Cannes Film Festival Gelar Versi 'Mini' Official Selection akan selenggarakan 27 sampai 29 Oktober 2020. (Foto: Variety)

AJANG penghargaan Festival Film Cannes mungkin dibatalkan tahun ini. Tetapi, pihak penyelenggara masih berencana untuk mengadakan Official Selection 2020 atau festival Cannes berskala kecil melalui acara yang dilaksanakan selama tiga hari.

Acara yang disebut dengan Special Cannes ini akan diselenggarakan di Palais des Festival pada 27 sampai 29 Oktober 2020. Palais des Festival sendiri merupakan tempat penyelenggaraan Festival Film Cannes yang diresmikan pada 1982.

Baca juga:

Digelar 2 September, Begini Persiapan Venice Film Festival

Mengutip laman Variety, acara ini akan menampilkan empat film dari Pilihian Resmi tahun ini, film pendek, dan film sekolah Cinefondation.

Special Cannes juga terbuka untuk umum dan juri akan memberikan Palme d’Or untuk film pendek serta hadiah dari Cinefondation.

Cannes Film Festival akan Gelar Versi “Mini” Selama 3 Hari
Akan diselenggarakan di Palais des Festival. (Foto: Indiewood)

“Koleksi dari empat film kami berasal dan Official Selection, kompetisi film pendek, kompetisi film sekolah, serta makan malam dan pertemuan melambangkan kebahagiaan yang akan kita semua rasakan saat bersama di Cannes pada Oktober,” ujar Direktur festival, Thierry Fremaux.

“Film-film Pilihan Resmi saat ini diputar ke bioskop di Prancis, Eropa, dan di seluruh dunia. Ini pertanda bagus melihat mereka singgah di Cannes, sebelum kita mengalihkan perhatian ke musim 2021,” lanjut Fremaux.

Baca juga:

5 Busana Terbaik di Festival Film Venice

Cannes Film Festival akan Gelar Versi “Mini” Selama 3 Hari
Thierry Fermaux, Direktur festival. (Foto: Variety)

Diselenggarakan oleh Dewan Kota Cannes, festival mini ini akan dibuka dengan film Un triomphe (The Bigt Hit!) oleh Emmanuel Courcol, dengan bintang Kad Merad bersama dengan pemeran dan kru lainnya.

Acara ini akan diakhiri dengan Film Les Deux Alfred dari Bruno Podalydes, dengan sutradara yang hadir bersama dengan aktor utama Sandrine Kiberlain.

Ada pula pemutaran Asa Ga Kuru (True Mothers) dari sutradara asal Jepang yang secara reguler berpartisipasi di Cannes Film Festival, Naomi Kawase.

“Kami sangat senang melihat festival yang diselenggarakan oleh Balai Kota Cannes pada Oktober karena kami sedih tidak menikmati kebersamaannya pada Mei,” kata Presiden Festival de Cannes, Pierre Lescure.

Cannes Film Festival akan Gelar Versi “Mini” Selama 3 Hari
Festival Film Cannes 2021 akan diadakan 11 sampai 22 Mei. (Foto: Sad El balad)

“Berkat kolaborasi ini, film-film dari Official Election akan ditayangkan di Croisette. Ini adalah cara kami untuk berada di Cannes, bersama dengan populasinya dan semua profesional yang bekerja sama dengan kami setiap tahun,” lanjutnya.

Cannes Film Festival juga telah mengonfirmasi tanggal gelaran untuk tahun berikutnya, yakni 11 sampai 22 Mei 2021. (and)

Baca juga:

Festival Film Sundance 2021 Hanya Berlangsung Seminggu

Kredit : andreas_pranatalta


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH