Kesehatan

Cara Jitu Agar Tidak Makan Berlebihan saat Mager di Rumah

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 22 Februari 2022
Cara Jitu Agar Tidak Makan Berlebihan saat Mager di Rumah
Selama dirumah kebanyakan orang mengidam makanan yang tidak sehat. (Foto: Pexels/Andres Ayrton)

GODAAN terbesar ketika malas gerak atau mager di rumah ialah makan berlebihan. Makanan ringan, cokelat, dan minuman manis itu benar-benar kombinasi sempurna untuk jadi teman ketika rebahan. Alhasil, berat badan bertambah dan paling buruknya berbagai macam penyakit mengintai.

Dr. Rohini Patil, spesialis di bidang Diet dan Nutrisi mengatakan gaya hidup seperti ini tidak sehat. Kunci untuk menghindari gaya hidup seperti ini menurut Patil ialah sabar. Itu berarti, jangan langsung mudah untuk menyantap berbagai camilan ketika mager di rumah.

Baca Juga:

Lapar saat Tengah Malam? 5 Makanan Ini Aman untuk Cemal-cemil

Selain itu, seperti yang dimuat di laman Pinkvilla, cara berikut ini ampuh agar kamu terhindar dari kebiasaan makan tidak sehat ketika mager di rumah, misalnya:

1. Minum lebih banyak air

Kamu hanya haus. (Foto: Pexels/Greg Rosenke)

Jika kamu membutuhkan atau menginginkan makanan, tahan dan minumlah segelas air. Setelah minum, kamu akan sadar bahwa sebenarnya kamu hanya haus. Kamu hanya membutuhkan segelas air ketimbang menghabiskan berbungkus-bungkus keripik kentang.

2. Pilih camilan bergizi

Utamakan camilan bergizi. (Foto: pexels/Trang Doan)

Keinginan ngemil tidak tertahan? Tidak masalah untuk ngemil ketika mager, dengan catatan pilih camilan bergizi. Manfaat mengonsumsi camilan bergizi ialah bisa memenuhi rasa lapar kamu. Ganti keripik kentangmu dengan popcorn tawar untuk memenuhi kebutuhan rasa asin.

Saat kamu menginginkan permen, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan kering. Kamu juga bisa mengganti ubi jalar yang rendah kalori dan tinggi serat untuk camilan kentang gorengmu. Jika kamu mendambakan eskrim, jadikan Yoghurt dengan campuran buah-buahan sebagai alternatif.

3. Perbanyak konsumsi protein

Memperbanyak makanan yang mengandung protein agar kenyang lebih lama. (Foto: Pexels/Malidate Van)

Protein dapat membantu mengurangi keinginan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Tidak hanya itu, protein juga mencegah makan berlebih dan akan membuat kamu kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Mengonsumsi protein saat diet dapat membantu kamu mengekang nafsu makan dan menghindari makan berlebihan. Hal ini juga dapat mengurangi keinginan mengidam dan membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga:

Martabak, Camilan Lezat Paling Laris di Malam Hari

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat. (Foto: pexels/nastasiya Vragova)

Kurang tidur membuat tubuh menginginkan makanan tidak sehat tinggi kalori seperti Junk Food. Kamu dapat mengurangi keinginan mengonsumsi makanan tidak sehat dengan mencukupi waktu tidur malam tiap harinya, yakni 7-8 jam perhari.

5. Membuat rencana makan

Agar kamu lebih teratur dan disiplin, persiapkan jadwal makanan yang akan kamu konsumsi selama seminggu. (Foto: pexels/Pew Nguyen)

Membuat perencanaan makan dapat membuat kamu terhindar dari godaan makan berlebihan. Kamu dapat membuat rencana makan untuk sehari atau bahkan minggu selanjutnya. Tulis dengan detail makanan apa yang akan kamu makan. Dengan rencana makan yang tertata rapi, kamu akan cenderung mengonsumsi makanan sehat dengan teratur. (pid)

Baca Juga:

Ngemil di Malam Hari Boleh kok, yang Penting ini Makanannya

#Kesehatan #Makanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan