Cara Bikin Rumahmu Benuansa ala Jepang

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 07 November 2022
Cara Bikin Rumahmu Benuansa ala Jepang
Karakteristik utama dari rumah tradisional Jepang adalah mengutamakan privasi dan cahaya alami. (Foto: Unsplash/Filiz Elaerts)

SETIAP orang ingin memiliki rumah yang nyaman, sederhana, dan minimalis. Selain itu, pemilihan interior dan eksterior rumah juga mempengaruhi kenyamanan baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang berkunjung.

Melansir dari laman Elle Décor, Sharon Blaustein, desainer interior, mengatakan bahwa minimalis adalah bagaimana menjaga ruang tetap sederhana, tidak berantakan, dan menonjolkan fitur arsitektur ruang yang menarik. Warna monokrom sering dipakai dan berilah sedikit aksen.

“Ruang berdesain minimalis menggabungkan denah lantai terbuka, banyak cahaya, dan perabotan garis sederhana yang dibangun dengan baik dan nyaman. Semua ini menciptakan ruang yang menenangkan,” tuturnya.

Salah satu desain rumah minimalis yang banyak diimpikan banyak orang adalah gaya rumah bernuansa Jepang. Gaya rumah Jepang cenderung lebih kecil dan berdekatan satu sama lain. Karakteristik utama dari rumah tradisional Jepang adalah mengutamakan privasi dan cahaya alami.

Melansir dari laman Hunker, berikut lima tips desain agar rumahmu bernuansa ala Jepang.

Baca juga:

Fengsui Dekorasi Rumah untuk Tahun Macan

Cara Bikin Rumahmu Benuansa ala Jepang
Gunakan material dan aksen yang alami. (Foto: Unsplash/Joseph Albanese)

Garis horizontal


Kesederhanaan dan keanggunan rumah minimalis Jepang sebagian besar disebabkan pada penekanannya di tepi rumah yang bersih dan tajam serta garis lurus. Secara tradisional, garis horizontal paling sering digunakan karena bertujuan untuk memandu mata melintasi ruangan dan menciptakan aliran energi yang tenang dan merata.

Material dan aksen alami


Salah satu pilar minimalis Jepang adalah menggunakan produk dan elemen alami yang sederhana, mulai dari lantai kayu yang cantik, panel dinding, langit-langit, hingga pepohonan dan taman batu di tengah ruang tamu. Beberapa interior tersebut membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan tenang.

Lampu pahatan


Selanjut, hiasai langit-langit rumah dengan menggunakan pencahayaan yang ramping namun struktural. Pilih lampu yang memiliki warna lembut, seperti putih atau krem, untuk meningkatkan cahaya yang sejuk dan halus ketika berada di ruangan. Jadi, malas deh buat keluar rumah!

Baca juga:

Jangan Ngaku Hypebeast Kalau Belum Dekorasi Rumah Pakai Off-White Home

Cara Bikin Rumahmu Benuansa ala Jepang
Gunakan tikar tatami. (Foto: Unsplash/Masaaki Komori)

Tikar tatami


Salah satu interior rumah Jepang yang paling umum dan diketahui banyak orang adalah lantainya yang menggunakan tikar tatami. Tikar tatami terbuat dari anyaman jearmi dan menjadi bagian integral dari desain rumah Jepang. Walaupun kamu menggunakannya dalam bentuk yang lebih kecil, itu sudah cukup untuk menambahkan sedikit sentuhan ala Jepang untuk rumahmu.

Cat warna netral


Rumah minimalis di Jepang terkenal akan auranya yang tenang. Oleh karena itu, pilihlah palet warna netral yang menampilkan warna-warna lembuh dan sederhana. Seperti putih, krem, coklat kayu, dan abu-abu lembut. Dengan latar belakang dinding putih atau kayu, warna tersebut dapat menambah daya tarik dan ketenangan yang damai. (and)

Baca juga:

Sambut Lebaran, Yuk Dekorasi Rumah Biar Lebih Meriah

#Inspirasi #Properti
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan