Kecatikan
Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat Jamur Jerawat jamur biasanya muncul di punggung, dada, atau lengan. (Foto: freepik/freepik)

MULAI dari komedo hitam, komedo putih, jerawat kistik, hingga jerawat hormonal, daftar panjang jenis jerawat seakan tidak pernah berakhir dan mengikuti hingga dewasa. Salah satu yang mungkin kurang kamu kenal yakni jerawat jamur, yang sama tidak menyenangkannya.

Jerawat jamur adalah jenis infeksi yang terbentuk di folikel rambut dan disebabkan pertumbuhan berlebih dari ragi yang disebut Malassezia furfur. Demikian dijelaskan Adele D Haimovic, MD, dokter kulit besertifikat dan profesor klinis dermatologi di New York University Langone Medical Center, AS.

Ia mengatakan jerawat ini biasanya muncul di punggung, dada, atau lengan. Meskipun begitu, jerawat ini juga dapat muncul di wajah, tapi itu tidak biasa.

BACA JUGA:

Ketangguhan Melawan Jerawat Berikut Ejekan Orang

Malassezia furfur adalah ragi yang secara alami terjadi pada kulit kita. Pertumbuhannya yang berlebih dapat menyebabkan jerawat jamur. Pertumbuhan berlebih ragi ini dapat disebabkan berbagai faktor, termasuk kelembapan yang terperangkap karena terlalu lama mengenakan pakaian olahraga yang berkeringat, obat-obatan seperti antibiotik, atau tinggal di lingkungan yang hangat dan lembap yang membuat kamu lebih banyak berkeringat.

Jerawat jamur umumnya disalahartikan sebagai jerawat wajah, menurut Haimovic, karena menghasilkan jerawat yang berukuran sama dan kecil. Namun, bagaimana membedakan bahwa itu jerawat jamur dan bukan jerawat biasa? Salah satunya ialah ada tidaknya rasa gatal. “Tidak adanya komedo atau kista menyakitkan membedakan antara jerawat jamur dan jerawat wajah biasa. Selain itu, banyak yang merasa benjolan itu gatal,” jelasnya.

Jika kamu tidak yakin, konsultasikan dengan dokter kulit yang sudah terlatih untuk mengenalinya. Penting untuk mengetahui jenis jerawat yang kamu hadapi karena mengatasinya sangat berbeda.

Cara mengatasi jerawat jamur

jerawat
Jika pilihan topikal tidak berpengaruh, temui dokter kulit untuk mendapatkan resep obat lain. (Foto: freepik/bublikhaus)

"Karena jerawat jamur disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan, kabar baiknya adalah jamur ini merespon dengan baik terhadap perawatan antijamur, yang dapat dibeli tanpa resep atau dengan resep dokter," kata Haimovic seperti diberitakan Women's Health.

Carilah bahan-bahan seperti ketoconazole, econazole nitrate, atau clotrimazole. Kamu dapat menemukan produk ini di bagian perawatan kaki, karena sering direkomendasikan untuk merawat kaki atlet.

“Seringkali krim antijamur topikal akan efektif, tapi antijamur oral mungkin diperlukan untuk [jerawat] yang lebih persisten,” katanya. Jadi, jika pilihan topikal tidak berpengaruh untuk kamu, temui dokter kulit untuk mendapatkan resep obat lain.

Sampo ketombe yang mengandung seng pyrithione (seperti dalam Head and Shoulders) atau selenium sulfida (seperti dalam Selsun) juga dapat membantu melawan jerawat jamur. Kamu dapat menggunakan ini seperti pembersih pada bagian tubuh yang terkena jerawat saat mandi.

Karena jerawat jamur mudah disalahartikan sebagai jerawat bakteri, kamu mungkin akan menggunakan pembersih dan krim biasa untuk jerawat. Namun, jika kamu tahu yang dihadapi adalah jerawat jamur, para ahli memperingatkan agar tidak melakukan itu, karena produk tersebut bisa terlalu keras dan dapat memperburuk infeksi. Obat-obat jerawat biasa juga tidak mungkin bekerja untuk mengobati jerawat jamur, karena itu disebabkan oleh pertumbuhan berlebih ragi, menurut Haimovic.

Cara mencegah jerawat jamur

jerawat
Jangan mengenakan pakaian olahraga yang basah akibat keringat terlalu lama. (Foto: freepik/wavebreakmedi)

Beberapa penyebab umum jerawat jamur mudah untuk dihindari, seperti tidak mengenakan pakaian olahraga yang basah akibat keringat terlalu lama, memilih pakaian yang longgar, dan mandi secara teratur jika kamu memiliki keringat yang berlebihan.

“Antibiotik oral juga dapat mengubah flora kulit kita dan memungkinkan ragi tumbuh sehingga menghindari antibiotik bila memungkinkan sangat membantu,” tambahnya. Ini berarti tidak minum antibiotik untuk hal-hal seperti penyakit virus seperti pilek atau flu, di mana obat-obatan itu tidak akan efektif. Jika dokter telah merekomendasikan obat-obatan itu untuk mengobati infeksi yang diketahui merespon antibiotik, maka kamu bisa mengonsumsinya.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mahalini Peduli pada Kulit Wajah
ShowBiz
Mahalini Peduli pada Kulit Wajah

Mahalini membagikan tips -tips ampuh untuk bisa tampil percaya

Tinder Terus Fokus pada Keselamatan Perempuan
Fun
Tinder Terus Fokus pada Keselamatan Perempuan

Pelecehan masih sering dialami perempuan secara daring.

‘Avatar: The Last Air Bender’ Mulai Produksi, Netflix Siapkan Set Megah
ShowBiz
‘Avatar: The Last Air Bender’ Mulai Produksi, Netflix Siapkan Set Megah

Avatar: The Last Air Bender mulai syuting di Kanada.

Vtuber dari Sony Music Buka Audisi Global
ShowBiz
Vtuber dari Sony Music Buka Audisi Global

Sony Music Entertainment hadir di industri virtual YouTuber (vtuber) menambah kesemarakan kultur anime Jepang

Tips Perawatan Mobil Mudah Bagi Perempuan
Fun
Tips Perawatan Mobil Mudah Bagi Perempuan

Perempuan tak cukup hanya mengerti kemampuan mengemudi yang baik saja.

Melepas Kerinduan Wisata Religi Sembari Mudik Lebaran
Hiburan & Gaya Hidup
Melepas Kerinduan Wisata Religi Sembari Mudik Lebaran

Kini, semarak mudik Lebaran kembali hadir.

Recording Academy Tambah Jumlah Nomine Pada 4 Nominasi Besar GRAMMY Awards 2022
Fun
5 Tips Keuangan untuk Anak Remaja, Biar Enggak Gampang Boros
Fun
5 Tips Keuangan untuk Anak Remaja, Biar Enggak Gampang Boros

Harus mengatur keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

Gemasnya Hubungan Bintang Hollywood dengan Anak Perempuannya
ShowBiz
Gemasnya Hubungan Bintang Hollywood dengan Anak Perempuannya

'Ayah Hollywood' yang paling sweet ke anak perempuannya.

Kantor Nintendo Era 1930-an dibuka Kembali Jadi Hotel
Fun
Kantor Nintendo Era 1930-an dibuka Kembali Jadi Hotel

Menginap dengan sensasi ala bekerja di Nintendo.