Tips dan Trik Agar Hubungan Asmaramu Langgeng dan Selalu Hangat Pasangan harmonis selalu hangat dan langgeng (Foto: Pixabay/Pexels)

SETIAP orang berkembang dan mengalami perubahan seiring waktu. Beberapa di antaranya tumbuh dan berubah lebih cepat daripada yang launnya. Perubahan tersebut bisa jadi menuntun kamu dan pasangan ke jalur yang berbeda. Ke titik yang yang membuatmu berpikir bahwa bersamanya tak lagi masuk akal. Jika hal tersebut terjadi, perpisahan sulit dielakkan.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar kamu dan pasangan tidak tumbuh untuk terpisah. Berikut hal yang membuatmu tak mungkin berpisah dengan pasangan:

1. Penasaran akan Kebutuhan dan Perilaku Pasangan

Pasangan Pengertian
Mengerti kebutuhan dan perilaku pasangan (Sumber: Deposito Photos)

Hubungan terasa lebih menantang jika karakter kalian layaknya kucing dan anjing."Kucing membutuhkan ruang untuk sendiri sementara anak anjing ingin selalu dekat dan butuh kepastian," jelas psikolog dan terapis hubungan berlisensi, dr. Diane Stachouski, Ed. D.

Seiring waktu, perbedaan kecil akan kebutuhan tersebut dapat menciptakan konflik, frustasi, dan membuat jarak antara kamu dan pasangan. Alih-alih menyerah pada rasa frustasi, cobalah untuk selalu ingin tahu akan keinginan dan isi hati pasangan.

Pahami juga mengapa pasangan bertindak seperti itu. Asumsikan segala sesuatu menjadi yang terbaik dan jangan terlalu mengambil hati perilaku buruk pasangan. "Ketika kedua belah pihak merasa mereka dipahami, keduanya tak perlu khawatir dan bisa menjalani hubungan dengan santai," jelas Stachouski.

2. Selalu Jujur dengan Diri Sendiri

Jujur dengan Diri sendiri
Jujur dengan diri sendiri (Sumber: Rewire Me)

Jika kamu ingin memiliki hubungan yang langgeng, penting bagimu membangun fondasi yang kuat sejak dini. Pakar Hubungan Asmara, Leigh Isaacson mengatakan bahwa sebuah fondasi yang kuat dibangun berdasarkan kepercayaan, koneksi, dan kompatibilitas yang nyata.

Untuk mendapatkan itu semua, kamu harus jujur pada diri sendiri terlebih dahulu. Apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam suatu hubungan? Apa yang bisa kamu tawarkan pada pasangan? "Kesadarana diri adalah sifat utama dari hubungan yang langgeng," jelas Isaacson.

Memahami karaktermu sendiri, bahasa cintamu, kelebihan dan kelemahan akan membantumu membangun hubungan yang penuh kasih sayang, saling percaya, dan sehat. Ketika kamu dan pasangan jujur satu sama lain tentang dirimu dan harapanmu, itu akan membantumu memiliki komunikasi sehat jangka panjang.

3. Ciptakan Ritual Khusus

Ritual
Lakukan ritual khusus misalnya berbincang di malam hari (Sumber: Sexual Health Blog)

Untuk menjaga hubunganmu dan pasangan dari perpisahan, cobalah untuk menciptakan ritual-ritual sederhana yang bisa dilakukan bersama setiap saat.

Menurut terapis hubungan asmara, Margo Regan, ritual tersebut tak harus besar dan memakan waktu. Pikirkan saja hal-hal sederhana yang mungkin saja sering kalian lakukan bersama.

Misalnya, kalian selalu makan malam bersama, kencan di Jumat malam, atau saling mencium setiap bertemu. "Semua ritual tersebut penting karena dapat membangun cinta dan kasih sayang," ucao Regan.

4. Bertengkar Secara Produktif untuk Jadi Lebih Baik

Tips dan Trik Agar Hubungan Asmaramu Langgeng dan Selalu Hangat
Meski bertengkar, saling memberikan arugumen yang membangun (Foto: Pixabay/geralt)

Perkelahian dan perdebatan dipercaya menjadi akar dari perpisahan. Namun, jika perdebatan tersebut dilakukan secara produktif hubungan kalian justru lebih lengket. "Pasangan yang suka menghindari konflik karena tak ingin masa-masa bulan madunya lenyap adalah pasangan yang memiliki ketakutan untuk berubah," ungkap Regan.

Perlu diingat bahwa memiliki konflik merupakan hal baik. Perdebatan yang dilakukan dengan cara benar justru membantumu memperkuat ikatan hubungan. Menurut Regan, debat juga membantu kalian untuk lebih memahami satu sama lain.

5. Lakukan Hal Baru Bersama-Sama

Tips dan Trik Agar Hubungan Asmaramu Langgeng dan Selalu Hangat
Melakukan perjalanan dan temukan hal baru dengan pasangan (Foto: Pixabay/pexels)

Ada kalanya hubungan berada dalam rutinitas. Itu terjadi ketika kalian mencapai tingkat kenyamanan tertinggi. Namun, hal tersebut dapat dengan mudah berubah menjadi kebosanan. "Ketika kamu sudah terbiasa bersama pasangan, kamu jadi mudah menyepelekan banyak hal," tutur pakar kencan, Celia Schweyer.

Begitu kamu memiliki pola berpikir bahwa mereka akan berada di tempatnya seperti biasa, perlahan jarak akan tercipta. Salah satu cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan mencoba hal-hal baru bersama. Cobalah restoran baru tiap minggu, mengikuti kelas tertentu bersama pasangan. atau pergi piknik ke suatu tempat di akhir pekan.

"Tak harus melakukan hal super romantis, hal sederhana pun bisa menjadi perubahan besar," kata Schweyer. Hal yang terpenting adalah kalian tidak pernah berhenti membuat satu sama lain merasa dicintai. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH