Cara Jitu Tangani Anak yang Sedang Demam Jangan panik saat anak demam (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

BUNDA, jangan panik dulu kalau anak terkena demam. Karena kalau kamu panik, bukannya sembuh, demam anakmu itu bisa tambah parah. Cara kamu menyikapi anak yang terkena demam mempengaruhi kesembuhannya. Karena si kecil sangat bergantung dengan bunda.

"Kalau orangtua rewel dan panik, suhu anak malah bisa tambah naik," ujar Psikolog Anak, Jovita Ferliana, M.Psi dalam acara peluncuran Hansaplast Cooling Fever di Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Baca juga:

Wajarkah Menyukai Orang Lain saat Masih Menjalin Hubungan?

Menurut Jovita, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika anak demam. Pertama, bunda harus kasih sentuhan kasih sayang kepada si kecil. Seakan anak kamu tidak mengalami demam sama sekali. Coba deh bunda sapa si kecil dengan sapaan sayang.

Bunda jangan panik saat anak demam (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)
Bunda jangan panik saat anak demam (Foto: Pixabay/Myriams-Fotos)

Kemudian, bunda harus berikan rasa empati. Tenangkan dia, jangan sampai si kecil merasa mengalami demam sendirian. Bunda harus selalu ada di sampingnya. "Berikan pelukan di usap bagian punggung bilang 'Tenang ya, mama ada buat dede'," papar Jovita.

Lalu, yang paling penting, bunda harus mengalihkan perhatiannya dari rasa sakitnya. Supaya si kecil lupa dengan rasa demamnya itu, bunda bisa mencoba menceritakan tokoh kartun yang disukai si kecil. Biarkan di kecil terlarut dengan cerita bunda.

Baca juga:

Bunda, Kamu Tipe Hamil yang Mana?

Nah, bercerita ketika si kecil demam seperti 'menyelam sambil minum air'. Soalnya, di samping bunda membuat si kecil lupa dengan demam yang dirasakan. Tanpa disadari bunda juga memberikan manfaat untuk si kecil dengan mengembangkan kemapuannya. Si kecil jadi mengasah kemampuan bicara, mendengar, dan berimajinasi melalui cerita bunda.

Buat si kecil lupa akan demamnya (Foto: MP/Ikhsan Digdo)
Buat si kecil lupa akan demamnya (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

"Kalau kita menceritakan sesuatu, kita malah bisa meningkatkan kreativitas mereka. Bisa melatih memori, bahasa, dan empatinya," imbuhnya.

Bagi bunda yang baru pertama kali menjadi seorang ibu. Ada ciri-ciri umum yang bisa bunda lihat ketika si kecil demam. Jika biasanya aktif, tiba-tiba si kecil akan merasa lemas dan lesu. Si kecil juga akan bertingkah seperti tidak biasanya, misalnya kolokan.

Baca juga:

Deretan Zodiak yang Paling ‘Kepo’ Urusan Orang Lain, Kamu Termasuk?

Bunda bisa memberikan pertolongan pertama ke anak. Caranya dengan memberikan hansaplast cooling fever. Produk ini berupa plester berukuran sedang yang digunakan sebagai kompresan. Tempelkan produk ini di dahi si kecil.

Pokoknya, bunda jangan pernah panik kalau si kecil kena demam. Tapi, kalau bunda sudah terlanjur panik. Tenangkan diri bunda sejenak. Supaya bunda bisa berpikir jernih untuk mencari solusi mengatasi demam anak. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH