Cara Alternatif yang Ampuh Hilangkan 'Double Chin' Yuk hilangkan double chin untuk tingkatkan kepercayaan dirimu. (Foto: YouTube/Nikocado Avocado)

TAMPILAN double chin atau lemak berlebih yang terletak di bawah dagu dan leher memang bisa bikin kamu kurang percaya diri. Menjadi salah satu tanda kenaikkan berat badan, terkadang double chin juga dimiliki oleh orang yang memiliki berat badan normal dan ideal. Dilansir dari laman Health Line, faktor genetik dan kadar keelastisan kulit juga menjadi penyebab utama timbulnya dagu berlipat. Untuk menghilangkannya, yuk ikuti beberapa cara dibawah ini!

Baca juga:

Cara Praktis Merawat Wajah saat Berlibur ke Tempat Dingin

1. Olahraga

Cara Alternatif Ampuh Menghilangkan 'Double Chin'
Gerakan kiss the sky. (Foto: medical health today)

Ada cukup banyak olahraga simpel yang ditujukan khusus untuk mengurangi double chin kamu. Pertama-tama, putar kepalamu searah jarum jam untuk pemanasan otot agar terhindar dari cedera.

Lakukan gerakan kiss the sky dengan cara berdiri tegak dan dongakkan kepalamu ke atas serta posisikan bibirmu seperti ingin mencium langit. Jika dilakukan dengan benar, otot-otot disekitar leher dan dagu akan terasa tertekuk dan membantu mengurangi lapisan lemak di sekitar dagu dan leher. Lakukan gerakan kiss the sky ini selama 5-20 detik dan ulangi selama 10-15 kali per set.

Cara lain untuk mengecilkan double chin adalah dengan olahraga lidah. Posisikan kepalamu dengan pandangan lurus dan keluarkan lidahmu sejauh mungkin. Angkat dan arahkan lidahmu keatas dan ke arah hidungmu. Lakukan kegiatan ini selama 10 detik secara rutin setiap hari.

Dilansir dari lawan Medical News Today, kamu juga bisa menggunyah permen karet untuk membantu menghilangkan double chin. Ini disebabkan karena gerakan mengunyah bisa melatih otot-otot wajahmu, terutama pada bagian rahang.

2. Diet

Cara Alternatif Ampuh Menghilangkan 'Double Chin'
Lakukan diet dengan sehat dan aman untuk menurunkan berat badan. (Foto: Yummy Healthy Easy)

Jika double chin kamu timbul karena kenaikan berat badan, maka diet sehat bisa menjadi alternatif kamu untuk mengurangi double chin. Cara terbaik untuk mengurangi berat badan adalah dengan diet sehat dan berolahraga secara rutin.

Beberapa aturan diet sehat yang aman adalah konsumsi empat sajian sayur serta tiga sajian buah setiap harinya. Kamu juga bisa mengganti konsumsi gandum dan biji-bijian olahan dengan yang utuh serta menghindari makanan kemasan.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan makan lemak sehat seperti yang terkandung pada olive oil, alpukat dan kacang. Hindari goreng-gorengan dan kurangi konsumsi gula.

Baca juga:

Selamat Tinggal Skincare, Ini 6 Rahasia untuk Dapatkan Wajah Cantik Tanpa Produk Kecantikan

3. Perawatan khusus

Cara Alternatif Ampuh Menghilangkan 'Double Chin'
Mesoterapi menjadi cara alternatif mengurangi double chin. (Foto: Gulf News)

Jika double chin kamu disebabkan oleh faktor genetik, maka kamu bisa melakukan prosedur lipolysis dan mesoterapi. Lipolysis menggunakan teknologi laser untuk mencairkan lemak dan membuat rahangmu lebih terlihat tanpa tertutup lapisan lemak.

Mesoterapi merupakan prosedur yang menghantarkan deoxycholic acid ke wajahmu lewat berbagai suntikan untuk membantu tubuhmu menyerap lemak. (Shn)

Baca juga:

Awas 4 Benda Ini Bikin Kulit Wajah Rusak, Salah Satunya Ponsel


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH