Relasi

Cara Menghadapi Kegagalan dengan Lapang Dada

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 08 April 2021
Cara Menghadapi Kegagalan dengan Lapang Dada
Kegagalan bukan akhir segalanya. (Foto: Pixabay/1388843)

SEJAK dilahirkan ke dunia, manusia sudah menghadapi banyak tantangan dalam hidup. Semakin beranjak dewasa, kamu pasti akan menghadapi berbagai kegagalan. Entah itu di dalam lingkungan sekolah, pekerjaan, atau relasi dengan orang lain. Wajar saja jika merasa kecewa kepada diri sendiri ketika baru saja gagal melakukan sesuatu.

Melansir dari verywellmind.com, kegagalan dan kekalahan dalam hidup sebaiknya tidak direnungkan sampai berlarut-larut. Ada kalanya melalui sebuah kegagalan, kamu justru mendapatkan titik terang kesuksesan di masa depan. Untuk itu segera lah bangkit agar tidak kehilangan banyak kesempatan berharga. Simak tips berikut ini.

Baca Juga:

Tak Perlu Dimarahi, Cara Sederhana Biar Si Kecil Jadi Penurut


1. Jangan dipendam

gagal
Berbicaralah dengan teman terdekat membagi keresahan. (Foto: Unsplash/vonecia carswell)


Ketika kamu gagal mencapai sesuatu, ceritakan lah kesedihanmu kepada orang terdekat yang paling dipercaya. Perasaan sedih yang dipendam sendirian lambat laun akan menyebabkan depresi. Jangan malu untuk meminta saran dan solusi dari mereka yang tulus peduli kepadamu. Kalau merasa teman terdekat belum mampu menerima kegalauan kamu. Carilah tenaga profesional yang memang mengerti dan mampu menganalisa permasalahan kamu. Dengan pengetahuan, informasi dan pengalaman yang mereka punya, dapat membuat permasalahan kamu selesai dengan baik.


2. Cari hobi

hobi
Cari hobi baru yang menyenangkan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


Daripada merenung dan memilih menutup diri dari banyak orang, coba lah untuk mencari hobi baru yang akan menyegarkan suasana hati. Mencari hobi baru juga bisa meningkatkan kualitas diri karena mau mempelajari sesuatu yang baru. Siapa tahu berangkat dari hobi baru tersebut, kamu menemukan kesuksesan yang selama ini tertunda. Hobi yang baik adalah yang mampu membuat kamu bangkit kembali bukan malah menenggelamkan diri dan melupakan dunia luar. Cari hobi yang melibatkan banyak orang, sehingga kamu dapat kembali berdiri.

Baca Juga:

Cara Atasi Konflik Kakak Beradik Selama Pandemi


3. Analisa kesalahan

galau
Analisa kesalahan yang menjadikan kamu lebih dapat maju. (Foto: Unsplash/Joice Kelly)


Berhenti melihat kegagalan di masa lalu bukan berarti dilupakan begitu saja. Kegagalan yang pernah kamu alami merupakan pelajaran terbaik untuk hidupmu di masa depan. Analisa sebab dan akibat kegagalan yang pernah. Tidak ada salahnya menjadi gagal asal jangan diulangi lagi. Kegagalan akan membuat kamu mengerti kebenaran yang kamu hadapi. Kegagalan mengajarkan kamu untuk berbuat benar di kemudian hari. Kegagalan bukan akhir segalanya. (mar)

Baca Juga:

Atasi Stres dengan Aktivitas ini

#Kesehatan #Kegagalan #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan