Cara 'Licik' Pengguna KRL Biar Dapat Tempat Duduk Kala Jam Sibuk Penumpang KR. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Ada-ada saja ulah para pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) agar dapat tempat duduk saat berangkat kerja atau pulang disaat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan pembatasan penumpang.

Hasil dari pengamatan di sejumlah stasiun dan keluhan yang disampaikan pelanggan, cara penumpang agar bisa duduk di KRL, yakni naik KRL ke stasiun-stasiun yang menjadi titik pemberangkatan, meskipun stasiun tujuannya berada di arah sebaliknya.

“Mereka naik KRL ke arah yang sesungguhnya berlawanan dengan stasiun tujuannya agar dapat naik kereta dengan cepat, tanpa harus mengikuti penyekatan dan antrean pengguna di stasiun,” uja Juru Bicara KCI Anne Purba.

Sebagai contoh pada pagi hari sejumlah orang dengan tujuan akhir Stasiun Gondangdia naik dari Stasiun Cilebut. Namun bukannya menunggu kereta di peron arah ke Jakarta Kota, mereka menunggu kereta di peron arah ke Bogor yang tidak ada penyekatan karena memang arah tersebut berlawanan dengan pola pergerakan mayoritas penumpang pada jam sibuk.

Baca Juga:

HUT ke-74 Bhayangkara, Polri Masih Kental dengan Stigma Kriminalisasi Rakyat

Mereka, kata ia, kemudian menaiki kereta arah ke Bogor yang memang kosong. Sesampainya di Stasiun Bogor, mereka tetap duduk, tidak turun dari kereta dan langsung menunggu kereta berangkat kembali ke arah Jakarta Kota. Demikian juga sebaliknya pada saat jam sibuk pulang kerja atau sore hari.

antre penumpang krl
Penumpang Antre Naik KRL. (Foto: Antara)

Ia menjelaskan dengan kondisi tersebut, pihaknya bakal mewajibkan setiap Kereta Rel Listrik (KRL) untuk dikosongkan di stasiun akhir guna menertibkan penumpang yang tidak mau antre saat penerapan pembatasan penumpang pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Dampaknya, antrean kereta di stasiun menjadi tidak lancar. Tindakan sebagian pengguna membuat ribuan orang harus mengantre lebih lama lagi di stasiun," ujarnya.

Baca Juga:

DPRD DKI Bingung Anies Terbitkan Kepgub Izin Reklamasi Ancol



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH