Cara Jitu Ini Ampuh Tepis Rasa Kantuk Saat Mudik Dengan Kendaraan Pribadi Cegah rasa kantuk dengan berbagai tips jitu (Foto: pixabay/tookapic)

SAAT perjalanan mudik menggunakan mobil atau sepeda motor pribadi, rasa kantuk merupakan musuh terbesar para pemudik.

Bagaimana tidak, jika rasa kantuk telah melanda, akan sangat berbahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain. Karena jika kamu tertidur sepersekian detik saja saat berkendara, bisa bakibat fatal, bahkan nyawa taruhannya.

Mengingat hal tersebut, seperti yang dilansir dari laman Go Dok, ada beberapa tips untuk menepis rasa kantuk disaat perjalanan mudik.

Cara yang pertama yaitu, sebelum kamu berangkat, tidurlah lebih dahulu sekitar 10-45 menit. Hal ini sangat penting untuk mencegah kantuk, khusunya untuk kamu yang melakukan perjalanan cukup jauh.

Lakukan istirahat 2 jam sekali, cari tempat yang nyaman (foto: pixabay/fancycrave1)

Setelah itu cara yang kedua ialah beristirahat sebanyak 2 jam sekali, jika waktu tempuh perjalanan kamu lebih dari 2 jam. Kamu bisa beristirahat pada rest area, restoran, masjid, pom bensin dan tempat istirahat lainnya Hal itu guna menjaga tubuh kamu agar tetap fit untuk berkendaran melanjutkan perjalanan mudik.

Ketiga, jangan mendengarkan musik dengan nada yang mononton, karena akan membuat kamu semakin mengantuk. Jangan lupa juga menyediakan air mineral untuk pelepas rasa haus, sekaligus untuk membasuh wajah disaat kamu mulai mengantuk.

Lalu cara yang keempat ialah hindari mengonsumsi makanan mengandung lemak dan karbohidrat saat mengemudi. Hal itu lantaran lemak dan karbohidrat bisa memicu datangnya kantuk.

Hindari makanan-makanan berlemak saat kamu berkendara (Foto: pixabay/pasja1000)

Disarankan kamu mengonsumsi buah, biskuit ataupun snack. Selain itu, kamu juga harus menghindari konsumsi alkohol, kafein dan juga stimulan lainnya. Karena minuman tersebut bisa menggangu konsentrasi ketika mengemudi. Cara paling bagus ialah dengan mengonsumsi air mineral.

Membuka kacam mobil bisa membuat kamu jadi lebih segar (Foto: pixabay/pexels)

Selanjutnya cara yang kelima ialah membuka kaca jendela dan mematikan AC mobil, disaat kamu mulai mengantuk. Karena sirkulasi udara buruk didalam kendaraan, menjadi salah satu faktor kamu mengantuk. Dengan kaca jendela terbuka, udara segar diluar mobil akan membuatmu jadi lebih segar kembali.

Baca juga:

Bantal Leher Ternyata Memiliki Efek Samping, Ini Penjelasan Dokter

Nah itu dia beberapa cara jitu untuk menepis rasa kantuk disaat perjalanan mudik kamu. Semoga bermanfaat yah guys. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH