Cara Ampuh Atasi Jerawat di Wajah Jerawat yang dipencet malah bisa tambah parah (Foto: Pixabay/Kjerstin_Michaela)

RASANYA mungkin tak karuan jika melihat jerawat tumbuh di wajah. Ingin memencetnya agar langsung kempes dan hilang akhirnya menjadi pilihan. Tapi sebaiknya jangan lakukan itu.

Kebiasaan memencet jerawat bukan solusi tepat untuk mengatasi jerawat. Justru itu berakibat buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulitmu. Melansir Alodokter, ketika memencet jerawat nanah bisa keluar.

Nanah dan isi jerawat penuh dengan bakteri. Kenapa berbahaya, karena nanah malah bisa masuk ke bagian pori-pori kulit. Sehingga jerawat malah bisa tambah besar. Bahkan, bekas jerawat enggak bisa hilang.

Sebenarnya jerawat bisa hilang dengan sendirinya. Kamu hanya perlu sabar. Tapi kamu mau jerawat kamu cepat hilang tanpa berefek negatif. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan ketimbang memencet jerawat.

1. Beri kompres hangat

Kompres air hangat dapat mengempiskan jerawat dan melebarkan pori-pori (Foto: Pexels/Dom J)
Kompres air hangat dapat mengempiskan jerawat dan melebarkan pori-pori (Foto: Pexels/Dom J)

Kompres jerawat mengunakan air hangat. Rendam kain di dalam aiar hangat. peras, kemudian kompres selama beberapa menit. Ulangi mengompres itu beberapa kali dalam sehari.

Kompres air hangat bisa membuka pori-pori lebih lebar. Sehingga jerawat akan lebih mudah pecah. Namun, cara ini cuma berlaku untuk whiteheads atau komedo putih. Jika jerawat sudah meradang, akan percuma menggunakan kompres air hangat.

2. Oleskan obat jerawat

Obat jerawat banyak dijual di apotek (Foto: Pexels/Burst)
Caption

Cara yang satu ini bisa dibilang paling aman. Jerawat bisa diatasi dengan mengoleskan obat jerawat yang biasanya dalam bentuk salep. Obat jerawat banyak dijual di apotek. Pilih obat dengan kandungan bahan aktif benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur.

Beda cerita jika penyakit jerawat kamu sudah berat. Kamu membutuhkan obat jerawat berupa antibiotik dan tretinoin. Tapi kedua obat ini harus menggunakan resep dokter. Jadi, berkonsultasilah terlebih dulu ke dokter kulit.

3. Gunakan bahan alami

Teh hijau merupakan salah satu obat alami jerawat (Foto: Pexels rawpixel.com)
Teh hijau merupakan salah satu obat alami jerawat (Foto: Pexels rawpixel.com)

Ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengempiskan jerawat. Misalnya soda kue, tea tree oil, atau menggunakan masker charcoal (masker arang). Banyak penelitian yang sudah membuktikan khasiat bahan alami ini.

Selain itu, bahan alami semisal teh hijau, lidah buaya, dan rumput laut juga dapat mengatasi jerawat secara alami. Jadi siapkan saja bahan-bahan alami ini agar kamu bisa mempertahankan kecantikanmu.

Sahabat Merah Putih, mulai sekarang hentikan kebiasaan menghilangkan jerawat dengan memencetnya ya. Bukannya mulus, kulit kamu nanti malah bisa jadi rusak. (ikh)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH