Cantiknya Pantai Tanjung Layar di Banten Pantai Tanjung Layar di Banten. (pinterest)

MerahPutih Wisata - Ingin berlibur ke Pantai Cantik tapi dekat? Anda bisa mengunjungi Pantai Tanjung Layar di Banten.

Pantai Tanjung Layar terletak tidak jauh dari Pantai Ciantir Sawarna. Dimana terdapat bongkahan karang yang berdiri menjulang dengan tegak berbentuk layar, yang menyebabkan nama yang diberi kepada tempat ini.

Bongkahan karang ini dikelilingi gugus karang yang melindungi kawasan yang menjulang ini dari hempasan ombak.

Pantai Tanjung Layar merupakan pantai yang sangat unik dengan pemandangan karang kembar berbentuk kerucut, yang terjadi karena gejala alam ratusan tahun lalu.

Sementara pemandangan di Pantai Tanjung Layar ini tidak perlu diragukan lagi. Pantai Tanjung Layar termasuk salah satu pantai Cantik di Banten.

Tanjung Layar sendiri adalah sebuah tanjung di kecamatan Bayah, Lebak, Provinsi Banten. Pada masa Hindia Belanda, tanjung ini namanya Java's Eerste Punt atau "ujung pertama pulau Jawa", maksudnya bila orang berlayar datang dari barat.

Dulu kawasan sekitarnya adalah perkebunan kelapa Sawarna, yang didirikan pada masa Hindia Belanda, kemudian setelah Indonesia merdeka, dikelola oleh Perhutani setempat. Kemudian pemerintah daerah mengambil alih kawasan ini sebagai kawasan wisata.

Di samping pantai, daerah yang dikenal sebagai "daerah seribu gua" ini memang memiliki ribuan gua yang terbentuk karena batuan kapur di pegunungan yang membentang dari Pelabuhanratu sampai Bayah dan Malingping.

Di sekeliling kolam laut alam ini terdapat berbagai jenis hewan laut yang biasa menghuni karang. Juga terdapat ganggang hijau di sebagian kawasan ini.

BACA JUGA:

  1. Kedung Cinet, Grand Canyonnya Jombang yang Tersembunyi
  2. Pulau Rubiah, Surganya Kerajaan Laut di Aceh
  3. Pantai Selong Belanak, Pesona Padang Pasir Putih Lombok
  4. Pulau Banyak, Eksotisme Pantai Tropis di Aceh
  5. Sejuta Pesona Keindahan Pulau Langkai Makassar


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH