Cara Ayudia Bing Slamet Atasi Anak Tantrum Ayudia Bing Slamet pernah menangani anaknya ketika tantrum (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

SETELAH tiga tahun menjadi seorang ibu, artis cantik Ayudia Bing Selamet sudah merasakan banyak pengalaman mengurus anak. Ada satu pengalaman menarik yang pernah dirasakan Ayudia. Sang Buah Hati, Dia Sekala Bumi, pernah mengalami tantrum.

Tantrum adalah ledakan emosi seseorang. Biasanya kalau sudah mengalami tantrum, seorang anak bakal marah-marah, menangis, menjerit, hingga berguling-guling.

Baca juga:

Ibu Penentu Tantrun Tantrum pada Anak

Agak bahaya juga kalau anak kamu tengah mengalami tantrum. Kamu bisa terluka saat menenangkannya. Biasanya seorang anak akan berontak ketika kamu mencoba menenangkannya. Oleh karena itu, lebih baik kamu memeluk anak yang tantrum dari belakang, bukan dari depan.

Ayudia menceritakan pengalamannya menangani Sekala pada kondisi tantrum. Seperti anak tantrum pada umumnya, Sekala bertingkah macam-macam ketika mengalami tantrum.

Ayudia bersikap tenang ketika Sekala mengalami tantrum (Foto: Instagram/@ayudiac)

Ketika Sekala sudah bertingkah tak karuan, Ayudia tetap mencoba untuk bersikap tenang. Meskipun terkadang ia terpancing emosi ketika melihat anak tunggalnya itu emosi berlebihan dan banyak bicara.

"Aku juga ambil napas, karena biasanya terpancing emosi," ujarnya saat ditemui di Ampera, Jakarta Selatan, belum lama ini. Sambil diam, Ayudia juga mengangguk saja ketika Sekala melontarkan berbagai macam ucapan. Dengan sabar, dia akan meladeni keluhan Sekala.

Baca juga:

Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum

Setelah didiamkan selama beberapa saat, barulah emosi Sekala perlahan mereda. Ketika kondisi Sekala sudah stabil, pelan-pelan istri Ditto itu mencoba menenangkan Sekala.

Lulusan Universitas Bina Nusantara itu yakin anak-anak pasti memiliki batasan dalam bertindak. Kalau sudah lelah, apa pun yang mereka lakukan akan terhenti begitu saja.

Ayudia sudah mengikuti banyak kelas parenting.(Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Selain itu, di sela-sela emosinya Sekala, perempuan 29 tahun itu juga mencoba menenangkan Sekala sambil mengelusnya perlahan. "Anak kecil kan capek, biarin aja. Saat dia tenang, aku bilang, 'Sekala ayo atur napas' gitu," ujar Ayudia.

Setelah Ayudia sabar menghadapi luapan emosi anaknya itu, Sekala langsung bisa diajak kompromi. Dia mulai berkomunikasi dengan ibunya. "Karena aku bilang kamu harus nenangin diri dulu baru kamu bisa ngobrol sama aku," imbuh pemain film Mantan itu.

Menurut cucu pelawak senior Bing Slamet itu, Sekala mengalami tantrum ketika merasa tidak enak badan. Seperti demam misalnya. Kalau anaknya sudah demam, Ayudia juga bersikap tenang. Pengetahuan itu ia dapat karena sebelum menikah ia sering mengikuti berbagai macam kelas parenting. "Jadi kayak ketika anak sakit, aku sudah tahu kayak, 'oh yang harus aku lakuin ini'," tukasnya. (ikh)

Baca juga:

Jurus Jitu Mengatasi Tantrum pada Anak Berkebutuhan Khusus

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH