Cara Ampuh Memaksimalkan Iklan di Instagram Instagram bisa amat membantu bisnis.(Foto: campaignlive)

ADAKAH cara mudah beriklan di media sosial Instagram? Memang ada pilihan Instagram Ads yang merupakan platform khusus iklan. Kamu bisa membuat iklan di feed Instagram dan Instagram Stories lewat platform tersebut.

Bagi para pelaku usaha, Instagram Ads atau mengiklan di Instagram sangat penting, terlebih bagi usaha dengan skala mikro dan UKM. Hal itu dipaparkan Gupta Sitorus, seorang creativepreneur. Menurutnya, Ads Instagram memiliki fungsi yang cukup bagus untuk para pelaku usaha.

"Ini cara yang efektif untuk pelaku usaha. Secara cost cukup efisien bagi para pebisnis skala mikro dan UKM. Bisa membangun brand awareness, dan tentunya mendorong penjualan," tutur Gupta saat dihubungi Merahputih.com, Rabu (12/8).

Baca Juga:

Pentingnya Testimoni Positif bagi Para Pelaku Usaha

Namun, sebelum kamu memanfaatkan ads Instagram untuk mengiklankan produk/jasa, ada sejumlah hal penting yang harus kamu persiapkan. Khususnya bagi si pemilik usaha.

Tentukan target market terlebih dahulu sebelum mengiklan di Instagram.(Foto: pixabay/stocksnap)

Gupta menjelaskan pertama-tama pemilik bisnis harus mengerti tentang cara membuat konten yang menarik. Seiring dengan hal itu, pemilik usaha sejatinya harus mengerti target market seperti apa. Bila tidak tetap sasaran, biaya yang dikeluarkan untuk iklan hasilnya tidak akan maksimal.

Kedua, si pemilik bisnis harus bisa memilih dengan tepat demografis para calon konsumennya. Harus betul-betul tepat sasaran, karena ads hanya akan menyasar demografi yang telah kamu pilih. Karena itu, pastikan jangan sampai keliru dalam menentukan demografi.

Untuk kamu yang belum paham menggunakan ads Instagram, kamu bisa berkonsultasi dengan konsultan yang paham di bidang itu. Digital marketing agency, teman yang paham soal ads, hingga belajar di internet bisa jadi pilihan.

Namun, ada baiknya para pelaku usaha mengetahui apa yang dibutuhkan market saat ini sebelum meluncurkan produk. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu tentang pasar yang akan kamu sasar.

Perihal bujet, Gupta menyebut tergantung dari kapasitas finansial setiap pelaku usaha dan juga kebutuhannya. "Untuk bujet, tergantung si pengusahanya mampunya berapa. Apa cukup 3 kali dalam seminggu, 5 hari berturut-turut, seperti misal bila ada promo saja," jelas Gupta.

Dalam beriklan, ada juga hal penting yang harus diperhatikan, yakni beriklan dengan konten yang berbeda-beda. Itu bisa sangat efektif. Hal itu guna menghindari kebosanan para konsumen yang melihat iklan 'itu-itu saja'.

Selain itu, Gupta juga menjelaskan, saat beriklan, jangan melulu soal promosi. Kamu juga bisa tampilkan edukasi. Seperti contohnya seorang pengusaha roti bisa mengiklankan rotinya sehat, mengandung banyak protein yang bisa membuat tubuh bugar.

Tak dimungkiri, pasar di dunia daring saat ini semakin ketat. Setiap orang berlomba-lomba menciptakan produk yang terbaik. Mengenai hal itu, Gupta mengatakan kreativitas jadi kunci kesuksesan. "Sekarang kompetisi sangat ketat, semua orang bisa melakukan, contoh apa yang membedakan panci a dan panci b dengan brand sama, tergantung pemiliknya bisa memberikan narasi yang bagus, seperti mudah apa enggak belinya dan sebagainya," jelas Gupta.

Terlepas dari Ads Instagram, untuk kamu pelaku usaha yang mengandalkan Instagram dalam berjualan, kamu bisa memanfaatkan hastag. Untuk hal itu, kamu harus menentukan soal hastag yang cocok untuk produk usahamu.

"Selain Ads Instagram, hastag itu sampai sekarang bisa dijadikan tools yang efektif juga. Harus digunakan hastag yang membantu postingan kita masuk di dalam eksplore Instagram. Ini tantangan buat content creator tentang hastag apa yang cocok buat produknya," tutur Gupta.

Baca Juga:

Jadilah Pelanggan Setia Bisnis Teman Tanpa Boros Pengeluaran

Selain Instagram Ads, ada beberapa bagian yang harus diperhatikan, seperti feeds, instagram stor dan hastag (Foto: swat.io)

Sisi lain yang harus kamu perhatikan untuk membuat usaha milikmu lancar ialah feeds. Karena feeds yang rapih sangat berpengaruh pada target market dan brand images. Kerapihan dan konsistensi di feeds Instagram akan memengahurih brand images dan reputasi usaha kamu.

Namun, dalam mengunggah foto atau video di feeds kamu jangan lantas asal, usahakan pada waktu-waktu yang tepat dan berpotensi dilihat oleh banyak orang. "Saat pandemi ini, hampir rata jamnya orang lihat social media, tidak ada jam favorit. Kalau dulu ada jam-jam ramainya, yaitu pagi hari sekali sebelum berangkat kantor, jam makan siang, sebelum jam tidur, dan jam pulang kantor," kata Gupta.

Agar unggahan kamu efektif, Gupta menyarankan jangan terlalu sering. Biarkanlah para konsumen rindu dengan produkmu. Sekitar 3 kali dalam seminggu cukup. Atau satu kali dalam sehari.

Dalam hal ini, tergantung kebutuhan produk atau jenis usahamu. Intinya ialah pandai dalam membuat konten. Variasi konten akan sangat memengaruhi penilaian konsumen pada produk usahamu.


Bagian lain pada Instagram yang tak boleh terlupakan untuk dimanfaatkan ialah Instagram Story. Pria dengan pengalaman luas di bidang branding dan marketing ini mengatakan pelaku usaha harus rutin dalam mengunggah Instagram story. Hal itu akan memengaruhi pandangan konsumen pada akun usahamu. Bila Instagram story kamu terlihat aktif, itu akan menjadi nilai tambah untuk usahamu di mata konsumen.

Selain itu, pada Instagram story, kamu bisa lebih mengeskplorasi ketimbang feed. Jika di feed kamu dituntut harus rapih, pada instagram story kamu bisa bebas berekspresi. Namun, bukan berarti asal. Tetap harus menarik perhatian konsumen. (Ryn)

Baca juga:

Wahai Pembeli Belanja Daring, Budayakan Membaca Dong

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH