Cara Menangkal Uban Tumbuh di Kepala rambut putih bukan didominasi orangua saja. (Foto: Pexels/Anastasiya Lobanovskaya)

MESKIPUN sebenarnya uban atau rambut putih di kepala tidak serta-merta membuat kamu tua. Namun lebih pada penanda perubahan fase hidup yang akan dialami setiap orang. Biasanya uban tumbuh karena terhentinya produksi melanin yang membentuk pigmen pada kulit. Kondisi ini bukan hanya monopoli orangtua tak jarang ditemukan pada rambut anak-anak atau remaja.

Menurut laman Reader’s Digest, klinik dermatologi di Langone Medical Center Universitas New York, mengambil 6 ribu sample rambut di Amerika Latin yang memiliki uban karena mewarnai rambut selama bertahun-tahun, polusi udara, faktor genetika dan tanda penuaan.

Memiliki uban pada usia muda, tentu akan membuatmu merasa tidak percaya diri. Tak usah khawatir, pertumbuhan uban bisa kamu tangkal dengan beberapa cara sederhana di rumah. Lakukan rekomendasi berikut ini untuk menghambat pertumbuhan ubanmu.


1. Konsumsi makanan vitamin B, B6, B12, C dan antioksidan

vitamin
Kandungan vitamin dalam makanan memengaruhi pertumbuhan uban (Foto: Pixabay/Dbreen)

Makanan memiliki peran aktif dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan antioksidan, seperti sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan, daging sapi, ikan salmon, telur, pasta, almond, teh hijau dan olahan susu. Vitamin-vitamin tersebut sangat baik untuk sistem produksi sel darah merah dan menutrisi kesehatan rambut. Antioksidan bisa mencegah oksidasi yang dikarenakan radikal bebas sehingga memengaruhi kondisi pertumbuhan uban.

2. Gunakan masker rambut alami

uban
Masker rambut bisa menghambat pertumbuhan uban pada rambutmu (Foto: Unsplash Element Digital)


Masker rambut digunakan untuk menjaga kelembaban dan menutrisi rambut. Sebaiknya menggunakan masker rambut alami. Masker ini terbuat dari campuran minyak kelapa dan perasan lemon. Kandungan vitamin B, C dan fosfor pada lemon bisa menjaga kesehatan sel pigmen rambut. Sementara minyak kelapa berguna sebagai perawatan kulit kepala.

Pemakaian dilakukan dengan memijatkan kulit kepala, balurkan ke seluruh helai rambut dan bilas setelah 30 menit. Bisa juga kamu diamkan semalaman dan dibilas keesokan harinya.

Baca juga: Manfaat Gula Merah Bukan Sekedar Manis Saja!

3. Cuci rambut dengan teh hitam

teh
Amapas teh baik untuk kesehatan rambut. (Foto: Pexels/NIKOLAY OSMACHKO)

Perawatan rambut di rumah dengan menggunakan ampas teh hitam sangat baik dan praktis untuk dilakukan. Teh hitam sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi permasalahan kulit kepala dan membuat rambut berkilau. Teh hitam mengandung vitamin C, vitamin E, polifenol dan senyawa EGCG yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Cara pemakaiannya dengan memijatkan kulit kepala menggunakan ampas teh hitam dan diamkan selama satu jam lalu bersihkan. (dys)

Baca juga: 5 Makanan Ini Dapat Menjaga dan Mempertajam Pengelihatan Kamu



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH