Tetap Produktif Hingga Buka Puasa, Nih Jurusnya!

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 19 Mei 2018
Tetap Produktif Hingga Buka Puasa, Nih Jurusnya!
Tetap produktif selagi puasa. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

LELAH dan kantuk kerap melanda saat puasa. Akibatnya, produktivitas menurun. Kamu juga mungkin jadi malas menyelesaikan beberapa tugas.

Sejatinya, kamu bisa tetap produktif selama puasa. Apalagi ada banyak jurus untuk menjaga produktivitas meski kamu harus bangun lebih pagi untuk sahur dan hanya makan dua kali sehari. Hayo, sudah tahu jurusnya belum? Kalau belum, berikut jurus ampuh agar tetap produktif meski tengah berpuasa, seperti dilansir iStyle.

1. Buat daftar pekerjaan

Jangan lupa jaga produktivitas selama puasa. (Foto: Pixabay/Geralt)

Cara pertama adalah membuat daftar pekerjaan atau to do list yang harus kamu lakukan dalam sehari. To do list tersebut memudahkan kamu menjaga produktivitas dan mencapai target harian. Daftar sebaiknya dibuat dari mulai tugas paling penting dan berat di pagi hari.

Energimu sudah pasti lebih besar di pagi hari. Setelah itu lanjutkan dengan tugas ringan menjelang buka puasa.

2. Absen begadang

Selama puasa, absen begadang dulu. (Foto: Pixabay/Tivistar)

Jam tidurmu tentu akan berubah drastis saat puasa karena harus bangun sahur pada dinihari. Karena itu, jangan sia-siakan waktu tidur anda untuk begadang. Tidur cukup agar kamu bisa bangun untuk sahur dan kerja dalam kondisi bugar. Untuk sementara waktu, urungkan niat lembur, nonton bola atau film hingga larut malam.

3. Minum air putih ketika sahur

Minum air putih saat sahur. (Foto: Pixabay/Congerdesign)

Jangan anggap remeh air putih, pasalnya kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tetap fi ketika berpuasa dengan minum air putih yang banyak. Salah satu waktunya adalah ketika sahur. Karena hal itu akan berguna untuk mempersiapkan badan kamu agar bisa kuat menjalani puasa.

4. Disiplin dan fokus kerja

Tetap disiplin selama puasa. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Salah satu cara agar produktif saat berpuasa yaitu displin, seperti halnya tak menunda pekerjaan. Fokus selesaikan pekerjaan sesuai tenggat agar produktivitas kerja tetap terjaga. Jangan bebani pikiran kamu dengan pekerjaan yang telah tertunda. Hal ini dapat membuat puasamu menjadi terasa lebih berat dari biasanya.

5. Manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang

Sempatkan tidur siang selama puasa. (Foto: Pixabay/Weeghdesign)

Beberapa perusahaan memang meniadakan jam istirahat selama Ramadan. Apabila kantormu tidak memberlakukan aturan ini, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang. Saat puasa, kantuk biasanya menghantui pada jam-jam genting, sejak pukul 12 siang hingga waktu pulang. Agar terhindar dari kantuk pada jam-jam tersebut, kamu sebaiknya tidur siang 10 hingga 15 menit di waktu istirahat. Jangan lupa nyalakan alarm supaya tidaknya enggak kebablasan.

Nah, kamu sekarang sudah tahu jurus jitu agar tetap produktif selama puasa. Selamat mencoba! (ryn)

Simak juga yuk artikel menarik yang lainnya Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa, Jangan Banyak Tidur!

#Puasa #Tips Puasa #Menu Buka Puasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan