green Flags dari Pasanganmu

perbedaan pendapat

Bahasa yang tepat dan jelas bisa membuatmu terhindar dari masalah dengan pasangan. (Foto: Pexels/Jasmine Carter)

1. Hormati pendapat pasanganmu


Sadar atau tidak, kamu pasti sering memperlakukan teman dengan hormat. Alasannya karena ingin menghargai mereka atau takut dia tersinggung jika diperlakukan buruk.

Nah, berkomunikasi dengan pasangan juga pada dasarnya sama. Kunci penting dalam menjalani hubungan adalah saling menghormati. Dengar opini dan argumentasinya dengan tenang. Pahami bahwa dia juga punya hak untuk berpendapat.


2. Nyatakan pendapatmu dengan jelas


Kita sering kali memberi kode acak dan berharap pasangan langsung mengerti bak cenayang atau pembaca sandi morse. Padahal kalimat yang tidak jelas dan gestur tubuh yang ambigu bisa disalahartikan oleh pasangan.

Untuk itu, pertimbangkan dengan baik apa yang ingin kamu sampaikan dan apa alasannya. Ingat bahwa tujuan utamamu adalah berdiskusi. Hindari memaksa pendapat dan coba cari solusi atau jalan tengah dari dua perbedaan.

Baca juga:

Menabung Bersama Pasangan sebelum Menikah, ini Rambunya

perbedaan pendapat pasangan
Kenali konsep over-functioning dan under-functioning agar hubunganmu lebih seimbang. (Foto: Pexels/Anastasiya Lobanovskaya)


3. Pahami istilah over-functioning dan under-functioning


Istilah ini merujuk pada tugasmu sehari-hari. Misalnya, kamu berpendapat yang paling penting dalam hubungan adalah komunikasi via chat setiap hari. Namun, pasanganmu tidak berpikir demikian. Akhirnya, kamu akan terus berusaha (over-functioning) untuk menghubunginya setiap saat.

Sementara pasanganmu bersikap acuh tak acuh (under-functioning). Nah, coba diskusikan dengan pasanganmu supaya hubungan ini tidak hanya memberatkan satu pihak saja.


4. Hiduplah sesuai pandangan pribadi


Inti dari hubungan adalah mencoba mencari jalan tengah dari dua kehidupan yang berbeda. Jika kamu merasa tidak bisa mengubah pendapat atau pandanganmu sama sekali, coba komunikasikan dengan pasangan. Tentukan apakah hubungan kalian akan bermasalah jika kamu tetap mempertahankan pandangan tersebut. (mcl)

Baca juga:

Cara Pasangan Bahagia Menyelesaikan Masalah

#Relasi #Pasangan Kekasih
Bagikan
Bagikan