Mutiara Nusa Tenggara Barat

Cantiknya Pantai Batu Payung Lombok

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 09 Agustus 2018
Cantiknya Pantai Batu Payung Lombok
Pantai Batu Payung (Instagram/jonessirait_11)

LOMBOK, Nusa Tenggara Barat (NTB) memang terkenal dengan keindahan pantainya. Punya keunikan masing-masing, beberapa diantaranya menjadi incaran para pelancong saat berlibur ke Pulau Seribu Masjid itu.

Contohnya Pantai Batu Payung di Lombok Tengah. Pantai yang letaknya di balik bukit sebelah timur Pantai Tanjung Aan terdapat sebuah batu besar berdiri kokoh. Batu itulah yang membuat pantai ini populer.

Batu yang menjadi ikon Pantai Batu Payung (Instagram/rikaprasetialestari)
Batu yang menjadi ikon Pantai Batu Payung (Instagram/rikaprasetialestari)

Batu tersebut bentuknya mirip payung tertutup sehingga masyarakat di sana menyebutnya dengan batu payung. Kamu memang tak akan menemukan hamparan pasir seperti di pantai lainnya. Namun bebatuan unik seakan menghipnotis pelancong untuk berfoto di sana.

Kegiatan di Pantai Batu Payung

Batu ini menjadi objek foto menarik (Instagram/ninessasaki)
Batu ini menjadi objek foto menarik (Instagram/ninessasaki)

Meski tak ada hamparan pasir bukan berarti pantai ini sepi pengunjung. Setiap harinya ada saja yang datang menggunakan perahu atau menyebrangi bukit dari Pantai Tanjung Aan. Karena kecantikannya Pantai Batu Payung sering dijadikan lokasi pre-wedding oleh pasangan muda.

Tak hanya itu saja, karena lokasinya yang dekat perbukitan, Pantai Batu Payung sangat cocok untuk bersantai. Warna hijau dari rumput dan pepohonan semakin membuatnya hati sapa saja nyaman dan tenang.

Laut di sana cukup tenang sehingga pas untuk bermain air. Buat yang ingin melakukan petualangan, di sana ada pulau kecil. Kamu bisa mengeksplore sesuka hati. Pihak pengelola sengaja menyediakan perahu untuk menuju pulau itu.

Akses menuju Pantai Batu Payung

Kamu bisa melakukan pose apapun di batu ini (Instagram/dauss1717)
Kamu bisa melakukan pose apapun di batu ini (Instagram/dauss1717)

Sebenarnya ada dua cara untuk menuju Pantai Batu Payung. Pertama adalah dengan menyewa perahu. Cara ini paling sering dipakai oleh pelancong karena tidak melelahkan dan menghemat waktu. Hanya saja, tentu kamu harus merogoh kocek lagi untuk biasa sewa perahu.

Cara kedua lebih hemat namun sedikit melelahkan. Kamu bisa melintasi jalur dari Pantai Dusun Padau. jalur tersebut naik turun sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Jaraknya sekitar 1 kilometer atau setengah jam berjalan kaki.

Bagi yang ingin bermalam kamu bisa mencari penginapan di kawasan wisata Pantai Kuta Lombok. Di sana kamu bisa memilih penginapan dengan berbagai kelas.

#Mutiara NTB
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan