Cara Menyenangkan Ajarkan Anak Sains Sejak Dini ala Finlandia Cara seru ajarkan anak sains (Sumber: Africa Studio)

SAINS masih menjadi momok bagi banyak orang. Bayangan akan rumus-rumus kompleks yang ada di pelajaran Matematika, Fisika, Kimia bahkan Biologi membuat pelajaran sains dianggap memusingkan. Padahal, sains bisa berguna untuk kehidupan loh.

Meskipun rumus rumit sains tidak diaplikasikan secara langsung di kehidupan sehari-hari, logika dan pola pikir sistematis ala scientific sangat berguna. Praktik sains juga bisa membantu kita untuk menganalisis suatu fenomena di sekitar kita. Kemampuan analisis tersebut tentu sangat dibutuhkan dalam dunia kerja kelak.
Founder Kidescience, Stuart Patton mengungkapkan bahwa di negara asalnya, Finlandia, anak-anak telah diperkenalkan dengan sains sejak dini. Mereka mulai mendapatkan pelajaran sains sejak usia 3 tahun. "Secara natural, anak-anak terlahir dengan rasa ingin tahu akan hal-hal baru atau dunia di sekitar mereka dan bereksperimen dengan apa yang mereka pelajari." tuturnya.
Umumnya, ilmu sains baru didapatkan seseorang saat menginjak remaja. Padahal para ilmuwan Finlandia menemukan fakta bahwa ilmu sains lebih efektif diperkenalkan saat masa kanak-kanak karena rasa ingin tahu mereka masih sangat besar. "Ketika sudah menginjak remaja mereka sudah tak lagi tertarik dengan sains" urainya saat ditemui di peresmian Kidventure Academy.
Patton menjelaskan bahwa di Finlandia, ilmu sains diberikan dengan cara yang menyenangkan. Berikut penerapan sains menyenangkan ala Finlandia yang bisa kita contek:

1. Ajak Anak Menggunakan Atribut Ilmuwan

Atribut ilmuwan
Pakaian ala dokter atau ilmuwan menstimulasi jiwa scientific anak (Sumber: Behind the MD)

Cara paling ampuh untuk menstimulasi ketertarikan anak dengan dunia sains adalah dengan mengajak mereka menggunakan jas laboratorium dan kacamata transparan. Pakaian menjadi alat terkuat untuk membentuk citra sains. "Ketika memakai atribut ilmuwan, mereka akan melihat diri mereka sebagai seorang ilmuwan dan secara otomatis mereka akan berpikir dan bertindak layaknya ilmuwan," ucap Patton. Hal tersebut didukung oleh Profesor di Northwestern University, Adam D Galinsky. Ia mengatakan ketika anak memakai jas laboratorium dan mengetahui makna simbolisnya mereka akan lebih berhati-hati, teliti, dan cermat layaknya dokter atau ilmuwan.

2. Bermain dengan Eksperimen Sederhana

Kid Sains
Ajak Eksperimen Sederhana (Sumber: Ableimages)

Dunia ilmiah lekat dengan kegiatan eksperimen. Salah satu cara yang bisa dilakukan pada anak-anak agar mereka tertarik dengan dunia sains adalah mengajak mereka untuk bereksperimen. "Eksperimen yang dilakukan bisa menggunakan bahan-bahan di dapur yang ramah dan tidak membahayakan anak," jelas Patton.

3. Mendongeng

Mendongeng
Pilih dongeng tentang sains (Sumber: First Cry)

Daya ingat seorang anak sangat besar dan mendongeng bisa mengasah imajinasi mereka. Patton merekomendasikan para orang tua untuk memilih dongeng yang lekat dengan dunia sains. "Pilih dongeng yang berkaitan dengan proses alam semesta misalnya kehidupan bawah laut beserta makhluk-makhluk yang hidup disana atau dongeng yang menjelaskan terjadinya gunung api meletus," demikian rekomendasi Patton.

4. Bernyanyi

Bernyanyi
Bernyanyi menstimulasi daya ingat anak (Sumber: Listen and Talk)

Banyak orang yang memiliki kesulitan dalam menghafal. Apalagi menghafal istilah atau rumus-rumus dalam sains. Lagu bisa menjadi media yang tepat untuk menghafalkan istilah-istilah asing dalam dunia sains.LMetode belajar dengan lagu juga sangat menyenangkan. Dengan demikian, anak pun tak merasa terbebani ketika harus belajar sains. "Pilihlah lagu yang familiar untuk anak-anak agar mereka lebih bersemangat," tukasnya.
Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH