Capim KPK Basaria Panjaitan Naik Pangkat Pansel KPK menggelar seleksi wawancara tahap akhir terhadap 19 calon pimpinan KPK yang akan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (26/8). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/pd/15.

Merahputih Peristiwa - Kepolisian Negara Republik Indonesia, hari ini kembali mempromosikan sejumlah anggotanya yang menyandang sebagai perwira tinggi dalam jajaran kepemimpinan Jenderal Badrodin Haiti. Nama Basaria Panjaitan menjadi 1 dari 16 nama yang terdaftar untuk kenaikan pangkat.

Brigjen (Pol) Basaria Panjaitan adalah salah satu perwira tinggi Polri yang ingin menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia sekarang juga menjadi dosen di Sespimti.

Menurut catatan kepolisian, Basaria adalah sarjana hukum Sekolah Perwira Militer Sukarela Wanita (Sepamilsukwan) Polri angkatan 1983/1984. Jabatan di bidang reserse pertama dipegangnya saat ia menjadi perwira Unit Satuan Lidik Direktorat Reserse di Markas Besar (Mabes) Polri pada tahun 1990.

Kemudian, dia menjabat sebagai Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) (1997-2000). Karir di bidang reserse berlanjut pada tahun-tahun setelahnya. Tahun 2000-2004, Basaria menjabat sebagai Kepala Bagian Reserse Narkoba Polda Jawa Barat.

Tahun 2006-2008, dia menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Riau. Pangkat bintang satu didapat ketika ia menjabat sebagai Kepala Pusat Provos Divisi Profesi dan Pengamanan Polri pada tahun 2009.

Dia pernah memeriksa mantan Kabareskrim, Komisaris Jenderal (Komjen) Susno Duadji, soal pelanggaran kode etik. Tahun 2010 hingga saat ini, Basaria menjabat sebagai Widyaiswara Madya Sespim Polri.

Upacara yang di pimpin langsung oleh jenderal bintang empat ini di laksanakan, berdasarkan undang-undang RI no : 81/POLRI/Tahun 2015 tanggal 16 Oktober 2015, tentang Kenaikan Pangkat ke dan dalam golongan Perwira Tinggi Polri.

Saat ini Basaria Panjaitan naik pangkat menjadi Kepala Divisi Hubungan Internasional dan Staf Ahli Bidang Sosial dan Politik Kapolri. Sehingga gelar dan jabatan yang dimiliki Basaria Panjaitan yakni, Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Basariah Panjaitan, Sahlisospol Kapolri.

Baca Juga:

  1. Soal Capim KPK, Kapolri Dukung Basaria Panjaitan
  2. 12 Perwira Tinggi TNI Naik Pangkat
  3. Teten Masduki Naik Pangkat Jadi Kepala Staf Kepresidenan
  4. 17 Pati TNI Naik Pangkat, Erwin Syafitri Jadi Wakasad
  5. 18 Pati TNI Naik Pangkat


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH