Mudah, Begini Cara Mencegah Penyakit Malaria Waspada penyakit malaria yang mematikan. (Foto: Pixabay/272447)

GENANGAN air di sekitar tempat tinggal memang bisa menimbulkan banyak masalah. Salah satunya adalah penyakit malaria. Genangan air merupakan tempat ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Penyakit malaria disebabkan oleh parasite plasmodium dan bisa menyebar melalui gigitan nyamuk.

Mengutip stanfordhealthcare.org, parasite plasmodium yang masuk ke dalam tubuh tidak langsung menyerang begitu saja. Mereka akan berjalan menuju liver melalui aliran darah dan berkembang biak terlebih dahulu. Selanjutnya, parasit ini akan menyerang sel darah sampai hancur dalam waktu 48-72 jam.

Baca juga:

Jangan Anggap Sepele Demam Naik-Turun, Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Ini

Penderitanya akan mengalami gejala seperti demam tinggi, mengigil, dan mudah berkeringat dalam jumlah banyak. Penderita juga akan kehilangan nafsu makan karena merasa mual sepanjang hari. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui bagaimana mencegah penyebaran malaria:

1. Perhatikan lingkungan tempat tinggal

Hindari genangan air di sekitar rumah. (Foto: Pixabay/Life-Of-Pix)

Saat musim hujan, kita harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Periksa mulai dari dalam hingga luar rumah. Apakah ada atap yang bocor dan menyebabkan genangan? Hal-hal tersebut tanpa disadari menyebabkan nyamuk malaria bebas berkembang biak dan menyerang tubuh.

2. Gunakan kelambu tidur

Trivia 2 Kelambu tidur bisa menghalangi gigitan nyamuk. (Foto: Pixabay/12019)

Jika lingkungan tempat tinggalmu memang rawan nyamuk, lebih baik kamu tidur dengan menggunakan kelambu. Kamu tidak akan menyadari berapa nyamuk yang menggigit saat sedang tidur. Mencegah lebih baik dari pada menyesal di akhir bukan?

Baca Juga:

4 Penyakit yang Selalu Menemani Banjir

3. Membatasi aktivitas di luar ruangan

Jangan terlalu lama berada di luar ruangan. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Sebaiknya kurangi aktivitas yang harus dilakukan di luar ruangan. Jika memang terpaksa, gunakan lotion anti nyamuk dan baju panjang untuk menghindari gigitan nyamuk. Kamu tetap harus memperhatikan kandungan yang ada pada lotion tersebut agar tidak memberikan efek samping.

4. Menggunakan anti nyamuk di dalam rumah

Gunakan lotion anti nyamuk. (Foto: Pixabay AdoreBeautyNZ)

Tidak hanya kebersihan rumah saja yang harus dijaga. Kamu juga harus melakukan pencegahan dini. Gunakan obat anti nyamuk di malam hari agar nyamuk tidak berani masuk ke dalam rumah. Jika ingin menggunakan cara yang lebih alami bisa menggunakan serai dan tanaman lavender yang diletakkan di setiap sudut ruangan. (mar)

Baca juga:

Cegah Sakit saat Banjir Melanda, Lakukan Ini


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH