Tip Mengatasi Rasa Panik di Kantor

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 17 Oktober 2017
Tip Mengatasi Rasa Panik di Kantor
Tumpukan kerjaan bikin panik. (Foto: pixabay)

SAAT berada di Kantor tentunya Anda harus selalu fokus agar pekerjaan tidak terbengkalai. Celakanya, tugas kantor yang menumpuk kadang membuat Anda panik. Apalagi jika harus berlomba dengan tenggat waktu yang sudah pendek.

Serangan panik memang tidak bisa diprediksi. Secara tiba-tiba Anda juga bisa menjadi panik lantaran sudah terlalu pusing melihat tumpukan berkas yang ada di atas meja kerja. Tenang, rasa panik tersebut dapat Anda atasi. Berikut cara yang bisa Anda tempuh, demikian dikutip Huffington Post.

1. Atur nafas

Seorang pekerja sosial dan psikolog berlisensi, Danielle Forshee, menyebutkan bahwa mengatur nafas dapat membuat Anda lebih tenang. Anda dapat mencobanya dengan melakukan pernapasan diafragma.

Duduk nyaman di kursi. Lalu buat kepala dan bahu relaks. Letakkan tangan di perut dan dada. Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung dan buang melalui mulut Anda.

"Strategi ini akan secara fisiologis meningkatkan genital tubuh mereka sehingga mereka cenderung menjatuhkan gejala serangan panik mereka dengan sangat cepat," kata Forshee.

2. Fokus

Penyebab Anda menjadi panik sudah pasti tugas yang terlalu banyak. Untuk mengatasi rasa panik, Anda bisa mengatasinya dengan fokus kembali pada pekerjaan tersebut.

Ricks Warren, seorang profesor psikiatri klinis di University of Michigan memaparkan fokus pada pekerjaan dapat membantu Anda menjaga pikiran agar tidak berputar.

"Saya akan menyarankan mereka mengingatkan diri mereka sendiri bahwa ini akan berlalu dan mencoba untuk fokus pada apa yang perlu mereka lakukan tugas di tangan dan lihat apakah mereka dapat mengatasinya," ungkapnya.

3. Pergi ke tempat tertutup

Cara lain mengatasi rasa panik Anda bisa pergi ke tempat tertutup. Anda bisa mencoba pergi ke kamar mandi. Warren mengatakan, memercikkan air dingin ke wajah dapat membantu Anda untuk kembali fokus.

Anda juga bisa berkata untuk diri Anda sendiri di depan cermin dengan mengatakan "Saya baik-baik", agar pikiran kembali tenang.

4. Bicara dengan rekan kerja

Ingat, Anda tidak pernah sendirian di kantor. Pastinya Anda memiliki rekan kerja yang Anda percaya. Hampiri mereka dan cobalah untuk menceritakan kegelisahan Anda tersebut.

"Dapatkan dukungan dan validasi untuk apa yang terjadi. Biarkan mereka memberi Anda dukungan yang Anda butuhkan dan membiarkan kata-kata mereka meresap. Sumber eksternal dapat membantu Anda membingkai kembali apa yang Anda alami," terang Dan Reidenberg, direktur eksekutif Suicide Awareness Voices of Education dan ketua dewan penasehat American Psychotherapy Association .

Baca juga artikel 4 Cara Jitu Mencuri Perhatian Si Bos.

#Depresi #Pekerjaan #Sukses Dalam Pekerjaan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan