Cara Ampuh Hindari Kejahatan Hipnotis Saat Mudik Lebaran Ada beberapa cara untuk mengatasi tindak kejahatan hipnotis (Foto: pixabay/drkoop)

TINDAK kejahatan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Terlebih lagi jika ada kesempatan saat sang calon korban dalam kondisi yang lengah.

Apalagi Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung beberapa hari lagi. Tentunya setiap orang membutuhkan banyak uang untuk kebutuhan lebaran.

Namun tak sedikit pula yang memilih mencari uang dengan jalan pintas alias tindak kriminal. Salah satunya ialah Hipnotis.

Hipnotis merupakan suatu tindak kejahatan yang dilakukan saat korban berada di alam bawah sadarnya. Aktivitas itu tentu sangat merugikan dan cukup khawatirkan khususnya ditempat sepi bakan ditempat ramai sekalipun.

Selalu waspada dimanapun kamu berada (Foto: interactivetouchbooks)

Sebagaimana yang dilansir dari laman alodokter yang mengutip dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari kejahatan hipnotis, yang biasanya marak terjadi di momen menjelang lebaran.

Cara yang pertama ialah selalu waspada dan curiga dengan orang yang baru kenal. Khususnya disaat kamu mudik menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta. Kamu patut waspada dan curiga pada orang yang baru kamu kenal dan berusaha mendekatimu.

Dalam hal ini kamu jangan sekali-kali menunjukan gelagat kebingungan, merasa takut atau khawatir. Karena jika kamu terlihat semakin takut, maka kamu akan semakin mudah dimanfaatkan oleh para pelaku hipnotis.

Jangan menampilkan jika dirimu takut atau khawatir (foto: pixabay/pezibear)

Selain itu kamu juga waspada jika ada seseorang yang memegang anggota tubuh kamu dengan menepuk badan secara tiba-itba. Untuk itu hindarilah bengong atau berpikiran kosong ditempat umum. Sibukkanlah pikiran kamu dengan hal-hal lain yang bermanfaat.

Langkah yang kedua yaitu fokuslah terhadap kondisi diri kamu sendiri. Hati-hati jika kamu mengalami rasa kantuk tiba-tiba, sebaiknya kamu berusaha untuk membuat rasa kantuk itu hilang.

Cara ketiga, yaitu jangan mudah panik saat ditempat umum. Jaga dan yakinkan diri kamu jika kamu merupakan orang yang normal dan sadar sepenuhnya. Apabila kamu ingin bertanya sesuatu sebaiknya bertanya pada petugas keamanan atau costumer servis.

Jika kamu tersesat atau bingun, sebaiknya tanyakan kepada pihak keamanan (Foto: pixabay/spohieja23)

Sementara itu, cara yang keempat ialah hindari kontak mata secara langsung dengan orang yang baru kamu kenal, atau orang yang tengah berkomunikasi dengan kamu. Lalu ada hal yang sangat penting, yaitu berdoalah sebelum dan selama perjalanan dilakukan.

Baca juga: Kenali Dampak Berbahaya Kurangnya Asupan Vitamin C Saat Libur Lebaran

Nah itu dia guys beberapa cara ampuh untuk menghindari tindak kejahatan hipnotis yang biasanya terjadi disaat momen mudik lebaran. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH