Cantiknya, Pohon Bakau 'Menari' di Pulau Sumba

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 23 September 2021
Cantiknya, Pohon Bakau 'Menari' di Pulau Sumba
Pohon Bakau 'Menari' sangat cantik dan instagramable (Foto: facebook/soraya shinta dewi)

PULAU Sumba terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini dikenal dengan sejumlah destinasi wisata yang menarik.

Beberapa destinasi itu ialah Bukit Lendongara, Pantai Kita Mananga Aba, Pantai Marosi, Kampung Adat Waru Wora, Bukit Cendana Hill, Situs Budaya Lambanapu, dan Bukit Tenau.

Baca Juga:

Likupang Punya Daya Tarik Potensial Bagi Para Wisatawan

Selain menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik, Pulau Sumba juga memiliki pohon bakau yang berbentuk unik. Pohon unik tersebut dijuluki sebagai sebagai 'pohon menari'.

Disebut sebagai 'pohon menari' bukan tanpa alasan. Nama itu disematkan sebab pohon bakau tersebut terlihat sedang bergoyang menyambut matahari terbenam di belakangnya.

Pohon bakau menari terdapat di Pantai Walikiri (Foto: facebook/bartolome balaguer vicens)

Pohon bakau tersebut terdapat di perairan yang tenang. Di pantai berpasir putih. Kamu bisa menemukan tempat itu di Pantai Walakiri, yang merupaan salah satu destinasi wisata populer di Pulau Sumba.

Selain keindahan pantainya, satu hal yang menjadi daya tarik Pantai Walikiri ialah puluhan pohon bakau unik yang berjajar di pantai.

Beberapa di antaranya berbentuk sangat aneh. Nyaris terlihat seperti membeku dalam gerakan menari.

Baca Juga:

CHSE dan Prokes Kunci Untuk Bangkitkan Pariwisata di Tengah Pandemi

Seperti dilansir Odditycentral, setiap hari ketika mata hari terbenam, air surut memperlihatkan akar pohon bakau kerdil, saat itulah 'keajaiban' terjadi.

Para fotografer profesional dan amatir dari seluruh dunia, berkunjung ke pantai Walakiri, untuk mendapatkan hasil gambar bakau yang sempurna. Hal itu terlihat dari beberapa karya para fotografer yang mereka unggah ke media sosial.

Pohon yang disebut-sebut sebagai 'Pohon Menari' memang tidak terlihat sepert pohon bakau pada umumnya. Bentuknya yang unik membuat pohon tersebut terlihat sangat istimewa.

Pemandangan pohon bakau 'menari' dengan latar belakang matahari terbenam sangat indah (Foto: facebook/muchosol)

Terlebih dengan lengkungan pohon yang tampak natural dengan latar matahari terbenam dibelakangnya. Bila diabadikan dengan kamera, tampak seperti siluet manusia yang tengah menari, dan itu merupakan pemandangan yang sangat cantik.

Karena kemolekannya, 'Pohon Menari' merupakan salah satu spot favorit wisatawan yang berkunjung ke Sumba, karena dinilai sangat instagramable.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Walakiri, kamu bisa melewati jalan negara ke arah timur dari kota Waingapu. Adapun jarak tempuhnya kurang lebih 26 km dengan kondisi ajlan yang mulus.

Cara menuju ke Pantai Walakiri, kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Waktu tempuh dari kota Waingapu, yang merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Timur ke Pantai Walakiri sekitar 25 menit. (Ryn)

Baca Juga:

Ini Alasan Wisata 'Hantu' Sangat Potensial di Indonesia

#Wisata #Pulau Sumba #Wisata Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan