Cara Mengatasi Demam Panggung saat Ingin Bernyanyi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 11 Desember 2021
Cara Mengatasi Demam Panggung saat Ingin Bernyanyi
Beberapa orang masih merasakan demam panggung. (Foto: Unsplash/Elizeu Dias)

DEMAM panggung adalah suatu hal yang wajar dialami seseorang ketika ingin tampil, bahkan penyanyi profesional sekali pun. Apalagi jika sama sekali belum pernah tampil di depan banyak orang, bisa grogi sampai sakit perut. Tapi tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam panggung.

Salah satunya dengan memanfaatkan platform video pendek, termasuk SnackVideo. Tidak hanya sekadar hiburan, kamu juga bisa mengekspresikan diri dengan cara bernyanyi. Berikut tips yang bisa kamu lakukan.

Baca juga:

Hanin Dhiya dan Ahmad Dhani Aransemen Ulang Lagu 'Roman Picisan'

1. Manfaatkan live streaming sebagai panggung virtual

Cara Mengatasi Demam Panggung saat Ingin Bernyanyi
Latihan secara live streaming. (Foto: Unsplash/Libby Penner)

Sebagai seorang penyanyi, tidak cukup jika hanya memanfaatkan suara yang bagus. Harus punya karisma yang bisa membuatnya terlihat menguasai panggung, lewat gerak dan bahasa tubuh saat tampil. Untungnya hal-hal seperti ini bisa dilatih di rumah, salah satuya dengan memaksimalkan fitur live streaming yang ada di platform video pendek kesayanganmu.

Lewat fitur ini, kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lain yang sedang menonton. Coba latih kemampuan bernyanyi dan bahasa tubuh dengan cara menyiarkan secara langsung video saat menyanyi dan memposisikan live streaming tersebut sebagai panggung virtual.

Dari situ, kamu bisa merasakan seperti apa bernyanyi di hadapan orang banyak secara langsung. Tanyakan juga feedback dari para penonton bagaimana penampilanmu tadi.

2. Belajar dari feedback pengguna lainnya

Cara Mengatasi Demam Panggung saat Ingin Bernyanyi
Belajar dari saran para pengguna lainnya. (Foto: Unsplash/John Schnobrich)


Platform video pendek biasanya memiliki komunitas yang kuat untuk saling mendukung kreator lainnya. Kamu bisa saja meminta mereka untuk memberikan tanggapan untuk evaluasi diri sendiri. Caranya, cek setiap komentar yang masuk ke unggahan dan mulai untuk evaluasi dari situ. Tentu saja, latihan ini tidak bisa dilakukan satu kali saja. Kamu bisa membuat video menyanyi sebanyak mungkin dan terus unggah. Dengan proses tersebut, kamu bisa melatih kepercayaan diri di depan orang banyak.

Baca juga:

Aku Berjuang Melawan Demam Panggung saat Bertanding

3. Pilih lagu populer

Cara Mengatasi Demam Panggung saat Ingin Bernyanyi
Pilih lagu yang kamu suka. (Foto: Unsplash/Luke Thornton)


Mengunggah nyanyian ke platform video pendek rupanya bisa menjadi cara dalam memilih lagu terbaik untuk berlatih dan dilihat oleh banyak orang. Caranya, pilih lagu yang sedan populer di kalangan komunitas. Dari situ, kamu bisa menilai lagu apa yang disukai oleh publik dan yang kamu nyanyikan terbaik. Tentunya, dengan pemilihan lagu yang hits, kesempatanmu untuk dikenal oleh banyak orang akan semakin besar. (and)

Baca juga:

Suju Demam Panggung

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan