Cara Alami Mengobati Sariawan Ilustrasi sariawan. (pinterest)

MerahPutih Kesehatan - Sariawan memang sangat mengganggu, berbicara perih dan makan pun tak enak. Timbulnya sariawan biasanya ditandai dengan adanya peradangan pada daerah rongga mulut.

Sariawan atau atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Sariawan tidak boleh diabaikan. Karena sariawan bisa berubah menjadi fatal bagi kesehatan. Apalagi ternyata sariawan merupakan salah satu gejala kanker mulut

Untuk mengobati sariawan Anda bisa melalukannya dengan cara alami. Berikut cara alami mengobati sariawan seperti yang dilansir healthyfoodhouse:

Buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Kurangnya vitamin C menjadi pemicu utama timbulnya sariawan. Maka dari itu, Anda disarankan utnuk mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung sumber vitamin C. Mnegonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C merupaka cara paling efektif untuk mengobati sariawan.

Yogurt. Yogurt mampu menjaga keseimbangan bakteri dalam mulut dan tubuh. Sehingga Anda bisa memnafaatkan yogurt untuk mengobati sariawan yang mengganggu secara alami.

Air kelapa. Siapa sangka jika air kelapa bisa mengobati sariawan. Anda bisa meminum atau berkumur-kumur menggunakan air kelapa hijau untuk mengobati sariawan secara alami.

Bawang putih dan pepaya. Untuk mengobati sariawan, Anda juga bisa menggunakan bawang putih atau pun pepaya, pilih salah satu saja. Anda cukup menggosokkan salah satu dari bahan ini ke sariawan.

 

BACA JUGA:

  1. Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Waspada Kanker Mulut!
  2. 5 Makanan yang Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan dengan Cepat
  3. 4 Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa ke Dokter
  4. 4 Cara Mudah Merawat Kesehatan Gigi
  5. 3 Minuman Sehat untuk Menurunkan Berat Badan


Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH