Cara Jitu Jokowi Tangkis Serangan Presiden Anti Ulama

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 19 Desember 2018
Cara Jitu Jokowi Tangkis Serangan Presiden Anti Ulama
Pengasuh Pondok Pesantren Girikesumo, K.H. Munif Muhammad Zuhri menyambut kunjungan Presiden Jokowi di pesantren tersebut (Foto: BPMI Setpres)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sampai terheran-heran karena kerap dianggap dan diisukan anti ulama. Padahal, Capres petahana nomor urut 01 itu merasa sangat dekat dengan para ulama di Tanah Air.

"Presiden itu anti ulama. Lho...lho...lho... saya itu masuk ke pondok pesantren berapa kali, hari ini dengan ulama," kata Jokowi, saat berpidato dalam acara Deklarasi Akbar Ulama Madura Bangkalan, Rabu (19/12), yang digelar di Gedung Serba Guna Rato Ebuh, Bangkalan.

jokowi ulama
Presiden Jokowi bersama santri. Foto;setkab.go.id

Di hadapan hadirin dalam acara yang mengundang sederet ulama Madura itu, Presiden berupaya menepis berbagai isu yang kerap menerpa dirinya termasuk soal anti-ulama. Jokowi dalam kunjungannya ke Jawa Timur dalam waktu sehari saja misalnya berkeliling keluar masuk pondok pesantren di wilayah Jombang.

Jokowi menuturkan bersilaturahmi dengan pimpinan, pengasuh, dan santri di Pesantren Darul 'Ulum, Pesantren Tebuireng, Pesantren Denanyar, dan Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas. "Dan yang menerbitkan Keppres Hari Santri tanggal 22 Oktober itu siapa?" tanya Presiden di hadapan hadirin yang dihadiri sederet ulama dari seluruh Madura itu.

Menurut Jokowi, jika dirinya anti-ulama maka tidak mungkin ia akan dengan gampang menandatangani Keppres tersebut, "Lho kalau kita anti ulama enggak mungkin ada Hari Santri," katanya, dilansir Antara.

ma'ruf amin
Cawapres nomor 01 Ma'ruf Amin. (MP/Fadhli)

Atas dasar itu, Jokowi merasa perlu mengkonfirmasi isu-isu negatif yang beredar tentang hubungannya dengan ulama. "Dan juga wakil presiden. Kita milih saja wakil presiden KH Prof Ma'ruf Amin. Beliau Ketua MUI. Beliau juga Rais Aam di NU. Lah kok dibalik-balik. Ini kan dibalik-balik namanya. Kalau enggak saya jawab, dibolak-balik lagi," imbuh Kepala Negara. (*)

#Pilpres 2019 #Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan