Kesehatan

Cara Kerja Medications Tracker, Aplikasi Baru dari Apple

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 04 Juli 2022
Cara Kerja Medications Tracker, Aplikasi Baru dari Apple
Medications adalah aplikasi yang secara otomatis akan muncul di ponsel jika kamu mengunduh pembaruan iOS. (Twitter/@appleinsider)

APPLE akan meluncurkan aplikasi medications tracker untuk iPhone dan Watch untuk membantu orang mengatur obat resep dan nonresep mereka, pengingat untuk meminumnya, dan menjelaskan risiko potensi interaksi obat-obatan tersebut.

Medications merupakan aplikasi yang secara otomatis akan muncul di ponsel jika kamu mengunduh pembaruan iOS 16 pada musim gugur 2022, dan itu juga merupakan bagian dari pembaruan OS9 di Watch. Selain itu, ada aplikasi medications tracker gratis lain yang tersedia, seperti Medisafe Medication Manager di peringkat teratas, tetapi Medications akan muncul dalam aplikasi Health.

BACA JUGA:

Aksesibilitas AED di Tempat Publik Dapat Selamatkan Nyawa

Apakah pencatat obat berbasis teknologi dapat sungguh-sungguh membantu? Para ahli mengatakan iya. “Kepatuhan terhadap pengobatan adalah masalah nyata,” kata associate redaktur pelaksana Emily Ferguson, RN di MCG kepada Prevention (30/6).

medication tracker
Kamu dapat menunjukkan seberapa sering minum obat, dan dapat mengatur pengingat jika mau. (Twitter/@appleinsider)

Hingga 50 persen orang tidak minum obat sesuai resep, menurut penelitian di Annals of Internal Medicine, dan 62 persen orang dengan kondisi kronis, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, lupa minum obat. Menurut Ferguson, ada banyak bukti yang muncul yang menunjukkan keberhasilan dengan pengingat pencatat digital.

"Banyak orang menggunakan begitu banyak obat yang berbeda sehingga sulit untuk mengingat nama dan dosis obat. Catatan tersebut juga tersedia untuk dibagikan dengan dokter baru atau jika ada keadaan darurat dan mereka harus menemui penyedia baru," kata Ferguson.

“Menyimpan nama dan kemungkinan interaksi di ponsel dan jam tangan mereka adalah alat yang hebat untuk mencegah orang meminum suatu obat yang mungkin berinteraksi dengan obat lain, terutama jika diresepkan obat baru atau mungkin dengan obat bebas baru,” dia menambahkan.

"Bagi sebagian orang, kotak pil masih akan menjadi solusi terbaik, tapi ponsel kita seharusnya bisa mencatat obat untuk kita. Sangat mudah untuk mulai menggunakan Medications dan tetap menggunakannya," kata COO Apple Jeff Williams kepada Prevention.

Cara menggunakan aplikasi

medication tracker
Eksekutif Apple menjelaskan bahwa informasi kesehatan bersifat pribadi saat kamu menggunakan Medications. (Twitter/@appleinsider)


Di app Health, kamu dapat menelusuri dan memilih Medications, lalu mulai memasukkan obat dan suplemen yang dikonsumsi. Kamu dapat mulai mengetikkan nama yang akan dicari, atau dapat mengambil foto label atau kotak obat agar aplikasi dapat melacaknya.

Selanjutnya, kamu akan menunjukkan seberapa sering minum obat, dan dapat mengatur pengingat jika mau. Jika kamu memiliki Apple Watch, bisa mendapatkan pengingat di sana, dan mengatur tampilan Watch untuk melihat jadwal pengobatan dengan mudah.

Saat minum obat, kamu dapat mencatatnya, sehingga dapat dengan mudah melihat ke belakang dan mengecek riwayat pengobatan.

Medications memungkinkan kamu untuk memasukkan resep dan obat-obatan Over The Counter (OTC) atau yang diperoleh secara bebas tanpa resep dokter, serta vitamin dan suplemen.

Ketika menambahkan obat baru (hanya di AS), kamu dapat menerima peringatan jika ada interaksi penting dengan obat yang sudah dimasukkan. Fitur ini akan menunjukkan interaksi antara obat resep serta antara obat resep, obat OTC, dan banyak suplemen umum.

Eksekutif Apple menjelaskan bahwa informasi kesehatan bersifat pribadi saat kamu menggunakan Medications. "Banyak orang berpikir bahwa Apple memiliki banyak data tentang mereka, tetapi kenyataannya adalah data dienkripsi pada perangkat," kata Williams.

Ketika menggunakan aplikasi ini, ada dua hal yang perlu diketahui. Pertama, pengisian data saat pengaturan sangat penting. "Semakin banyak kamu memasukkan pelacakan, semakin besar gambaran yang mungkin kamu miliki tentang kebiasaan kesehatanmu saat ini," kata Ferguson.

Aplikasi Medications khususnya dapat membantu kamu mengidentifikasi interaksi dengan lebih baik jika meluangkan waktu untuk merekam semua yang kamu minum.

Kedua, kamu dapat menggunakannya untuk berbicara dengan dokter. Meskipun tidak perlu mendapatkan izin dokter sebelum mulai menggunakan pelacakan elektronik, Ferguson mengatakan, hal itu akan membantu dokter untuk mengetahui alat apa yang kamu gunakan.

Medications dapat menjadi alat yang berguna untuk mendiskusikan apa yang kamu pakai pada kunjungan berikutnya.(aru)

#Kesehatan #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan