Cara Hemat saat Liburan ke Luar Negeri Liburan ke luar negeri tak selalu boros. (Foto: Pixabay/SplitShire)

LIBURAN memang tidak bisa lepas dari belanja. Apalagi jika barang tersebut hanya ada di negara yang kamu tuju. Salah prediksi biaya transportasi juga seringkali membuat pengeluaran bengkak seketika. Bisa-bisa kamu pulang dalam keadaan kantung kering.

Menyambangi negara lain yang budayanya jauh berbeda juga perlu banyak adaptasi. Kamu tentunya harus mengikuti segala aturan yang ada di negara tersebut.

Baca juga:

Waspada! Lakukan ini Sebelum Pergi Liburan

Melansir laman telegraph, liburan ke luar negeri tetap bisa hemat dan menyenangkan. Bujet seperti tiket pesawat, biaya hidup dan tarif transportasi di negara tersebut harus kamu prediksi terlebih dahulu.

Sebaiknya kamu membuat itinerary atau daftar tempat yang ingin kamu kunjungi selama liburan di sana. Tujuannya tentu saja agar tidak ada biaya tambahan di luar ketetapan yang sudah kamu buat sebelum berangkat. Simak tips dan trik berikut ini.

1. Beli tiket dari jauh hari

Cara Hemat saat Liburan ke Luar Negeri
Jangan beli tiket di musim liburan. (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Usahakan untuk membeli tiket jauh sebelum tanggal keberangkatan. Selain harganya lebih murah, biasanya ada promo mendadak yang jarang diketahui banyak orang. Hindari membeli tiket di musim liburan karena harganya sudah pasti melonjak naik.

2. Searching!

Cara Hemat saat Liburan ke Luar Negeri
Cari tahu seluruh informasi mengenai negara yang ingin dituju. (Foto: Pixabay/Monoar)

Jangan malas untuk mencari tahu informasi mengenai negara yang akan kamu tuju. Prediksi biaya hidup di tempat tersebut termasuk tarif transportasi yang berlaku. Jalan kaki saat berpergian tentu saja lebih hemat apabila jarak tempuh tempat wisata dan hotel kamu menginap berdekatan.

Baca juga:

4 Makanan Jalanan Paling 'Hits' di Kawasan Asia Tenggara

3. Pasar tradisional

Cara Hemat saat Liburan ke Luar Negeri
Beli oleh-oleh di pasar tradisional. (Foto: Pixabay/Glavo)

Keluarga meminta oleh-oleh? Belanja lah di pasar tradisional. Hindari belanja di mal karena harganya pasti jauh lebih mahal. Barang yang tersedia di pasar tradisional pun jauh lebih banyak daripada di mal.

Kamu juga bisa sambil melihat sekeliling kota dan meminta bantuan orang lokal untuk mendapatkan diskon dari penjual.

4. Bawa persediaan obat

Cara Hemat saat Liburan ke Luar Negeri
Sediakan obat cadangan. (Foto: Pixabay/qimono)

Sebaiknya kamu cek kesehatan dan meminta resep obat dari dokter. Lebih baik membawa persediaan daripada harus membeli obat-obatan di negara lain. Harganya sudah pasti lebih mahal dan kamu belum tentu cocok dengan kandungan yang ada di dalamnya. (Mar)

Baca juga:

Melancong ke Luar Negeri dengan Biaya Minim? Tetap Bisa Kok



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH