Intip Trik Cerdik Komunitas Pecinta KA Edukasi New Normal di Stasiun Gubeng Anggota Komunitas Pecinta Kereta Api Surabaya "Si Puong" mengedukasi pentingnya penerapan aturan New Normal kepada penumpang kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Komunitas pecinta Kereta Api (KA) Surabaya ikut mengedukasi pentingnya oenerapan protokol kesehatan di era New Normal. Kali ini, Komunitas “Si Puong” melakukan sosialisasi aturan new normal di Stasiun Surabaya Gubeng, Selasa (23/6).

“Kami berharap adanya sosialisasi ini masyarakat familiar dengan aturan New Normal pada transportasi kereta api. Sebab nantinya, keamanan dan kenyamanan tetap terjaga untuk mencegah penyebaran virus COVID-19,” ujar Ketua Komunitas si Puong, Kahmin.

Baca Juga

PT KAI Catat Kenaikan Jumlah Penumpang KA Reguler di Masa New Normal

Mereka nampak berkeliling sembari membawa alat peraga ajakan untuk melaksanakan aturan New Normal. Selain itu, mereka juga membagikan masker secara gratis untuk para penumpang yang membutuhkan berikut selebaran informasi New normal.

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, kampanye dari anggota komunitas pecinta KA di Stasiun Surabaya Gubeng ini merupakan wujud keperdulian dari elemen masyarakat akan pentingnya pedoman SOP New Normal yang harus dipatuhi oleh masyarakat, terutama saat masyarakat harus berpergian dengan menggunakan transportasi umum.

Pengguna jasa kereta api yang akan masuk ke dalam Stasiun Cirebon, Jawa Barat, saat melewati "thermal scanner" untuk mendeteksi suhu tubuh. (ANTARA/Khaerul Izan)
Pengguna jasa kereta api yang akan masuk ke dalam Stasiun Cirebon, Jawa Barat, saat melewati "thermal scanner" untuk mendeteksi suhu tubuh. (ANTARA/Khaerul Izan)

"Dalam kampanye kali ini, kami menginformasikan bahwa kawasan stasiun merupakan kawasan wajib bermasker dan area tertib penerapan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19,” tandas Suprapto.

Nampak 10 anggota komunitas si Puong berkeliling Stasiun Surabaya Gubeng mengenakan APD (Alat pengaman diri) seperti masker dan face shield, mengajak para penumpang KA agar selalu mematuhi SOP New Normal yang sudah ditentukan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya, diantaranya wajib bermasker.

Baca Juga

Kereta Api Kembali Beroperasi, Stasiun di Cirebon Mulai Lakukan Persiapan

Hingga akhir Bulan Juni 2020, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya tersedia layanan 31 perjalanan KA terdiri dari 24 perjalanan KA Lokal dan 7 perjalanan KA jarak Menengah/jauh. Ketujuh perjalanan KA jarak Menengah/jauh tersebut melayani relasi dari Surabaya menuju Semarang, Cirebon, Jember, Banyuwangi dan Solo. (*)

Berita ini merupakan laporan Andika Eldon, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH