EPA
Berbagai jenis sepatu yang dipadupadankan dengan busana yang stylish. (Foto: Red Carpet Fashion Award)

TEMAN terbaik bagi perempuan adalah berlian dan sepatu. Namun, jika harus memilih antara berlian atau 50 pasang sepatu yang manakah akan kalian pilih? Sebagian besar perempuan rela menukar sepatunya dengan puluhan pasang sepatu. Bagi perempuan, sepatu lebih dari sekedar alas kaki. Sebuah pepatah mengatakan sepatu yang bagus membawa kita ke tempat yang bagus. Sementara desainer sepatu terkenal, Christian Louboutin menuturkan sepatu menawarkan banyak hal selain membantu kita dalam berjalan.

Begitu cintanya perempuan dengan sepatu sehingga ada puluhan model sepatu yang bisa kita pilih. Pilihan sepatu untuk perempuan jauh lebih beragam dibandingkan sepatu untuk laki-laki. Kita harus jeli dalam memadukan sepatu kesayangan dengan pakaian. Berikut hal dasar yang harus diperhatikan dalam memadukan sepatu dan gaun:

1. Peep Toe cocok dengan pakaian yang mengumbar keindahan kaki

Peep Toe
Peep Toe (Foto: Where To Get It)

Sepatu Peep Toe memiliki ciri khas yaitu bagian ujung yang terbuka. Sudut yang terbuka tersebut memungkinkan jari-jari kaki mengintip. Sepatu ini cocok jika dikombinasikan dengan pakaian yang mengekspos keindahan kaki. Gunakan rok setinggi lutut atau lebih akan terlihat bagus. Jika tak nyaman dengan pakaian yang terlalu terbuka, kenakan jeans legging atau skinny jeans.

2. Pump memberikan kesan chic pada pemakainya

Pump Shoes
Pump Shoes (Foto: Luulla)

Jika tak ingin kaki kalian terlihat, pump shoes bisa menjadi pilihan. Sepatu pump memberikan kesan chic pada pemakainya. Untuk itu gunakan pakaian chic agar tampak cocok. Pakailah celana pajang, gaun formal panjang atau rok pensil supaya pump shoes terlihat lebih oke.

3. Stiletto cocok untuk berbagai kesempatan dan busana

Stiletto
Stiletto (Foto: Pinterest/Larry)

Setiap perempuan memiliki rasa kagum pada sepatu stiletto tetapi tak banyak yang percaya diri mengenakannya. Jika kamu percaya diri bereksperimen dengan sepatu hak tinggi ini ada banyak cara memadupadankannya dengan pakaian. Sepatu ini cocok dengan berbagai jenis gaya berpakaian mulai dari pakaian formal, pakaian kasual hingga pesta.

4. Sepatu tumit rendah memberikan rasa nyaman pada kaki

Small Heels
Small Heels (Foto: DPS Conference)

Benci dengan sepatu berhak tinggi? Kalian bisa mengenakan sepatu bertumit rendah ini. Sepatu bertumit rendah bisa memberi kepuasan yang sama seperti saat kita memakai sepatu dengan hak tinggi namun jauh lebih nyaman. Sepatu dengan hak rendah juga membuat kita terhindar dari nyeri kaki. Kombinasikan sepatu tumit rendah dengan setelan kantor.

5. Sepatu boot dapat dipakai dalam berbagai outfit

Boots
Sepatu Boot (Foto: Christian Louboutin Online)

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata sepatu boot? Musim dingin? Saatnya menghapus stereotip tersebut. Sepasang sepatu boot memang memberi pesona tersendiri pada penampilan musim gugur atau musim gugur namun ternyata mereka bisa melakukan lebih. Sepatu boot bisa dikombinasikan dengan berbagai outfit mulai dari jaket kulit dan celana jeans, skinny jeans, gaun panjang atau gaun pendek. Pilihanmu tak ada batas.

6. Gladiator bukan untuk yang berbetis besar

Gladiator

Sendal Gladiator (Foto: Perfect Shoes)

Awalnya sepatu gladiator dikenal sebagai salah satu aksesori fesyen yang rumit. Namun kini fungsinya lebih jauh lagi. Gladiator memberi kesan stylish bagi penampilan kita. Sepatu yang terinspirasi dengan gladiator di masa Romawi Kuno tersebut bisa dikombinasikan dengan gaun selutut atau celana pendek jika ingin tampil gaya bohemian. Bagi kalian yang memiliki betis cukup besar, kalian harus memperhatikan tali yang digunakan.

7. Slip on Shoes memberikan rasa nyaman yang lebih

Slip on Shoes
Slip on Shoes (Sumber: DH Gate)

Dulu slip shoes dianggap sebagai sepatu yang membosankan, kuno, dan jauh dari kata keren. Tak perlu waktu lama bagi sepatu tersebut untuk mengubah stigma negatif tersebut. Sepatu tersebut mampu memberi rasa nyaman namun tetap keren bagi penggunanya. Slip shoes banyak dikombinasikan dengan gaun atau celana jeans yang dilipat. Dalam beberapa kesempatan, sepatu ini juga banyak digunakan pengantin perempuan yang ingin tampil sporty di hari bahagianya. Ingin memakai slip on shoes di hari bahagiamu? Pilihlah sepatu berwarna putih dengan aksen renda.

8. Sepatu lari dapat dipakai untuk dress juga

Running Shoes
Running Shoes (Foto: Haute Off The Rack)

Beberapa waktu belakangan, olahraga lari telah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Baik laki-laki atau perempuan memadati jogging track. Membudayanya olahraga lari ternyata berdampak pada selera fashion kaum hawa. Sepatu lari memberi kenyamanan, kesan sporty, dan stylish untuk para perempuan. Berbagai brand mulai dari Nike, Adidas, Puma, Reebok berlomba-lomba untuk mendesain model sepatu lari yang keren namun nyaman untuk para perempuan. Meski namanya sepatu lari, kita bisa memadupadankan sepatu ini dengan berbagai jenis pakaian mulai dari pakaian olahraga hingga dress. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH