Tao Toba Nauli

Cantiknya Air terjun Sipiso-piso, Salah Satu Sumber Air Danau Toba

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 09 Oktober 2018
Cantiknya Air terjun Sipiso-piso, Salah Satu Sumber Air Danau Toba
Air Terjun Sipiso-piso (Instagram/arbi.delatorre)

SUMATERA Utara bukan hanya memiliki danau terluas saja, melainkan juga air terjun tertinggi di Indonesia. Tak jauh dari Danau Toba, kamu akan menemukan sebuah air terjun bernama Sipiso-piso. Tingginya 120 meter dengan kucuran air yang sangat deras. Air terjun Sipiso-piso menjadi salah satu dari 6 air terjun tertinggi di Indonesia.

Nama Sipiso-piso sendiri diambil dari kata piso yang artinya pisau. Air terjun ini letaknya berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Sekitar 15 menit atau 1 kilometer dari Taman Sapo Juma, sebuat taman bunga cantik di dekat Danau Toba.

Kamu bisa berfoto di setiap momen indah di sana (Instagram/ike_maulida)
Kamu bisa berfoto di setiap momen indah di sana (Instagram/ike_maulida)

Air terjun ini terbentuk dari aliran Sungai Pajanabolon yang mengalir menuju Danau Toba. Saat kamu datang ke tempat ini dijamin akan jatuh cinta dengan keindahan Air Terjun Sipiso-Piso. Apalagi air yang mengalir di sana sangat jernih. Keindahannya semakin bertambah karena Air Terjun Sipiso-piso dikelilingi hutan pinus.

Sebelum menikmati keindahan air terjun dari bawah mungkin kamu lebih dulu harus datang ke Gardu Padang. Lokasinya ada di di puncak bukit. Di sana kamu bisa melihat keindahan Tanah Karo, Pulau Samosir dan Nanau Toba.

Setelah dari sana kamu dapat turun ke area bawah air tenjun. Kamu hanya perlu menyusuri punggung bukit menggunakan anak tangga. Aar sampai ke bawah kira-kira membutuhan waktu sekitar satu jam, Jangan lupa untuk mengabadikan lewat foto atau video setiap moment indah disepanjang perjalanan.

Agar sampai ke bawah, kamu bisa menyusuri tangga (Instagram/laela6716)
Agar sampai ke bawah, kamu bisa menyusuri tangga (Instagram/laela6716)

Sesampainya di dasar air terjun perpaduan hijaunya pohon dengan tebing tebing tinggi dijamin mampu menenangkan hatimu. Sekadar tips saja, jika ingin berfoto di sini kamu harus berhati-hati dengan cipratan air. Jangan sampai ponsel yang kamu gunakan untuk berfoto malah basah dan tidak bisa digunakan.

Fasilitas yang disediakan tempat ini cukup lengkap. Di sana terdapat ruah makan dan beberapa fasilitas penunjang lainnya. Jika ingin menginap kamu bisa memilih untuk bermalam di Desa Tongging atau Desa Kabanjahe. Jika masih ada waktu kamu dapat berkunjung ke Air Terjun Dua Warna yang lokasinya tak jauh dari sana.

Bunyi gemuruh air akar terdengar dari kejauhan saat menuju temat ini (Instagram/fani_fricilia_elisabet_purba)
Bunyi gemuruh air akar terdengar dari kejauhan saat menuju temat ini (Instagram/fani_fricilia_elisabet_purba)

Kamu bisa menjangkau Air Terjun Sipiso-piso dengan menggunakan transortasi umum akau mobil pribadi. Dari medan ke Kota Kabanjahe sekitar 2 jam dilanjutkan dengan perjalanan menuju Danau Toba yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Meski dibuka 24 jam, disarankan jangan datang malam hari jika tak ingin hanya mendapatkan suara gemuruh air di kegelapan. Tiket masuk ke Air terjun ini yakni Rp 5 ribu per orang. Jika membawa kendaraan sepeda motor parkir dikenakan biaya Rp 5 ribu dan mobil dikenakan biaya Rp 10 ribu. Satu lagi pesan penulis, jangan sampai keindahan air terjun ini dirusak oleh kita dengan mencorat coret fasilitas di sana atau membuang sampah sembarangan.

#Tao Toba Nauli
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan