Teknologi

Cara Mendapat Centang Verifikasi Akun Resmi Telegram

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 21 Mei 2021
Cara Mendapat Centang Verifikasi Akun Resmi Telegram
Telegram ingin memastikan interaksi yang aman antara pengguna dan akun-akun resmi. (Foto: Verified Badge)

DENGAN lebih dari setengah miliar pengguna aktif dan pertumbuhan yang semakin cepat, Telegram telah menjadi platform komunikasi pilihan untuk beragam jenis akun resmi di aplikasinya. Tim Telegram memastikan verifikasi akun resmi aktif dalam bentuk saluran, grup publik, atau bot guna memastikan pengguna berinteraksi dengan akun yang resmi.

Syarat pertama ialah harus verifikasi dengan minimal dua layanan lain. Telegram memverifikasi akun resmi dengan mengonfirmasi bahwa akun tersebut sudah melakukan verifikasi setidaknya di dua platform lain yaitu TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, VK, dan Snapchat.

Akun resmi perlu menambahkan tautan profil saluran Telegram mereka di platform ini sehingga tim Telegram dapat mengonfirmasi bahwa mereka dimiliki oleh pemilik yang sama. Setelah ini selesai, pemilik akun perlu menghubungi Telegram @VerifyBot untuk verifikasi.

Baca juga:

Telegram Voice Chat, Cara Baru Berkumpul Virtual

Cara Mendapatkan Centang Verifikasi Akun Resmi Telegram
Telegram sudah memiliki setengah miliar pengguna aktif di dunia. (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)


Untuk yang belum memiliki akun terverifikasi, Telegram dapat memverifikasi akun resminya melalui Wikipedia. Jika pengguna memiliki halaman tidak sedang disanggah di Wikipedia dan halaman tersebut mencantumkan tautan ke saluran, maka dapat dihitung sebagai salah satu akun terverfikasi dari dua yang diperlukan.

Untuk organisasi, tautan ke saluran Telegram dari situs web resmi organisasi juga dapat dipertimbangkan. Bot akan menawarkan pilihan untuk memasukan data dan komentar tambahan setelah memeriksa tautan media sosial.

Yang kedua ada badge verifikasi akan diberikan ke halaman terverifikasi. Setelah mengikuti langkah-langkah verifikasi halaman, maka saluran, grup, atau bot yang berhasil diverifikasi akan menerima badge verifikasi berupa tanda centang di sebelah nama akun untuk membedakannya secara visual dari akun tidak resmi lainnya.

Baca juga:

Mengintip Deretan Keunggulan Telegram yang Jarang Diketahui

Cara Mendapatkan Centang Verifikasi Akun Resmi Telegram
Harus verifikasi dengan minimal dua layanan lain. (Foto: Unsplash/Adem AY)

Yang terakhir adalah penyuntingan nama halaman tidak dapat lagi dilakukan setelah diverifikasi. Saluran, grup, atau bot yang telah terverifikasi tidak dapat mengubah nama atau tautan pendeknya. Jika perubahan diperlukan, pemilik akun dapat menghapus status verifikasi terlebih dahulu dengan menghubungi @VerifyBot dan mengirim/membatalkan verifikasi akun dan melakukan verifikasi ulang menggunakan bot seperti di awal.

Dengan verifikasi ini, Telegram ingin memastikan interaksi yang aman antara pengguna dan akun-akun resmi, serta sebagai cara untuk menunjukkan bahwa pengguna berinteraksi dengan saluran, grup, atau bot yang resmi yang dapat dipercaya oleh pengguna. (and)

Baca juga:

Telegram Versi Beta Dukung Fitur Kirim Pesan Tanpa Mengetik

#Teknologi #Telegram
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan