Cara Buat Motivation Letter Agar di Terima di Kampus Terbaik Dunia Persiapkan motivation letter. (Foto: Pexels/pixabay)

MELANJUTKAN studi ke luar negeri bukanlah perkara mudah. Diperlukan tekad yang bulat dan kesungguhan hati. Kesungguhan tersebut tercermin saat kita mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Salah satu berkas yang harus dipersiapkan adalah motivation letter. Motivation letter adalah tulisan yang menggambarkan seberapa pantas kita diterima sebuah perguruan tinggi. Para reviewer bisa mempertimbangkan kita masuk ke perguruan tinggi dari kelayakan motivation letter yang kita buat.

"Pastikan motivasi kita tertuang dengan jelas di motivation letter," ucap salah satu penerima beasiswa di TU Delft, Wirawan Agahari saat ditemui di World Indonesia Scholatship Forum. Dirinya menambahkan bahwa di dalam motivation letter kita harus mempromosikan diri kita bahwa kita layak lanjut studi dan menerima beasiswa.

motivasi
Buat judul motivation letter yang unik. (Foto: Pexels/Pixabay)

Motivation letter biasanya terdiri dari satu hingga dua lembar. Aga mengungkapkan paragraf pertama adalah kunci. "Para reviewer akan membaca paragraf pertama terlebih dahulu.Kalau paragraf pertama tidak menarik mereka takkan membaca keseluruhan motivation letter kita," urainya. Pastikan paragraf pertama yang kita buat menarik perhatian reviewer. Kalau mereka tertarik mereka akan membaca sampai habis dan berpikir bahwa kita cocok melanjutkan studi di kampus tersebut.

motivation letter
Buat diri kamu menarik untuk dapat bersekolah di kampus tujuan. (Foto: Pexels/Stefan Lorentz)

Sementara itu, alumni Universitas Leiden, Amalia Putri Astari mengungkapkan bahwa judul motivation letter kita harus dibuat semenarik mungkin. "Dalam sehari, tim reviewer bisa menerima ratusan bahkan ribuan motivation letter. Judul motivation letter kita harus dibuat seunik mungkin supaya mereka tergugah untuk membacanya," tuturnya.

Hal-hal yang perlu dicantumkan di paragraf pertama adalah cerita mengenai hal-hal yang pernah kita lakukan, mempromosikan diri kita, dan motivasi kita untuk melanjutkan studi. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH