Cara Mendamaikan Gaji Versus Cicilan, Solusi Cerdas Hilangkan Pusing Awal Bulan Kenali tips berdamai dengan cicilan (Foto: unsplash/muhammad dauddy)

BAGI para pekerja kantoran 'tanggal muda' selalu jadi momentum paling membahagiakan. Tentu saja, di tanggal tersebut tiap-tiap pekerja menerima gaji bulanan rutin. Di saat itu, bahkan beberapa hari sebelumnya, hasrat ingin membeli barang incaran, staycation, beli tiket pesawat, dan lainnya sudah membuncah. Bahkan, keranjang e-commerce miliknya telah penuh barang pilihan lalu hanya tinggal menunggu check out pembayaran.

Meski begitu, terkadang segala keinginan tersebut harus kandas saat melihat tagihan cicilan beragam rupa. Bagi pekerja urban, cicilan seolah telah mendarah-daging. Entah cicilan kendaraan, rumah, apartemen, paylater, utang daring, dan lainnya. Segala cicilan mau tak mau harus dibayar. Jika tidak dibayar, tentu siap-siap bunga telat bayar akan menumpuk.

Istilah gaji numpang lewat bukan kiasan semata. Seolah gaji 'Assalamualaikum', langsung disapa tagihan cicilan 'Walaikumssalam'. Udah mana gajian dan tenggat bayar cicilan hanya terpaut dua hari. Jadi baru girang satu dua hari, bikin rencana staycation, beli barang aesthetic, dan sebagainya tiba-tiba langsung murung karena saldo rekening diganti struk pembayaran cicilan.

Baca Juga:

Mengenal Kesulitan Keuangan Milenial dan Tips Mengatasinya

Berdamailah dengan cicilan, jangan biarkan gaji kamu hanya numpang lewat di awal bulan (Foto: pixabay/firmbee)

Kadang mau sok-sokan ikut bersolidaritas sama Ukraina, tapi kalau melihat tagihan kayaknya lebih baik bersolidaritas terhadap diri sendiri. Gaji versus cicilan memang benar-benar perang sesungguhnya di kehidupan saban hari. Jangan kalah, cicilan seri aja ogah, karena harus benar-benar dibayar tepat kala.

Belum lagi memikirkan uang gaji tersisa apakah cukup untuk makan dan ongkos hingga akhir bulan. Hal itu tentunya membuat overthinking dan insecure bersatu padu menyerang pikiran dan alam bawah sadar.

Karena itu, agar kamu tidak pusing di awal bulan, sebaiknya berdamai dengan cicilan dengan cara mengelola uang dengan benar dan membangun finansial sehat.

Menurut Prita Ghozie selaku Principal Consultant & CEO ZAP Finance, langkah strategis paling perlu dilakukan dalam merencanakan keuangan dengan menerapkan financial check up, agar bisa paham dengan kondisi finansial.

Hal itu bisa dilakukan dari mulai mencatat aset dimiliki, kewajiban, pemasukan, hingga pengeluaran. Pencatatan tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuanganmu, dan memastikan kamu berada di jalur tepat dalam mengelola keuangan.

Demi mengetahui alur keuangan, kamu harus terlebih dahulu mengetahui pola perilaku atau kebiasaan pengeluaran. Selanjutnya, evaluasi pengeluaran mulai dari kebutuhan bisa dibeli bulanan hingga pengeluaran kecil setiap hari.

Evaluasi pengeluaran tersebut bisa membantu kamu mengetahui dan membatasi kebocoran serta mengurangi pengeluaran tak diperlukan.

Seseorang menjadi boros, biasanya ketika mereka mendapat banyak uang. Karena itu, penting untuk dapat menahan diri dalam mengendalikan berbagai keinginan. Hal itu agar kamu bisa menghilangkan istilah 'tanggal tua dan tanggal muda'.

Baca Juga:

Tips Cerdas Menjadi Juara Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

Kemudian, penting juga untuk mengutamakan manfaat dibanding iming-iming harga murah ketika membeli barang. Hal itu bertujuan agar bisa digunakan dalam jangka panjang, biaya per penggunaan menjadi lebih murah, dan bisa dijadikan peluang investasi beberapa tahun ke depan.

utamakan manfaat dibanding harga murah (Foto: pixabay/nattanan23)

Perlu diketahui, finansia sehat dengan memiliki total cicilan utang bulanan terkendali, atau di bawah 30 persen dari penghasilan bulananmu.

Selain besarnya cicilan, kamu perlu juga untuk memahami jenis utang. Ada utang baik contohnya utang KPR atau modal usaha. Sebaiknya hindari mengambil utang hanya untuk menutupi gaya hidup atau kebutuhan hidup bulanan.

Selanjutnya, perlu juga untuk membedakan tabungan dan dana darurat. Tabungan sebaiknya lebih fokus pada pengumpulan uang untuk satu tujuan, sementara dana darurat bersifat pencadangan.

Setelah bisa menghitung alokasi pengeluaran dari pendapatan, kamu bisa mempelajari investasi untuk mengalihkan sebagian uang dari gaji agar tidak terbuang percuma.

Investasi tersebut dapat menjadi strategi dalam mencapai tujuan keuangan. Ketika memperoleh penghasilan baik dari gaji bulanan atau hasil usaha, sebaiknya sisihkan untuk ditabung di awal minimal 10 persen dari penghasilan, sehingga dana tabung bukanlah dana sisa.

Dengan begitu kamu bisa menyisihkan penghasilan untuk ditabung agar pembelian telah direncanakan atau tujuan keuangan keuangan jangka pendek tercapai.

Perlu diingat, pengelolaan keuangan pada setiap orang tentu berbeda-beda, karena itu sebaiknya ketika keuangan sudah lebih kompleks, kamu bisa berkonsultasi dengan seorang ahli. Seperti halnya konsultan keuangan, karena bisa memberikan saran-saran sehingga dapat memperbaiki dan mengoptimalkan pengelolaan keuanganmu. (Ryn)

Baca Juga:

Milenial, Yuk Wujudkan Komitmen Literasi Finansial Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Fakta Bio One di Drama 'Write Me A Love Song'
ShowBiz
3 Fakta Bio One di Drama 'Write Me A Love Song'

Write Me A Love Song segera tayang 25 November 2021.

Spider-Man Masih Punya 3 Film Lagi
ShowBiz
Spider-Man Masih Punya 3 Film Lagi

Agaknya Tom Holland masih terus merayapi dinding pada tiga film berikutnya.

Catatkan Rekor, Seorang Pemain Selesaikan 'Elden Ring' Kurang dari 25 Menit
Fun
Catatkan Rekor, Seorang Pemain Selesaikan 'Elden Ring' Kurang dari 25 Menit

Seorang speedrunner bernama Hazeblade berhasil selesaikan Elden Ring kurang dari 25 Menit.

Pusaran ‘Ombak Banyu Asmara’ Kontemporer dari The Panturas
ShowBiz
Pusaran ‘Ombak Banyu Asmara’ Kontemporer dari The Panturas

Ombak Banyu Asmara sebuah album teranyar persembahan The Panturas.

MicroSD Canggih, Bisa Rekam Video 16 Tahun Nonstop
Fun
MicroSD Canggih, Bisa Rekam Video 16 Tahun Nonstop

MicroSD canggih itu kabarnya dioptimalkan untuk video dalam full HD dan 4K.

‘Dune’ Akhirnya Tayang di HBO Max
ShowBiz
‘Dune’ Akhirnya Tayang di HBO Max

Dune akan lanjut ke Part 2 di 2023.

Benyamin Sueb, Legenda Betawi yang Tak Tergantikan
ShowBiz
Benyamin Sueb, Legenda Betawi yang Tak Tergantikan

Benyamin S seniman Betawi paling ikonik

Kenali 4 Manfaat Melakukan Uji Emisi Kendaraan
Fun
Kenali 4 Manfaat Melakukan Uji Emisi Kendaraan

Kenali Sejumlah Manfaat Melakukan Uji Emisi Kendaraan

Nintendo Perkenalkan Pro Controller Edisi 'Monster Hunter Rise: Sunbreak'
Fun
Nintendo Perkenalkan Pro Controller Edisi 'Monster Hunter Rise: Sunbreak'

Pro Controller kedua yang digarap oleh Nintendo untuk warlaba Monster Hunter Rise.

'Pengabdi Setan 2: Communion' Ajak Penonton Main ke Rumah Susun dan Ungkap Misteri Bapak
ShowBiz