Cantiknya Songwol Fairytale Village, Kampung Pelangi di Korea Songwol Fairytale Village. (Foto: instagram.com/putrisiswanto)

DI Indonesia terkenal dengan Kampung Pelangi di Semarang, maka Korea ada Songol Fairytale Village. Keduanya sama-sama menyulap kawasan pemukiman menjadi lebih berwarna dengan mengecat tembok setiap sudutnya dengan gambar atau corak. Terutama dilihat dari ketinggian, tempat-tempat tersebut jadi tampah lebih indah.

Keunikan warna warni kemudian menjadi daya tarik wisata. Di Korea, Songwol Fairytale Village banyak menyedot wisatawan. Tempat wisata unik ini terletak di Incheon, sebuah kota pelabuhan di timur Ibu Kota Seoul.

Bagi banyak turis, Incheon juga identik dengan keberadaan bandara. Memang, bandara utama yang letaknya terdekat dari Seoul adalah Bandara Internasional Incheon. Kota ini sendiri adalah kota industri yang cukup besar dan menjadi pintu masuk utama ke Korea.

  Songwol Fairytale Village. (Foto: instagram.com/putrisiswanto)
Songwol Fairytale Village. (Foto: instagram.com/putrisiswanto)

Seperti dilansir iStyle, terletak di dekat Stasiun Incheon (Subway Line 1), cukup mudah untuk datang Fairytale Village. Begitu keluar dari stasiun, ambil exit 2 dan kita akan disambut gapura besar area Chinatown, satu-satunya pecinan di Korea. Jika penasaran, bisa lihat-lihat Chinatown sambil menuju Songwol Fairytale Village. Atau bisa langsung ambil arah ke kiri untuk menuju perumahan warna-warni nan lucu.

Area yang bernama lengkap Songwol-dong Donghwa Village ini cukup besar dan tidak terlalu berbukit. Mural-mural warna warni tersebar disini dan tentunya sangat unik untuk diabadikan. Pengunjung dari segala usia betah mampir di sini.

  Songwol Fairytale Village. (Foto: instagram.com/gahmenc)
Songwol Fairytale Village. (Foto: instagram.com/gahmenc)

Mural village memang menjadi salah satu ciri khas Korea. Tidak hanya di Incheon, ada juga mural village lain di Seoul dan di Busan. Uniknya, semua perumahan warna-warni ini memang masih berfungsi sebagai perumahan dan ditinggali warga hingga kini.

Mewarnai tembok dan mendekorasi kampung mereka dengan berbagai mural dan figurin lucu adalah cara pemerintah untuk merestorasi pemukiman yang mulai ditinggalkan penduduknya dan terlihat kurang berkembang. Untung saja, Songwol terletak cukup strategis jadi dapat menarik banyak pengunjung.

Tidak ada biaya masuk ke Songwol Fairytale Village. Area ini buka sepanjang tahun. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Meski Dianggap tidak Biasa, ini Perlengkapan Travelling Wajib Kaum Millennial


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy