Ramadan 2019

Tips Jitu Atasi Anak Rewel Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 31 Mei 2019
Tips Jitu Atasi Anak Rewel Selama Perjalanan Mudik Lebaran
Ada beberapa tips jitu agar anak tidak rewel saat mudik lebaran (foto: mysouthernhealth)

PADA saat perjalanan mudik lebaran membawa si kecil, jika dia rewel tentunya perjalanan akan terasa tak nyaman. Apalagi jika perjalanan mudik kamu cukup jauh.

Namun kamu tak perlu bingung, karena ada beberapa cara jitu untuk mengatasinya. Salah satunya ialah dengan memastikan si kecil merasa kenyang sebelum memulai perjalanan.

Dalam hal ini, ketika Ibu bepergian menggunakan mobil, sebaiknya pastikan si kecil duduk di car seat atau kursi mobil khusus anak. Lalu pastikan pula pengamannya si kecil sudah duduk dalam posisi yang benar dan pengamannya telah terpasang.

Pastikan si kecil menggunakan sabuk pengaman dan dalam kondisi duduk yang benar (foto: edgarsynder)

Tapi, apabila si kecil sudah merasa mulai tidak nyaman atau mabik perjalanan, segeralah menepi sejenak agar si kecil dapat rileks kembali dan tidak rewel.

Tips selanjutnya, jika Ibu menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus, gunakanlah sabuk pengaman. Jangan kamu biarkan si kecil merangkak atau berjalan disekitar kursi disaat kendaraan tengah bergerak. Jaga selalu si kecil agar ia tetap diduduk di pangkuan Ibu.

Jangan lengah dalam mengawasi si kecil selama perjalanan (foto: lufthansa)

Sementara untuk para ibu yang mudik menggunakan pesawat, sebaiknya memilih jadwal penerbangan paling pagi. Karena pada jam tersebut, kondisi pesawat tak terlalu ramai, dan anak-anak biasanya lebih banyak tidur.

Namun perlu juga diwaspadai jika si kecil daya tahan tubuhnya kurang fit. Karena biasanya anak kecil rentan sakit, masuk angin, perut kembung serta flu.

Bawa obat untuk kesehatan si kecil untuk mengatasi jika daya tahan tubuh si kecil menurun (Foto: advancepediatricassociates)

Bila hal itu terjadi, kamu bisa mengatasi rasa tak nyaman yang dirasakan si kecil, dengan cara mengoleskan balsam bayi, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Di mana balsam bayi dapat memberikan efek relaksasi guna membantunya tidur lebih nyenyak, serta pernapasannya menjadi lega, khususnya jika si kecil tengah mengalami gejala flu atau pilek.

Baca juga:

Catat! Ini Tips Ampuh Mengontrol Kadar Kolestrol Selama Lebaran

Dalam pemilihan balsam juga perlu diperhatikan, pilihlah yang mengandung bahan alami sepertiekstrak chamomile dan eucalyptus. Sebaiknya hindari balsam yang menggunakan wewangian sintetis serta alkohol. Karena hal itu bisa menyebabkan iritasi pada kulit si kecil.

Akan tetapi, jika si kecil masih juga rewel dan tak nyaman usai diberikan balsem bayi, sebaiknya berkonsultasi pada dokter anak terdekat. (Ryn)

#Idul Fitri #Tips Lebaran #Ramadan 2019 #Tips Mudik
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan