Cara Benar dan Nyaman Kendarai Skutik

P Suryo RP Suryo R - Senin, 26 Desember 2022
Cara Benar dan Nyaman Kendarai Skutik
Skutik jadi favorit semua orang. (Unsplash/Nick Belanger

SKUTIK atau skuter matik kian 'merajalela' di jalan. Penggunannya mulai orang dewasa, ibu-ibu, bahkan anak-anak remaja. Keunggulan skutik adalah tidak perlu memikirkan memasukan gigi sesuai percepatan kendaraan. Hanya tinggal digas, skutik sudah melaju.

Skutik kemudian menjadi favorit dan populer di kawasan perkotaan yang kerap mengalami kemacetan, seperti Kota Jakarta. Namun mengendarai skutik dengan benar dan memberikan kenyamanan masih perlu dieduksi.

Dinukil dari kabaroto, Safety Riding Development Section Head, PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma memberikan tips nyaman mengendarai motor matik di kemacetan.

Baca Juga:

Cara Perawatan dan Penyetelan Rantai Motor yang Benar

motor
Mengendarai skutik harus memahami teknik berkendara yang baik. (Pexels/Andrea Piacquadio)



Ada tujuh poin postur berkendara yang harus diperhatikan.


1. Pandangan mata harus ke depan yang gunanya adalah untuk memprediksi potensi bahaya, memperhatikan pergerakan dan sinyal dari tiga atau empat lebih kendaraan di depan.

2. Usahakan pundak rileks, jangan kaku.

3. Sikut harus membentuk sudut sebagai peredam getaran dan gaya pegas saat penambahan kecepatan atau pengereman. Tangan tidak boleh diluruskan, ini dapat mengganggu pergerakan kemudi.

4. Posisi tangan mengepal ringan jangan menggenggam erat karet pedal gas. Harus diingat jari tangan tidak boleh menarik handle rem ketika tidak dioperasikan.

Baca Juga:

Sebelum Modifikasi Motor Matik, Perhatikan Dulu Bagian Ini

motor
Mengendarai skutik dengan teknik yang benar akan menjamin keselamatan. (Pexels/Ajay Donga)

5. Pinggul diposisikan pada tengah jok atau pinggul membuat duduk agak tegak. Posisi duduk tidak boleh miring ke salah sisi jok. Usahakan posisi duduk tidak terlalu belakang atau terlalu ke depan jok.

6. Perhatikan posisi lutut dan betis berada di dalam sayap motor. Gunanya adalah untuk menghindari benturan dari arah depan dan samping.

7. Jari-jari kaki harus menghadap ke depan di dalam dek atau sayap. Ini untuk menghindari benturan dari arah depan atau samping. (psr)

Baca Juga:

Jangan Tertipu! Ini Cara Memilih Kampas Rem Motor yang Berkualitas

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan