Cara Haykal Kamil Survive di Bisnis Fashion Muslim saat Pandemi Haykal Kamil berhasil survive disaat bisnis fashion muslimnya sempat drop di awal pandemi (Foto: Instagram @haykalkamil)

PANDEMI COVID-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak cukup besar bagi berbagai lini bisnis, tak terkecuali di bisnis fesyen. Bahkan tak sedikit usaha terpaksa gulung tikar hingga memberhentikan karyawannya lantaran omset yang menurun drastis.

Bicara soal bisnis fesyen, salah satu pengusaha yang cukup merasakan dampak pandemi ialah Haykal Kamil. Aktor sekaligus enterpreneur tersebut begitu merasakan efek yang cukup signifikan pada bidang usahanya.

Baca Juga:

Jaga Kualitas dan Inovasi Cara Survive ala Dapur Cokelat

"Kalau soal dampak pandemi sih hampir semuanya yah saya rasa kena, termasuk di bisnis saya, istilahnya kita tidak rugi aja udah syukur," ucap Haykal saat dihubungi merahputih.com.

Saat sebelum pandemi COVID-19 melanda Tanah Air, bisnis fesyen Muslim ZMnow Haykal Kamil, sangat kuat dengan offline store-nya. Karena selain memiliki sejumlah offline store, Haykal juga bekerjasama dengan beberapa departemen store ternama di Indonesia.

ZMnow, bisnis fashion muslim yang dijalankan oleh Haykal Kamil (Foto: instagram @ZMNow_id)

Namun nasib nahas menimpa Haykal di awal pandemi. Adik dari aktris Zaskia Adya Mecca tersebut mendapat 10 orderan dalam jumlah besar dari sebuah departemen store ternama di Indonesia sebelum pandemi, namun di saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia, 8 orderan dibatalkan, dan hanya 2 orderan yang diterima. Dua orderan itu pun belum dibayar lunas.

"Luar biasa pas pandemi, udah dibatalin 8 orderan, dan sama mereka belum dibayar tapi udah diambil. Kita mau kesel tapi gimana yah, kita realistis juga, semua orang menghadapi situasi sulit seperti ini, saya bekerjasama 4-5 tahun mereka ga pernah separah ini, jadi okelah saya pikir saat ini kita harus fokus masing-masing aja," cerita Haykal.

Dari sanalah Haykal akhirnya memutuskan untuk menutup seluruh toko offline miliknya, serta memberhentikan kerjasama dengan departemen store.

"Akhirnya kita fokus hanya ke toko di online store, dan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, hanya itu yang kita fokuskan," jelas Haykal.

Cara tersebut dilakukan oleh Haykal Kamil untuk mentransformasikan seluruh offline store-nya ke online store. Meskipun sebelumnya sudah memiliki online store, tapi kali ini online store tidak lagi sekadar pelengkap, namun menjadi jadi toko yang utama.

Baca juga:

Diskon, Kunci 'Survive' Bisnis Jasa Foto di Masa Pandemi

Di tengah jumlah stok barang dalam jumlah besar yang menumpuk karena dibatalkannya orderan, Haykal Kamil memutar otak bagaimana agar orderan fesyen muslim yang menumpuk tersebut bisa terjual habis.

"Saya bilang ke tim ini situasi yang sangat sulit, target kita adalah gimana caranya bisa ngabisin barang yang ada di kantor (8 orderan dalam jumlah besar)," kata Haykal.

Hal pertama yang dilakukan oleh Haykal ialah memotong habis margin. Kedua yakni fokus, dalam hal ini fokus dengan toko online, dan menutup semua toko offline. Ketiga, Haykal menarik sejumlah karyawannya ke head office agar mereka bisa tetap berlanjut kerja.

Awalnya Haykal mengaku sangat bingung untuk tetap bisa mempekerjakan dan menggaji karyawannya. Karena di satu sisi, omset turun dratis. Karena di awal pandemi toko offline terbilang sangat-sangat sepi.

Akhirnya Haykal mencoba memberikan pengertian kepada karyawannya, dengan memberikan gaji sesuai dengan target penjualan online. Mendengar hal tersebut Haykal mengaku para karyawannya mengerti dan setuju dengan penawaran Haykal.

"Saat itu saya bilang ke karyawan bahwa saya tidak akan mem PHK karyawan atau mengurangi gaji, tapi dengan syarat mereka harus mencapai 100 persen target yang saya berikan, bila mereka hanya mencapai 80 persen ya maka mereka akan digaji 80 persen juga," ucap Haykal.

Haykal Kamil mencoba adaptif dengan menutup seluruh offline store dan fokus pada online store (Foto: pixabay/200degrees)

Setelah fokus pada penjualan online lewat e-commerce dan online store, target penjualan pun tercapai 100 persen. Haykal mengaku hal itu tak lepas dari karyawan yang semakin tumbuh rasa memilikinya. Karena, bila mereka tidak mencapai target, maka gaji mereka pun tidak akan dibayarkan full.

Di tengah fokus dengan bisnis online-nya, Haykal juga mengaku menggunakan Lenmarc ERP, sebuah software untuk mempermudah bisnis fesyennya. Dengan software tersebut Haykal lebih mudah untuk mengecek laporan stock barang, price list, penghitungan hutang dan pembayaran, PO, klaim barang, distribusi barang ke Gudang, hingga Retur.

Selain memfokuskan bisnisnya ke toko online, Haykal juga mengikuti tren dan kebutuhan konsumen di situasi saat ini, yaitu dengan memproduksi masker. Bagi Haykal keuntungan dari penjualan masker tersebut memang tidak terlalu besar, tapi setidaknya sudah berkontribusi untuk membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Untuk orang-orang yang tengah menghadapi masa sulit, Haykal menyampaikan sejumlah tips untuk bisa survive. Pertama yakni hadapi apapun masalah di masa sulit ini.

"Hadapi setiap masalah apapun, pas pandemi awal saya menghadapi kesulitan yang luar biasa, saya harus bertanggung jawab, seperti halnya saya harus komunikatif dengan seluruh orang yang punya hubungan bisnis dengan saya," jelas Haykal.

Dalam menghadapi masalah tersebut, Haykal memberikan surat terlebih dahulu pada orang-orang yang punya hubungan bisnis dengannya. Surat tersebut berisi permintaan maaf haykal dan permintaan kelonggaran pembayaran, karena situasi yang sedang sulit saat ini.

Menariknya, lebih dari 90 persen pihak yang Haykal kirimkan surat permintaan maaf dan permintaan kelonggaran pembayaran, sangat mengerti dengan situasi sulit akibat pandemi.

Meski demikian, Haykal tak menampik bila ada sebagian pihak yang ngotot meminta pembayaran langsung dan sebagainya. Tapi Haykal tetap tenang menghadapinya, dan mencoba meminta pengertian untuk tempo waktu pembayaran.

Bagi Haykal, dalam dunia bisnis kepercayaan sangat penting untuk dijaga. Selain itu, komunikasi juga harus tetap terjalin. Karena, bila menghilang di saat sulit dan ada sangkutan pembayaran, orang-orang tidak akan percaya dengannya. Bagi Haykal, kepercayaan ialah modal dasar dari sebuah transaksi dalam sebuah bisnis. Selain itu, penting juga untuk adaptif dengan keadaan. (Ryn)

Baca Juga:

Fresh Graduate 'Survive' Membangun Firm Arsitektur di Tengah Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bolen Lumer Bila Ikut Bantu Perekonomian Warga Lokal
Fun
Bolen Lumer Bila Ikut Bantu Perekonomian Warga Lokal

Ketika UKM bantu perekonomian warga lokal.

Resmi, 'Map of The Soul:7' Milik BTS Jadi Album Terbesar di Dunia
ShowBiz
Resmi, 'Map of The Soul:7' Milik BTS Jadi Album Terbesar di Dunia

Menjadi artis non-Inggris pertama yang mencapai posisi pertama.

'Black Panther 2' Tidak Gunakan Teknologi CGI Chadwick Boseman
Fun
'Black Panther 2' Tidak Gunakan Teknologi CGI Chadwick Boseman

Sosok Chadwick Boseman tak tergantikan oleh teknologi komputer.

Tips Merawat Mesin Mobil agar Lolos Uji Emisi Gas Buang
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Merawat Mesin Mobil agar Lolos Uji Emisi Gas Buang

Kenali langkah-langkah merawat mesin mobilmu agar lolos uji emisi gas buang

Buku Kuno Ini Bisa Membunuh Orang
Fun
Buku Kuno Ini Bisa Membunuh Orang

Sebuah buku Kuno dipercaya bisa mengakibatkan kematian bagi orang yang menyentuhnya.

Percepatan Ekonomi Digital Jadi Kunci Integrasi Inklusif Kawasan Asia Pasifik
Fun
Percepatan Ekonomi Digital Jadi Kunci Integrasi Inklusif Kawasan Asia Pasifik

Pentingnya mengoptimalkan pemanfaatan peluang digital bagi semua pihak.

Minta Maaf Bukan Sekadar Ucapan 'Sob'
Fun
Minta Maaf Bukan Sekadar Ucapan 'Sob'

Minta maaf yang benar dong caranya.

Menziarahi Monumen Musik Bawah Tanah Bandung Lewat Gelora; Magnumentary of Gedung Saparua
Hiburan & Gaya Hidup
Menziarahi Monumen Musik Bawah Tanah Bandung Lewat Gelora; Magnumentary of Gedung Saparua

Era 90-an menjadi puncak kegemilangan GOR Saparua, terutama bagi skena musik bawah tanah (Underground).

Taiwan Pimpin Transformasi Digital Dunia
Hiburan & Gaya Hidup
Taiwan Pimpin Transformasi Digital Dunia

Masih dalam tahap pengembangan dan penerapan strategi digital.

Kakak beradik Cliffton dan Vincent Rompies Rilis Lagu
ShowBiz
Kakak beradik Cliffton dan Vincent Rompies Rilis Lagu

Lagu 'Pasti Berlalu' bercerita tentang kerinduan dengan orang-orang terkasih.