Selebritas
Cara Mengatur Keuangan First-Time Mom Ala Chef Devina Hermawan Chef Devina cermat mengatur keuangan. (Foto: Instagram/@devinahermawan)

FIRST-time moms jangan kaget karena harus menghadapi suasana baru dalam mengatur keuangan keluarga. Sebagai 'menteri keuangan keluarga' kamu harus cermat mencatat pengeluaran dan pemasukan agar kebutuhan keluarga selalu tercukupi setiap bulannya.

Sambil beradaptasi dengan peran baru kamu sebagai ibu, kamu juga harus berusaha untuk menyeimbangkan manajemen keuangan keluarga. Nah, agar pengaturan keuangan kamu berjalan lancar, kamu bisa mengikuti beberapa tips ala Chef Devina Hermawan.

Baca Juga:

Masak Steak Lezat di Rumah ala Chef Devina Hermawan

1. Siapkan diri dengan perubahan dan tantangan

Bagi para ibu, khususnya first-time moms, menjalankan ‘profesi’ sebagai menteri keuangan keluarga dengan kehadiran sang buah hati butuh penyesuaian khusus dan menjadi tantangan tersendiri. Keuangan keluarga menurut Devina dinamis. Maka dari itu, ia menyarankan agar para ibu baru untuk siap beradaptasi.

"Misal, aku yang sebelumnya hidup berdua dengan suami lalu hadir satu anak, bertambah dua, dan sekarang tiga anak, semuanya memiliki tantangan masing-masing," ujar Devina.

Dalam mengatur keuangan intinya kamu harus bisa mengutamakan kebutuhan. Seperti berbelanja sesuai dengan daftar prioritas kebutuhan keluarga.

Bagi Devina, perencanaan jangka panjang dan jangka pendek pun sangat penting dilakukan bagi first-time moms agar keuangan keluarga tetap sehat. "Misal ketika punya bayi, kita sebagai ibu sudah memahami bahwa anak perlu ada imunisasi dan konsultasi tumbuh kembang; atau ketika mereka akan memasuki usia sekolah yang membutuhkan biaya khusus," ujarnya.

Chef Devina melibatkan sang suami dalam mengatur keuangan. (Foto: Ist)

2. Libatkan suami dan hadirkan kehangatan keluarga

Mengurus tiga buah hati, Andrew Orham, Audie Orla, dan si bungsu berusia empat bulan Austine Orlene, cukup banyak mengubah keseharian Devina. Paling terasa tentu saja adalah waktu dan jadwal yang semakin padat. “Pada proses pemulihan fisik awal pasca melahirkan, misalnya, aku juga harus tetap ada untuk anak-anak,” tutur Devina.

Menghadapi momen seperti ini, Devina mengaku tidak sendirian. Ia dan suami selalu saling berbagi tugas mengurus keluarga dan buah hati tercinta. Namun, tetap ada tugas masing-masing yang harus dilakukan. Devina mengakui, kolaborasi ini bukan hanya membantu meringankan beban harian sebagai ibu, namun juga menambah kehangatan hubungan dengan suami.

Baca Juga:

Menurut Chef Devina Hermawan, Ini Makanan yang Wajib Ada di Atas Meja Makan Saat Imlek

Bukan hanya dalam mengurus buah hati, kolaborasi ini pun dilakukan Devina dan suami dalam mengatur keuangan keluarga. “Ada perencanaan jangka panjang yang tentu melibatkan diskusi khusus dengan suami, misal untuk tempat tinggal, asuransi atau investasi, dan rencana pendidikan anak-anak," papar Devina.

3. Lebih mawas dalam mengatur pengeluaran keluarga

Menjadi orang tua ikut mengubah perspektif Devina dan suami dalam berbagai hal, termasuk dalam mengelola keuangan. Pengeluaran yang awalnya untuk berdua, kini harus mulai mempertimbangkan kebutuhan anak-anak yang terus berubah seiring proses tumbuh kembang mereka. Saat mencoba mengatur pengeluaran keluarga, Devina selalu mencoba mengaplikasikan prinsip mawas dan cermat dalam manajemen keuangan keluarga.

“Saat merencanakan keuangan keluarga, aku berusaha lebih selektif memetakan daftar kebutuhan dan keinginan berdasarkan kapasitas yang aku dan suami miliki. Selain itu, aku juga mencoba lebih aware akan aspek emosional sebelum membeli sesuatu," ujar Devina.

Dalam menyambut kehadiran si bungsu Austine, Devina pun mengaku fleksibel dan tidak kalap belanja keperluan bayi. Seiring pengalaman, para ibu kata Devina akan lebih cermat memilih mana yang benar-benar diperlukan dan dalam jumlah secukupnya.

Chef Devina menggunakan dompet digital. (Foto: ShopeePay)

4. Cari solusi termudah yang menguntungkan untuk kebutuhan harian

Menjadi menteri keuangan di rumah seraya berkarier sebagai chef profesional di luar rumah, Devina aktif mencari alternatif praktis agar lebih mudah memenuhi kebutuhan keluarga. Menyiapkan bahan makanan sejak awal agar proses memasak lebih mudah, serta menggunakan platform online untuk belanja grosir bulanan, menjadi pilihan Devina agar lebih tenang menjalani rutinitas bersama anak.

Untuk transaksi keuangan, ia pun memaksimalkan teknologi dalam membantu rutinitasnya. Utamanya, dengan memanfaatkan layanan dompet digital seperti ShopeePay untuk menunjang berbagai kebutuhan transaksi di tengah kesibukan. (ikh)

Baca Juga:

Awali Pagi dengan Sarapan Cheese Toast Ala Chef Devina Hermawan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
YG Entertainment Umumkan Comeback BIGBANG dan Keluarnya T.O.P BIGBANG
ShowBiz
YG Entertainment Umumkan Comeback BIGBANG dan Keluarnya T.O.P BIGBANG

YG Entertainment resmi merilis pengumuman BIGBANG akan merilis lagu baru pada musim semi ini.

Tiga 'Kegilaan' Dalam Drama Crazy Love yang Sayang Dilewatkan
ShowBiz
Tiga 'Kegilaan' Dalam Drama Crazy Love yang Sayang Dilewatkan

Menampilkan kisah cinta yang manis, tapi biadab dan kacau.

3 Perubahan Penting untuk Dilakukan di 2022
Fun
3 Perubahan Penting untuk Dilakukan di 2022

Kejar 3 hal ini untuk menjadikan hidupmu lebih baik di 2022.

Ahli Bedah Sebut Justin Bieber Tunjukkan Tanda Pemulihan
ShowBiz
Ahli Bedah Sebut Justin Bieber Tunjukkan Tanda Pemulihan

Justin Bieber didiagnosis sindrom Ramsay Hunt.

Hari Guru Nasional 2022, Ini Gambaran Guru dalam Puisi Karya Sastrawan Nasional
Fun
Hari Guru Nasional 2022, Ini Gambaran Guru dalam Puisi Karya Sastrawan Nasional

Puisi-puisi tentang guru karya sastrawan nasional berikut ini bisa menggambarkan tantangan yang pernah dihadapi guru pada berbagai zaman.

Film Horor 'Tutuge' Sajikan Pesona Alam dan Kearifan Budaya Bali
ShowBiz
Film Horor 'Tutuge' Sajikan Pesona Alam dan Kearifan Budaya Bali

Tutuge telah meraih banyak penghargaan film di luar negeri.

Atur Gizi demi Cegah Kanker Prostat
Fun
Atur Gizi demi Cegah Kanker Prostat

Bagi pria, jenis kanker yang paling sering menyerang adalah kanker prostat.

Rossa Rilis 'Sekali Ini Saja' dengan Nuansa Baru
ShowBiz
Rossa Rilis 'Sekali Ini Saja' dengan Nuansa Baru

Untuk pemanasan jelang konser 25 tahun kariernya.

Nike Tunda Perilisan Kolaborasinya dengan Off-White
Fashion
Nike Tunda Perilisan Kolaborasinya dengan Off-White

Duka masih menyelimuti, membuat perilisan sepatu ini terteunda.

'Pokemon HOME' Siapkan Update Baru untuk 2023
Fun
'Pokemon HOME' Siapkan Update Baru untuk 2023

Pokemon HOME kembali memberikan update terbaru.