Bisnis

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis secara Sportif

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 05 Maret 2021
Cara Menghadapi Persaingan Bisnis secara Sportif
Hadapi persaingan bisnis secara sportif. (Foto_ Pixabay_ adamr)

PERSAINGAN di dalam dunia bisnis akan selalu ada. Semakin besar kerajaan bisnis yang kamu bangun, semakin banyak pula kompetitor bisnis yang akan kamu hadapi. Satu hal penting yang dibutuhkan dalam berbisnis adalah memiliki sportivitas tinggi baik dalam kondisi menang maupun kalah.

Seperti dilansir Nathanjamail.com, bisnis yang kuat pastinya memiliki karyawan yang memiliki integritas tinggi. Tentunya hal tersebut didukung oleh pemimpin yang bisa membimbing karyawan bagaimana menghadapi persaingan secara adil.

BACA JUGA:

Entrepreneur Sejati Wajib Ikut Kompetisi Bisnis Ini

1. Kawal terus

bisnis
Selalu membimbing karyawan. (Foto_ Pixabay_ Free-Photos)

Dua komponen penting yang menjadi kunci masa depan perusahaan adalah pemimpin dan karyawan. Bukan hanya pemimpin saja yang harus berwawasan luas dan berwibawa. Sebagai bos, kamu harus mengawal setiap karyawan yang bekerja di perusahaanmu. Berikan bimbingan terus menerus agar mereka selalu bersikap sportif dan tidak melakukan kecurangan demi mencapai kesuksesan. Nama baik karyawan sangat memengaruhi perusahaan yang menaungi dirinya.

2. Saling belajar dari kompetitor

bisnis
Belajar dari pemimpin lainnya. (Foto_ Pixabay_ 089photoshootings)

Kata siapa kompetitor merupakan musuh yang harus dijauhi? Justru kamu harusnya merasa beruntung dengan adanya kompetitor yang bergerak di produk yang sama. Melakukan diskusi secara berkala dan saling belajar antar kompetitor sah-sah saja dilakukan selama memiliki tujuan yang positif. Ingat, saling belajar bukan berarti memberikan rahasia utama perusahaan. Kamu bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi di perusahaan lain agar bisa menghindarinya di kemudian hari.

3. Mencari mentor bisnis

bisnis
Belajar dari mentor berintegritas. (Foto_ Pixabay_ DiggityMarketing)

Di zaman modern ini, pelaku bisnis banyak diuntungan dari berbagai aspek. Salah satu alasannya karena saat ini begitu banyak pelatihan atau kelas bisnis yang dipimpin oleh mentor berintegritas. Kamu harus mencari mentor yang mampu membimbingmu agar selalu menanamkan sikap sportif ketika berbisnis.

4. Selalu optimistis dan positif

bisnis
Memandang semua hal dalam dunia bisnis secara positif. (Foto_ Pixabay_ athree23)

Selalu berusaha memandang kegagalan secara positif merupakan satu hal yang bisa membuat seseorang memiliki nilai sportif di dalam dirinya. Ketika memulai bisnis, kamu harus yakin pada perusahaanmu sendiri agar kesuksesan perusahaan lain tidak membuatmu berkecil hati. (mar)

#Bisnis #Gaya Hidup
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan