Cannes Film Festival 2020 Ikut Ditunda Akibat Corona Virus Corona juga berdampak bagi ajang penghargaan film dunia. (Foto: Grit Daily)

PANDEMI virus Corona kembali berdampak bagi industri perfilman. Bukan hanya perusahaan film saja, melainkan ajang penghargaan film bergengsi juga terpaksa ditunda akibat penyebaran COVID-19. Salah satunya adalah Cannes Film Festival yang rencananya akan diselenggarakan pada 12-23 Mei. Hingga kini, pihak penyelenggara sedang mempertimbangkan kapan ajang ini akan digelar.

Cannes Film Festival merupakan festival film tahunan yang diadakan di Cannes, Prancis. Menayangkan film-film baru dari seluruh genre, termasuk film dokumenter dari seluruh dunia. Melansir dari laman Variety, konferensi pers terkait festival yang akan diselenggarakan pada 16 April juga ditunda. Nantinya, mereka akan mengumumkan kapan waktu yang tepat untuk melakukan konferensi pers.

Beberapa hari lalu, Le Point, majalah berita di Prancis menerbitkan sebuah artikel. Berisi tentang anggota dewan dari festival yang mengatakan bahwa Cannes Film Festival 2020 tidak akan terjadi. Namun di hari yang sama, panitia Cannes Film Festival langsung membantah pernyataan tersebut.

Baca juga:

Dampak Virus Corona, Tyra Banks Tunda Pembukaan Taman Bermain ModelLand

Bukan tanpa alasan, penundaan Cannes Film Festival didasari karena wabah virus Corona yang telah menyebar di berbagai negara. Selain itu, Prancis juga termasuk negara yang mengalami lockdown terkait pandemi virus Corona. Mengutip laman Deadline, pihak festival mengatakan bahwa langkah ini diambil sebagai bentuk solidaritas.

Cannes Film Festival 2020 Ikut Ditunda Akibat Corona
Langkah ini diambil sebagai bentuk solidaritas terhadap korban Covid-19. (Foto: MEAWW)

“Pada saat krisis kesehatan global ini, pikiran kami ditujukan kepada para korban Covid-19 dan kami mengekspresikan solidaritas kamu dengan semua orang yang melawan penyakit ini,” ujar pihak Festival. “Ketika situasi kesehatan di Prancis sudah membaik, kami akan berkonsultasi dengan pemerintah Prancis dan Balai Kota Cannes serta dengan Anggota Dewan Festival, dan semua mitra acara,” lanjutnya.

Meski ditunda, hingga saat ini, Cannes telah berusaha mempertahankan pendekatan bisnis mereka seperti biasa dan mempertimbangkan film yang akan masuk nominasi. Namun dalam beberapa pekan terakhir, berbagai acara di Prancis seperti Series Mania dan MipTV juga dibatalkan. (And)

Baca juga:

Deretan Selebritas Dunia Ikut Bantu Perangi Pandemi Corona



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH