Kesehatan

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Perempuan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 04 Oktober 2022
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Perempuan
Beberapa orang menginginkan berat badan yang ideal. (Foto: Unsplash/i yunmai)

SEBAGIAN perempuan mungkin menginginkan badan yang ideal agar tetap percaya diri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara menghitung berat badan ideal untuk memastikan apakah berat badannya sudah ideal atau belum.

Perempuan yang memiliki berat badan tidak ideal, baik kelebihan kekurangan berat badan, dikatakan berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan tersebut meliputi penyakit jantung, diabetes, kanker, stroke, dan osteoporosis.

Tidak hanya itu, perempuan yang memiliki berat badan tidak ideal juga rentan mengalami gangguan hormon atau gangguan kesuburan sehingga bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau bahkan sulit hamil.

Baca juga:

Cek Berat Badan Ideal Anda dengan Rumus Ini

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Perempuan
Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tidur. (Foto: Unsplash/Lux Graves)

Mengutip laman Alodokter, secara umum, perhitungan berat badan ideal pada perempuan dapat dilakukan dengan menggunakan indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran untuk menentukan perkiraan lemak tubuh yang didasarkan pada berat dan tinggi badan seseorang.

Cara menghitung berat badan ideal ialah dengan menggunakan rumus IMT, yakni (Berat badan (kg))/([Tinggi badan (m)]^2 ). Berdasarkan hasil perhitungan IMT, berat badan seseoang dapat dikategorikan ke dalam empat kategori, yaitu berat badan kurang (underweight) ≤ 18,49, berat badan normal (ideal) 18,5-24,9, berat badan berlebih (overweight) 25-29,9, obesitas di angka 30.

Selain menghitung sendiri, kamu juga bisa menggunakan kalkulator IMT online untuk memudahkan perhitungan berat badan ideal. Metode ini biasanya juga terdapat dalam aplikasi kesehatan yang bisa kamu unduh di ponsel. Meski hasil perhitungan IMT menentukan berat badan ideal, angka tersebut tidak selamanya efektif karena orang dengan massa otot yang tinggi, misalnya atlet atau binaragawan, bisa saja memiliki IMT besar.

Baca juga:

Tips Menaikkan Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Perempuan
Olahraga secara teratur. (Foto: Unsplash/Tyler Nix)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh berat badan ideal. Pertama, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat. Cobalah perbanyak konsumsi sayur, buah, biji-bijian, protein tanpa lemak, serta susu dan produk olahannya yang rendah lemak.

Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil. Cobalah rutin berolahraga setidaknya selama 150 menit setiap minggu. Berbagai jenis olahraga bisa kamu lakukan, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang.

Yang juga tidak kalah penting dan kerap dilupakan adalah mencukupi waktu tidur. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin atau hormon rasa lapar dan menurunkan hormon leptin yang memicu rasa kenyang, sehingga berpotensi untuk meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, agar berat badan tetap seimbang, kamu disarankan mencukupi waktu tidur 7-9 jam setiap harinya.

Pada dasarnya, untuk menurunkan berat badan, kamu hanya perlu berolahraga secara rutin dan membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Sementara untuk menaikkan berat badan, tingkatkan kalori yang dikonsumsi dan pilih olahraga untuk meningkatkan massa otot. (and)

Baca juga:

3 Mitos Keliru Soal Cara Menaikkan Berat Badan

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan