Canon dan Nikon Merilis Kamera 'Mirrorless Full-Frame' Pertama Mereka Tak mau kalah saing, Canon dan Nikon rilis kamera full-frame mirrorless pertama mereka (foto: theverge.com)

SEIRING pesatnya kemajuan teknologi gadget untuk urusan fotografi. Beberapa brand kamera ternama seperti Sony, terus meluncurkan berbagai produk kamera mengikuti perkembangan teknologi.

Tak ingin kalah dengan Sony, brand raksasa Jepang Canon dan Nikon, juga menyusul dengan merilis kamera mirrorless full-frame. Canon dengan EOS Rnya dan Nikon dengan seri Z7 dan Z6.

Pada full-frame mirrorless Nikon, terdapat beberapa kesamaan dari seri Z7 dan Z6. Yakni desain dari keduanya mirip dari segi dimensi, berat, dan konstruksinya yang kuat dan tahan cuaca.

Keduanya juga memiliki tempat USB Type-C, mikrofon, headphone jack, dan slot HDMI. Tak lupa menyertakan fasilitas bluetooth dan Wifi untuk memudahkan dalam mengirim gambar ke ponsel maupun PC. Kemudian kartu XQD di sebelah kanan kamera dengan hanya memiliki satu slot untuk kartu memori.

Harapan Canon dan Nikon adalah dapat menyaingi dominasi Sony di pasar kamera mirrorless. Lalu, mampukah mereka melakukannya? Untuk itu, yuk kita lihat spesifikasi serta kelebihan dari ketiga kamera baru tersebut.

1. Nikon Z7

Nikon Z7 Full-frame Mirrorless
Nikon Z7 sangat cocok bagi mereka yang hobi fotografi (foto: digitaltrends.com)


Bagi para fotografer yang menyukai foto landscape dengan editing yang fleksibel. Bisa jadi kamera ini bisa jadi pilihan kamu.

Memiliki resolusi yang sangat tinggi pada format near medium 8256 x 5504 pixel, memberikan banyak fleksibilitas untuk memotong gambar pada saat pemotretan. Serta dapat memperbesar gambar dan hasilnya akan tetap tajam.

Terdapat 493 titik fokus atau deteksi hybrid berbeda dan mencakup 90% frame. Memiliki tata letak tombol yang sesuai meskipun memiliki tangan yang besar sekalipun. Membuat kamera ini cocok untuk semua fotografer.

Selain itu, kamera ini juga bisa untuk melakukan foto secara terus-menerus dengan kemampuan hingga 9fps dalam RAW 12-Bit.

Untuk beberapa fotografer, Nikon Z7 dengan 45.7 MP ini dianggap berlebihan untuk keperluan fotografi. Karena kamera menghasilkan ukuran file yang sangat besar, antara 15 dan 30 MB untuk JPEG dan seringkali lebih dari 60MB untuk setiap file RAW. Jelas membuat boros pemakaian hard-drive.

Kamera full-frame mirrorless Nikon ini dibandrol dengan harga $3,399 untuk body, dan $3,999 untuk kit dengan lensa 24-70mm.

2. Nikon Z6

Nikon Z6 Full-Frame Mirrorless
Nikon Z6 lebih bagus untuk video dibanding seri Z7 (foto: dpreview.com)


Kamera Nikon Z6 ini cocok bagi kamu yang ingin beralih ke kamera mirrorless full-frame, yang sangat bagus untuk menghasilkan video hingga resolusi 4K.

Kamu akan mendapatkan desain yang sama, EVF yang sama dengan jumlah megapiksel yang lebih rendah dari seri Z7. Nikon menurunkan titik fokus otomatis hingga 273 titik, tetapi pada dasarnya masih menjangkau seluruh frame dan membuatnya mudah untuk mengunci subjek yang ingin di ambil.

Kamera Nikon seri ini lebih baik dalam cahaya rendah dibandingkan dengan Z7 dan menghasilkan video 4K yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Z7.

Namun, sayangnya Nikon seri ini tidak memiliki touch and drag autofocus pada LCD, melainkan masih menggunakan thumbstick yang ada di samping LCD untuk memilih titik fokus. Dengan 24.5MP kamera ini dibandrol dengan harga $2,000 untuk body dan $2,599 untuk kit dengan lensa 24-70mm.

3. Canon EOS R

Canon EOS R Full-Frame Mirrorless
Canon EOS R menjadi Penengah antara Nikon Z7 dan Z6 (foto: photofocus.com)


Kamera yang satu ini ditujukan untuk pencinta Canon yang ingin beralih ke kamera full-frame mirrorless dengan tetap fokus pada sisi fotografi. Spesifikasi Canon EOS R dapat dikatakan berada di tengah antara Nikon Z6 dan Z7, karena EOS R jauh memiliki resolusi yang lebih tinggi dari Z6 tapi tidak lebih tinggi dari Z7.

Selain itu, Canon EOS R memiliki pendeteksi mata yang tak dimiliki oleh Z7 dan Z6 (yang hanya memiliki fitur pendeteksi tubuh), sangat bagus di pakai dengan cahaya minim, dan LCD yang memiliki ukuran 3.15 inci bisa di putar menghadap ke depan. Namun sayangnya kamera ini masih kurang dalam hal stabilisasi gambar.

Hal yang baru dalam kamera ini yakni memiliki sistem penutupan otomatis. Jadi jika kamera mati, yang lainnya juga akan tertutup, hal ini akan membuat kamera tetap bersih dari debu maupun kotoran.

Dengan resolusi hasil gambar mencapai 30.3MP kamera Canon ini dibanderol dengan harga $2,299 untuk body dan $3,399 untuk kit degan lensa 24-105mm. (ver)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH