Cara Ajaib Merawat Celana Ripped Jeans Tampak Baik Ripped jeans sedang menjadi tren di masyarakat. (Foto: Pixabay/StockSnap)

RIPPED jeans hingga kini tetap menjadi model celana yang tak ketinggalan zaman. Baik laki-laki maupun perempuan. Ripped jeans atau celanan bermodel bolong-bolong disukai untuk penampilan yang lebih santai.

Ripped jeans tak hanya model bawaan toko. Model ripped jeans yang mudah dibikin sendiri dengan mudah membuatnya tetap diminati. Selain itu, model ripped jeans juga tak melulu harus baru, bahkan celana usang semakin membuat penampilan ripped jeans lebih keren.

Nah, bagi kamu yang suka celana ripped jeans, celena model "belel" bukan berarti tanpa perawatan. Ada cara-cara tertentu agar celana ripped jeans terawat dan tampak bagus terlihat.

Berikut merahputih.com sajikan buat kamu yang memiliki ripped jeans tapi bingung merawat, mencucu, serta menyimpannya. Berikut cara merawat ripped jeans agar awet, dilansir iStyle;

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Ripped jeans. (Foto: Pixabay/StockSnap)
Ripped jeans jangan dicuci di mesin cuci. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Agak berbeda dengan celana berbahan katun atau poliester, ripped jeans enggak boleh sering-sering dicuci. Paling pas cuci ripped jeans setiap dua minggu sekali atau bisa juga sebulan sekali. Ini bisa membuat jeans selalu tampak bersih dan awet karena enggak akan merusak bahan.

2. Hindari Mesin Cuci

Kalau tak ingin area sobekan di ripped jeans semakin membesar, sebaiknya hindari mencuci dengan mesin cuci. Cucilah secara manual dengan menggunakan air dingin. Selanjutnya, jemur dengan cara digantung hingga kering.

3. Balik Celana Jeans

Saat proses mencuci, kamu akan menggosok untuk membersihkan atau mengangkat noda. Pastikan tidak menggosok terlalu sering dan terlalu keras karena ripped jeans akan cepat rapuh. Untuk mengakalinya, kamu bisa membalik celana saat mencuci.

4. Masukkan ke Dalam Freezer

Ripped jeans. (Foto: Pixabay/Pexels)
Jika hendak dicuci sebaiknya membalik bagian dalam di luar. (Foto: Pixabay/Pexels)

Salah satu cara sederhana untuk ripped jeans yang berbau namun masih belum waktunya dicuci, cara jitu yang bisa dilakukan adalah memasukannya ke dalam freezer yang bersih untuk beberapa saat. Lalu celana jeans bisa digunakan kembali.

5. Bersihkan Noda dengan Cuka dan Garam

Cuka dan garam memiliki manfaat yang sangat banyak, termasuk untuk membersihkan ripped jeans. Caranya, kamu bisa merendam celana jeans dengan air dingin kurang lebih selama satu malam yang sudah dicampurkan garam atau cuka. Keduanya sudah terbukti sangat efektif mengangkat kotoran.

6. Simpan dengan Dilipat bukan Digantung

Ripped jeans. (Foto: Pixabay/27707)
Lipatlah celana jeans dalam lemari. (Foto: Pixabay/27707)

Terakhir, cara jitu yang paling penting dari merawat ripped jeans adalah penyimpanannya. Simpan jeans yang tidak dipakai dengan cara melipatnya dengan rapi dan meletakannya. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Padu Padan Rok Mini yang Bisa Bikin Kamu Pusat Perhatian

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH