Cara Daftar Ikut Mudik Gratis dari Kemenhub untuk Pengendara Motor  Perantauan asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah tiba di Terminal Giri Adi Pura. (MP/Isamail)

MerahPutih.com - Mengalihkan kepadatan pemudik dengan sepeda motor, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali mengadakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

Hal ini kembali diberlakukan Kemenhub, dimana pemudik sepeda motor ini sangat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga:

10.500 Pemudik Bakal Ikuti Program Mudik Gratis Kemenhub

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen Sartoto mengatakan, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini, sebagai bentuk pengenalan pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut dan dapat menjadi alternatif moda transportasi perjalanannya.

"Pada tahun ini diprediksi akan terjadi penambahan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi,” ujarnya, Senin (18/4).

Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis ini dibuka tanggal 18 April 2022 dan ditutup tanggal 24 April 2022. Pendaftaran melalui online yang dapat diakses melalui website : http://mudikgratis.dephub.go.id/.

“Sedangkan pendaftaran offline dan verifikasi data dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan kantor pusat Kementerian Perhubungan pada tanggal yang ditetapkan,” ungkap Capt Mugen.

Ada 2 armada kapal yang digunakan untuk mudik gratis ini yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang keduanya dioperasikan PT. Pelni. Kedua kapal tersebut merupakan kapal 3 in 1, kapal yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan.

Fasilitas di KM.Dobonsolo meliputi sarana ibadah, salon makan, cafetaria, theatre / hiburan, sarana permainan, dilengkapi lifeboat /sekoci, rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas, dan asuransi pelaksanaan mudik motor gratis.

“Kapasitas Masing-masing Kapal tersebut dapat mengangkut ±1.250 Unit Motor dan 2,500 penumpang,” ujar Capt Mugen.

Baca Juga:

Pendaftaran Peserta Mudik Gratis Kemenhub Ditutup 24 April

Adapun rute untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta – Semarang - Surabaya (Arus Mudik) dan Surabaya - Semarang – Jakarta (Arus Balik).

Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Dobonsolo yaitu tanggal 26 April 2022 Jam 13:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 Jam 22:00 WIB yang semuanya berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17:00 WIB dan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 Jam 17:00 WIB.

Berikut persyaratan mudik gratis

Persyaratan :• Memiliki STNK dan SIM yang sah• Kondisi motor layak jalan• Tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses lashing• Harus ada penyangga/standar tengah (standar dua)• Harus dilengkapi dengan pegangan belakang• Ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik• Tidak diperbolehkan adanya box samping kiri, kanan maupun belakang• Jumlah helm harus sesuai jumlah penumpang• Bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 (satu) liter/motor• Kunci motor dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana

Yang wajib dibawa pada saat pendaftaran :• Kartu identitas calon pemudik• STNK asli• SIM asli• Aplikasi Peduli Lindungi dan mengisi e-HAC dalam aplikasi PeduliLindungi• Persyaratan kesehatan bagi penumpang di atas 6 tahun yang belum menerima vaksin booster

Persyaratan Pendaftaran Online:1. Identitas yang akan menjadi kode unik adalah No. STNK dan KTP kepala keluarga;2. Pendaftar dapat membawa anak-anak maksimal 2 (orang) dengan batas umur maksimal 10 tahun dan menunjukan Kartu Keluarga asli atau salinannya;3. Pendaftaran akan terkunci apabila salah satunya penumpang atau motor telah memenuhi kuota maksimal;4. Wajib melakukan verifikasi maksimal 3 hari setelah waktu pendaftaran;5. Pendaftar yang melakukan pendaftaran pada tanggal 20-24 April 2022, verifikasi dilakukan paling lambat tanggal 24 April 2022;6. Apabila pendaftar terlambat melakukan verifikasi akan dimasukkan ke dalam waiting list, apabila kuota telah memenuhi maka tidak dapat mengikuti mudik gratis. (Asp)

Baca Juga:

1,4 Juta Orang Mudik Pakai Jalur Laut, Kemenhub Pastikan Kapal Laiklaut

Penulis : Asropih Asropih
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
KPK Panggil Pengacara dan Sopir Lukas Enembe
Indonesia
KPK Panggil Pengacara dan Sopir Lukas Enembe

KPK memanggil pengacara dan sopir Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua.

Perkara Pembunuhan Brigadir J Libatkan Ferdy Sambo Cs Capai 11 Dakwaan
Indonesia
Perkara Pembunuhan Brigadir J Libatkan Ferdy Sambo Cs Capai 11 Dakwaan

Kejagung akan melimpahkan sejumlah berkas perkara dan surat dakwaan Ferdy Sambo cs ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (10/10).

Penembakan Brigadir J, Mahfud MD Sebut Sudah Ada 3 Tersangka
Indonesia
Penembakan Brigadir J, Mahfud MD Sebut Sudah Ada 3 Tersangka

Sudah ada tiga tersangka yang ditetapkan dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Rupiah Masih Bertengger di Atas Rp 15.000 Per USD
Indonesia
Rupiah Masih Bertengger di Atas Rp 15.000 Per USD

Pagi ini, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi menguat 68 poin atau 0,44 persen ke posisi Rp 15.195 per USD.

Rute Arus Mudik dari Sumatera hingga Jawa Diklaim Siap Dilalui
Indonesia
Rute Arus Mudik dari Sumatera hingga Jawa Diklaim Siap Dilalui

Pemerintah memastikan prasarana jalan nasional tol dan non-tol serta jembatan siap untuk dilalui pemudik pada Lebaran tahun 2022.

DPR Duga Kasus COVID-19 Naik Karena Pelonggaran Aturan
Indonesia
DPR Duga Kasus COVID-19 Naik Karena Pelonggaran Aturan

Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani meminta pemerintah agar menyiapkan langkah antisipatif penanganan COVID-19 yang mulai meningkat dalam sepekan ini.

Momen Rapat Paripurna HUT Jakarta, Anies Berterima Kasih kepada Gubernur Terdahulu
Indonesia
Momen Rapat Paripurna HUT Jakarta, Anies Berterima Kasih kepada Gubernur Terdahulu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada pimpinan DKI terdahulu yang telah memberikan masukan.

ASN di 3 Provinsi Baru Bakal Diisi 80 Persen Orang Asli Papua
Indonesia
ASN di 3 Provinsi Baru Bakal Diisi 80 Persen Orang Asli Papua

Pemerintah masih mencari aparatur sipil negara (ASN) yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) untuk mengisi kuota di tiga DOB.

Soal Formula E, KPK Ingatkan APBD tak Boleh Dipakai untuk Bisnis
Indonesia
Soal Formula E, KPK Ingatkan APBD tak Boleh Dipakai untuk Bisnis

"Dari Kemendagri juga sudah menyebutkan, bahwa anggaran pemda tidak boleh digunakan untuk event yang tujuannya bisnis, jadi penyelenggaraannya harus B2B, tidak bisa dibiayai dengan anggaran APBD," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/4) malam.

COVID-19 Melandai, Insentif Fiskal Kesehatan Turun Drastis
Indonesia
COVID-19 Melandai, Insentif Fiskal Kesehatan Turun Drastis

Pemberian insentif fiskal di bidang kepabeanan dan cukai dalam penanganan pandemi COVID-19 kian melandai pada bulan Mei 2022 menjadi hanya Rp 11 miliar.