Kesehatan
Cara Kerja Medications Tracker, Aplikasi Baru dari Apple Medications adalah aplikasi yang secara otomatis akan muncul di ponsel jika kamu mengunduh pembaruan iOS. (Twitter/@appleinsider)

APPLE akan meluncurkan aplikasi medications tracker untuk iPhone dan Watch untuk membantu orang mengatur obat resep dan nonresep mereka, pengingat untuk meminumnya, dan menjelaskan risiko potensi interaksi obat-obatan tersebut.

Medications merupakan aplikasi yang secara otomatis akan muncul di ponsel jika kamu mengunduh pembaruan iOS 16 pada musim gugur 2022, dan itu juga merupakan bagian dari pembaruan OS9 di Watch. Selain itu, ada aplikasi medications tracker gratis lain yang tersedia, seperti Medisafe Medication Manager di peringkat teratas, tetapi Medications akan muncul dalam aplikasi Health.

BACA JUGA:

Aksesibilitas AED di Tempat Publik Dapat Selamatkan Nyawa

Apakah pencatat obat berbasis teknologi dapat sungguh-sungguh membantu? Para ahli mengatakan iya. “Kepatuhan terhadap pengobatan adalah masalah nyata,” kata associate redaktur pelaksana Emily Ferguson, RN di MCG kepada Prevention (30/6).

medication tracker
Kamu dapat menunjukkan seberapa sering minum obat, dan dapat mengatur pengingat jika mau. (Twitter/@appleinsider)

Hingga 50 persen orang tidak minum obat sesuai resep, menurut penelitian di Annals of Internal Medicine, dan 62 persen orang dengan kondisi kronis, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, lupa minum obat. Menurut Ferguson, ada banyak bukti yang muncul yang menunjukkan keberhasilan dengan pengingat pencatat digital.

"Banyak orang menggunakan begitu banyak obat yang berbeda sehingga sulit untuk mengingat nama dan dosis obat. Catatan tersebut juga tersedia untuk dibagikan dengan dokter baru atau jika ada keadaan darurat dan mereka harus menemui penyedia baru," kata Ferguson.

“Menyimpan nama dan kemungkinan interaksi di ponsel dan jam tangan mereka adalah alat yang hebat untuk mencegah orang meminum suatu obat yang mungkin berinteraksi dengan obat lain, terutama jika diresepkan obat baru atau mungkin dengan obat bebas baru,” dia menambahkan.

"Bagi sebagian orang, kotak pil masih akan menjadi solusi terbaik, tapi ponsel kita seharusnya bisa mencatat obat untuk kita. Sangat mudah untuk mulai menggunakan Medications dan tetap menggunakannya," kata COO Apple Jeff Williams kepada Prevention.

Cara menggunakan aplikasi

medication tracker
Eksekutif Apple menjelaskan bahwa informasi kesehatan bersifat pribadi saat kamu menggunakan Medications. (Twitter/@appleinsider)

Di app Health, kamu dapat menelusuri dan memilih Medications, lalu mulai memasukkan obat dan suplemen yang dikonsumsi. Kamu dapat mulai mengetikkan nama yang akan dicari, atau dapat mengambil foto label atau kotak obat agar aplikasi dapat melacaknya.

Selanjutnya, kamu akan menunjukkan seberapa sering minum obat, dan dapat mengatur pengingat jika mau. Jika kamu memiliki Apple Watch, bisa mendapatkan pengingat di sana, dan mengatur tampilan Watch untuk melihat jadwal pengobatan dengan mudah.

Saat minum obat, kamu dapat mencatatnya, sehingga dapat dengan mudah melihat ke belakang dan mengecek riwayat pengobatan.

Medications memungkinkan kamu untuk memasukkan resep dan obat-obatan Over The Counter (OTC) atau yang diperoleh secara bebas tanpa resep dokter, serta vitamin dan suplemen.

Ketika menambahkan obat baru (hanya di AS), kamu dapat menerima peringatan jika ada interaksi penting dengan obat yang sudah dimasukkan. Fitur ini akan menunjukkan interaksi antara obat resep serta antara obat resep, obat OTC, dan banyak suplemen umum.

Eksekutif Apple menjelaskan bahwa informasi kesehatan bersifat pribadi saat kamu menggunakan Medications. "Banyak orang berpikir bahwa Apple memiliki banyak data tentang mereka, tetapi kenyataannya adalah data dienkripsi pada perangkat," kata Williams.

Ketika menggunakan aplikasi ini, ada dua hal yang perlu diketahui. Pertama, pengisian data saat pengaturan sangat penting. "Semakin banyak kamu memasukkan pelacakan, semakin besar gambaran yang mungkin kamu miliki tentang kebiasaan kesehatanmu saat ini," kata Ferguson.

Aplikasi Medications khususnya dapat membantu kamu mengidentifikasi interaksi dengan lebih baik jika meluangkan waktu untuk merekam semua yang kamu minum.

Kedua, kamu dapat menggunakannya untuk berbicara dengan dokter. Meskipun tidak perlu mendapatkan izin dokter sebelum mulai menggunakan pelacakan elektronik, Ferguson mengatakan, hal itu akan membantu dokter untuk mengetahui alat apa yang kamu gunakan.

Medications dapat menjadi alat yang berguna untuk mendiskusikan apa yang kamu pakai pada kunjungan berikutnya.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fesyen ala 90an di Drama 'Twenty Five Twenty One'
Fashion
Fesyen ala 90an di Drama 'Twenty Five Twenty One'

gaya fesyen 90an di Twenty Five Twenty One patut ditiru nih!

Desa Beleka, Sentra Anyaman Rotan Nan Mendunia
Hiburan & Gaya Hidup
Desa Beleka, Sentra Anyaman Rotan Nan Mendunia

Desa Beleka merupakan salah satu pusat anyaman rotan yang mendunia

Tuksedo Studio Tampilkan Mobil Klasiknya di IIMS Hybrid 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Tuksedo Studio Tampilkan Mobil Klasiknya di IIMS Hybrid 2022

Tuksedo Studio membawa beberapa koleksi mobilnya di IIMS Hybrid 2022. Bengkel asal Bali ini merupakan spesialis restorasi replika mobil klasik.

Putih Abu-Abu Rilis Cover 'Butterfly' untuk Penggemar
ShowBiz
Putih Abu-Abu Rilis Cover 'Butterfly' untuk Penggemar

Putih Abu-Abu beberapa kali menyanyikan ulang lagu Melly Goeslaw.

'High Class', Drama Korea yang Bikin Panas Netizen
ShowBiz
'High Class', Drama Korea yang Bikin Panas Netizen

Konflik di drama Korea High Class dijamin bikin penonton geram.

Olah Sisa Makanan Jadi Hidangan Lezat
Fun
Olah Sisa Makanan Jadi Hidangan Lezat

Buang makanan sama saja dengan buang rezeki lho, ayo olah lagi.

Artwork Album ‘Certified Lover Boy’ Drake Dijadikan NFT
Fun
Artwork Album ‘Certified Lover Boy’ Drake Dijadikan NFT

NFT untuk artwork Certified Lover Boy dari Drake bernilai Rp 585 miliar.

Bijak Konsumsi Minuman Energi saat Perjalanan Mudik Lebaran
Fun
Bijak Konsumsi Minuman Energi saat Perjalanan Mudik Lebaran

Konsumsi minuman energi harus dilakukan dengan bijak.

YouTube Berencana Tingkatkan Pengalaman Podcast
Fun
YouTube Berencana Tingkatkan Pengalaman Podcast

Perusahaan telah membuka lowongan untuk seorang eksekutif yang akan mengawasi bisnis podcastingnya.

Kontrak Berakhir, NU'EST Putuskan Mengakhiri Aktivitas Grup
ShowBiz
Kontrak Berakhir, NU'EST Putuskan Mengakhiri Aktivitas Grup

Kontrak para anggota NU'EST akan berakhir pada 14 Maret.