Cara Jitu TNI Polri Deteksi Ancaman Teror Pembukaan Asian Games Persiapan jelang pembukaan Asian Games 2018. MP/Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - TNI Polri bersiaga penuh mengantisipasi ancaman teror saat pembukaan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (18/8) malam WIB.

Pembukaan Asian Games 2018 dimulai pada pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB. Pintu masuk untuk menuju SUGBK yang bisa menyaksikan pembukaan Asian Games 2018 dibuka sejak pukul 15.00 WIB.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengatakan sejauh ini belum ada ancaman terorisme terkait pembukaan Asian Games 2018. Ia menjelaskan sudah mempunyai metode untuk mencegah aksi terorisme dan kejahatan selama pembukaan Asian Games 2018.

kapolri
Kapolri Tito Karnavian (kanan) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau pengecekan terakhir persiapan keamanan upacara pembukaan Asian Games 2018. (BolaSkor.com/Istimewa)

""Kami membagi empat ring. Ring satu di dalam GBK berlaku protap bernama Waskita. Itu ada Panglima TNI dan Paspamres, karena di situ akan ada bapak Presiden (Jokowi) dan juga tamu-tamu mancanegara lainnya. Unsur dari Kepolisian ada juga di ring satu dengan status BKO (bantuan). Ring dua di luar dari gedung GBK, dimulai dari lintasan lari," ungkap Tito, dikutip dari BolaSkor.com.

"Ring tiga itu seputaran Senayan di luar ring lari. Ring empat di luar dari lingkungan GBK seperti Jalan Gerbang pemuda, Jalan Asia Afrika Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Sudirman termasuk peralihan arus," imbuh jenderal polisi bintang empat itu.

penonton
Suasana pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). (MP/Rizki Fitrianto)

"Tentang terorisme, sampai saat ini kami belum melihat adanya ancaman terorisme. Kita sudah melakukan kegiatan-kegiatan sebelumnya, ada sekitar 320 yang sudah kita tangkap pasca kejadian Mako Brimob. Untuk kejahatan kejahatan lainnya kita sudah antisipasi. Untuk ring 2 kita cover dengan 300 CCTV. Jadi kita akan tahu siapa yang lewat, siapa namanya, dan alamat rumahnya di mana. Kita merekamnya di atas satu bulan selama Asian Games. Kalau ada apa-apa kita bisa melihat rekaman ke belakang. Termasuk data-data pelaku kejahatan sudah kami masukan, jadi kami bisa deteksi."

Pada pembukaan Asian Games 2018, turut dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta tamu mancanegara. Acara juga dimeriahkan oleh beberapa artis ternama Indonesia, salah satunya Via Valen yang menyanyikan theme song Asian Games 2018. (*/BolaSkor.com)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH